Watu Payung Gunung Kidul

Melihat sunset dan sunrise dengan pemandangan yang sangat memukai di Gunung Kidul

Yogyakarta merupakan salah satu kota yang mempunyai banyak destinasi wisata dan merupakan kota pelajar. Banyak destinasi wisata yang indah dari Kulon Progo, daerah Sleman, Daerah Bantul, dan di Gunung Kidul. Destinasi wisata yang akan dibahas di artikel ini yaitu Watu Payung Gunung Kidul.

Watu Payung Gunung Kidul merupakan salah satu destinasi wisata di Gunung Kidul yang sangat indah. Asal dari nama Watu Payung yaitu karena di obyek tersebut terdapat batu besar yang bentuknya menyerupai payung. Obyek Wisata ini menjadi terkenal karena terdapat foto panorama indah yang beredar di media sosial.

Watu Payung Gunung Kidul ini sangat cocok bagi anda untuk menghabiskan waktu liburan, karena pemandangan yang indah dan mempesona. Selain iti di Watu Payung Gunung Kidul ini juga terdapat gardu pandang yang unik. Di sana juga ada fasilitas foto corner yang unik yang menjadi daya tarik para wisatawan untuk berfoto ria.

Watu Payung ini juga menyuguhkan pemandangan alam perbukitan yang sangat luas dan masih hikau asri yang pastinya akan membuat pengunjung merasa terpukau. Diatas ketinggian tersebut anda dapat menikmati perbukitan tersebut dan merasakan kesejukan udara. Dan ketika siang hari, anda dapat merasakan hembusan angin sepoi yang menyegarkan tubuh.

Di Watu Payung ini anda juga dapat menikmati sunrise di pagi hari dan sunset pada sore hari. Pada moment itu pemandangan alamnya sangatlah indah dan menawan. Karena itu banyak  pengunjung yang datang pada moment tersebut untuk menikmatinya. Apalagi dengan adanya gardu pandang yang unik di Watu Payung yang membuat wisatawan terkesan dan dapat menikmati pemandangan di gardu pandang tersebut.

Selain mempunyai spot foto yang indah, Watu Payung ini juga menawarkan beragam pengalaman yang dapat di coba wisatawan yaitu pengalaman trekking. Anda dapat mencobanya di jalan setapak yang terjal untuk menikmati beberapa spot foto menarik. Selain itu di obyek wisata Watu Payung Gunung Kidul ini juga akan dikembangkan fasilitas outbont, jadi pengelola akan membuat tempat wisata ini dengan memperbanyak fasilitasnya.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Lokasi Watu Payung Gunung Kidul

Lokasi obyek wisata Watu Payung sangat terjangkau, lokasinya juga mudah ditemukan. Walau begitu jika Anda ingin berwisata ke Watu Payung diharapkan berhati-hati karena jalan menuju Watu Payung masih naik turun dan berbelok- belok. Lokasi tepatnya berada di Turunan, Girisuko, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Watu Payung Gunung Kidul

Rute menuju obyek wisata Watu Payung Gunung Kidul cukup mudah dan jalan menuju obyek tersebut juga sudah layak untuk dilewati. Jika anda dari pusat 0 km kota Yogyakarta ke timur melewati jl panembahan senopati sampai ke perempatan ke selatan menuju jl brigjend katamso, lalu sampai ke pertigaan ke timur melewati jl kolonel sugiono, lalu sampai ke pertigaan lagi ke selatan melewati jl sisingamangaraja lurus terus sampai melewati jl imogiri barat lurus terus sampai bertemu pertigaan ke timur menuju jl bakulan imogiri jalan terus sampai pertigaan ke kanan melewati jl imogiri siluk ikuti jalan tersebut sampai melewati jl siluk panggang, jalan terus ikuti jalan maka anda akan sampai ke Obyek Wisata Watu Payung di Gunung Kidul.

Jarak dari pusat kota Yogyakarta ke Watu Payung Gunung Kidul lumayan jauh yaitu sekitar 27,1 kilometer dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari Kota Jogja menuju Watu Payung Gunung Kidul sekitar 49 menit.

Harga Tiket dan Parkir Watu Payung Gunung Kidul

Harga tiket masuk obyek wisata Watu Payung ini belum dikenakan biaya karena tempat ini masih belum dikelola secara resmi oleh pihak terkait. Walaupun gratis wisatawan yang berkunjung harus membayar jasa parkir yaitu Rp. 2000,- untuk kendaraan motor dan Rp. 5000,- untuk kendaraan mobil.

Fasilitas Watu Payung Gunung Kidul

Fasilitas yang ada di Watu Payung Gunung Kidul sudah cukup lengkap dan membuat para wisatawan yang berkunjung merasa betah di obyek wisata ini, fasilitas diantaranya:

  1. Gazebo untuk bersantai
  2. Mushola untuk yang muslim
  3. Area parkir
  4. Kamar mandi/toilet
  5. Warung makanan dan minuman, dan lain sebagainya.

Pernah ke Watu Payung Gunung Kidul?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini