Wisata Malam Alun-alun Selatan Jogja

Menikmati suasana malam dengan menaiki sepeda tandem yang ada di alun-alun

Pada setiap pemerintahan termasuk keraton Yogyakarta memiliki alun-alun. Terdapat dua alun-alun di Yogyakarta yaitu Alun-alun selatan atau alun-alun kidul (alkid) merupakan salah satu dari kedua alun-alun di Yogyakarta yang berada di sebelah selatan Keraton. Kedua alun-alun tersebut milik Keraton Yogyakarta dan kedua alun-alun itu juga memiliki fungsi yang berbeda. Alun-alun utara memiliki fungsi untuk menyelenggarakan kegiatan yang bersifat massal. Menurut kepercayaan kejawen alun-alun kidul digunakan sebagai tempat istirahat para dewa dan dijadikan sebagai tempat untuk menenagkan hati.

Dulu pada saat masa Kasultanan Yogyakarta, alun-alun selatan atau alun-alun kidul ini dijadikan sebagai tempat untuk melatih ketangkasan para prajurit keraton seperti berkuda, memanah dan latihan perang lainnya. Para prajurit keraton juga sering melatih konsentrasi dengan cara berjalan melewati tengah pohon beringin yang ada di Alun-alun dengan mata tertutup. Menurut kepercayaan atau  mitos, barang siapa yang lewat tengah pohon beringin itu semua keinginannya dapat terkabul.

Ada beberapa kegiatan yang dapat anda lakukan ketika anda berkunjung ke Alun-alun Selatan Yogya yaitu anda dapat menyewewa sepeda tandem  dan odong-odong untuk menikmati suasana kota Yogyakarta ketika malam hari. Sepeda tandem dan odong-odong di Alun-alun selatan sudah dihiasi dengan lampu warna-warni yang didekor dengan menarik. Tetapi untuk bisa menaiki sepeda tandem dan odong-odong tersebut anda harus membayar Rp. 15.000 – Rp. 30.000. Mengayuh sepeda tandem atau odong-odong dapat menjadi pengalaman yang sangat menarik.

Di Alun-alun selatan anda juga dapat melakukan wisata kuliner. Banyak pedagang makanan yang ada di sekitar Alun-alun selatan seperti wedang ronde, tempura, es goreng, dan masih banyak jajanan makanan yang lainnya. Di sekitar Alun-alun selatan juga terdapat cafe dan warung kopi yang dapat anda kunjungi.Di sekitar Alun-alun selatn juga terdapat jajanan angkringan yang duduk lesehan di atas tikar. Sambil menunggu makanan datang anda dapat berbincang dengan teman apa sajak yang akan dibicarakan. Dengan pemandangan langit malam serta udara dingin dapat membuat anda merasa nyaman.

Terdapat beberapa tempat wisata yang letaknya dekat dengan Alun-alun selatan yaitu Keraton Yogyakarta yang merupakan tempat tinggal Sultan. Tamansari yang merupakan tempat yang indah untuk dijadikan sebagai spot foto. Dan Plengkung Gading merupakan bagian dari beteng pertahanan Keraton Jogja yang sudah dibangun ratusan tahun yang lalu.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Lokasi Wisata Malam Alun-alun Selatan Jogja

Lokasi Wisata Malam Alun-alun Selatan Jogja sangat terjangkau dan mudah dicapai melalui berbagai arah. Lokasi wisata ini juga berada dekat dengan malioboro, kraton, alun-alun utara, tamansari. Lokasi tepatnya berada di Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Wisata Malam Alun-alun Selatan Jogja

Rute menuju Wisata Malam Alun-alun Selatan Jogja sangat terjangkau dan mudah ditemukan. Jalan yang dilalui untuk bisa ke Wisata Malam Alun-alun Selatan Jogja juga sudah layak untuk dilewati. Jika Anda dari pusat 0 km kota Yogyakarta ke selatan melewati jl pangurakan, sampai perempatan belok ke timur melewati jl alun-alun utara lurus terus sampai melewati jl ibu ruswo, sampai perempatan belok ke selatan melewati jl wijilan lurus terus sampai melewati jl panembahan mangkurat sampai perempatan belok ke barat melewati jl langenastran lor, lurus terus sampai pertigaan ke selatan maka anda akan sampai ke Wisata Malam Alun-alun Selatan Yogyakarta.

Jarak dari pusat kota Yogyakarta ke Wisata Malam Alun-alun Selatan Jogja sangat dekat yaitu sekitar 1,7 kilometer dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari Kota Jogja menuju Wisata Malam Alun-alun Selatan Jogja sekitar 5 menit saja.

Harga Tiket dan Parkir Wisata Malam Alun-alun Selatan Jogja

Harga tiket masuk untuk bisa masuk ke Wisata Malam Alun-alun Selatan Jogja saat ini masih belum dikenakan biaya alias gratis, dengan begitu Anda dapat menikmati malam yang indah di Alun-alun selatan sambil makan di warung makanan sekitarnya.

Walaupun tidak dikenakan biaya tetapi bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi haus membayar parkir yaitu untuk kendaraan roda dua sebesar Rp. 2000 dan untuk kendaraan mobil Rp. 5000.

Fasilitas Wisata Malam Alun-alun Selatan Jogja

Fasilitas yang ada di Wisata Malam Alun-alun Jogja sangat cukup memadai dan dapat membuat wisatawan yang berkunjung merasa nyaman, fasilitas diantaranya:

  1. Terdapat beberapa warung makanan dan minuman di sekitar alun-alun
  2. Tempat parkir
  3. Penginapan atau hotel
  4. Toilet umum

Pernah ke Wisata Malam Alun-alun Selatan Jogja?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini