Watu Goyang

Menikmati pemandangan alam yang masih hijau dan gunung merapi terlihat sangat alami

Di Daerah Istimewa banyak sekali tempat wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara. Salah satu destinasi wisata yang sempurna untuk melihat keindahal alam Yogyakarta dari ketinggian berada di Kabupaten Bantul. Di Kabupaten Bantul ini terdapat destinasi wisata yang bernama Watu Goyang.

Watu Goyang ini berasal dari Bahasa Jawa yang berarti Batu yang bergoyang. Dulunya di tempat ini terdapat batu yang berada di puncak yang bias bergoyang ketika disentuh maupun didorong. Batu tersebut sudah ada sejak ratuhan tahun yang lalu. Para pengelola menjelaskan bahwa Watu Goyang ini tidak pernah roboh walaupun disetuh bahkan di panjat, tetapi pihak pengelola melarang kesar untuk pengunjung yang mencoba menaiki Watu Goyang tersebut karena akan sangat berbahaya bagi keselamatan. Keunikan dari batu raksasa itu adalah stukturnya yang memuat tonjolan-tonjolan yang unik.

Pemandangan alam yang masih hijau dan gunung merapi terlihat sangat alami, sangat cocok bagi para pengunjung untuk menghilangkan rasa bosan dengan aktivitas sehari-hari di perkotaan. Berada di puncak ini pengunjung akan merasakan sejuknya suhu udara, terutama pada pagi hari. Dan ketika di siang hari, meskipun cuaca sedang panas, maka hembusan angin yang menyapa terasa segar dan nyaman.

Jika pengunjung datang ke Watu Goyang pada pagi hari bisa melihat kabut seperti negeri di atas awan, namun sayangnya pengunjung tidak dapat melihat dengan sempurna sunrise yang indah. Kemudian apabila pengunjung ke Watu Goyang pada sore hari akan dimanjakan dengan pemandangan lukisan yang sungguh luar biasa di atas langit ujung barat yaitu sunset dengan sempurna karena Puncak Watu Goyang ini terletak persis menghadap dengan langsung ke arah barat.

Selain itu pengunjung juga dapat menemukan taman bunga yang cantik di wisata alam Watu Goyang ini. Di tempat ini, hamparan kebun bung amatahari dan bunga-bunga lainnya juga terlihat segar. Jika para pengunjung berfoto di tengah bunga-bunga indah dengan beragam rupa, membuat foto yang dibidik terlihat berwarna. Di Watu Goyang ini terdapat banyak sekali spot selfie yang sangat bagus untuk dibidik. Spot-spot foto yang instagramable ini diantara lain adalah gardu pandang yang berbentuk seperti helikopter, spot foto bunga, dan lain lainnya.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Lokasi Watu Goyang

Lokasi Watu Goyang ini sudah lumayan mudah untuk dijangkau karena jalan menuju wisata alam tersebut sudah bagus dan layak untuk dilewati. Tetapi beberapa kilometer dari lokasi pengunjung akan bertemu dengan jalanan yang berbatu yang membuat sedikit susah untuk melewatinya. Perjalanan untuk ke puncak kurang lebih 10-15 menit dan cukup untuk menguras tenaga tetapi setelah di punjak pengunjung akan di hidangi pemandangan alam yang sangat indah.

Alamat dari Watu Goyang ini tepatnya berada di Dusun Cempluk, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Lokasi Watu Goyang ini lumayan dekat dengan pusat Kota Yogyakarta.

Rute Menuju Watu Goyang

Rute menuju Watu Goyang ini sangat mudah dijangkau. Jika anda dari pusat Kota Yogyakarta, ke arah Timur menuju Jalan Pangurakan, kemudian ke arah selatan melewati Jalan Brigjend Katamso, lurus terus sampai di perempatan ke arah timur menuju Jalan Kolonel Sugiyono, sampai di pertigaan ke arah selatan melewati Jalan Sisingamangaraja, lurus terus ke Jalan Imogiri Barat, sampai pertigaan ke arah timur melewati Jalan Bakulan Imogiri, kemudian lurus terus melewati Jalan Makan Raja, sampai pertigaan ke arah selatan menuju Jalan Imogiri – Dlingo, sampai di perempatan ke arah utara ke Jalan Watu Goyang. Jika sudah berada di Jalan Watu Goyang, ikuti terus jalan yang ada hingga anda akan sampai di Watu Goyang.

Jarak dari pusat kota Yogyakarta ke Watu Goyang lumayan dekat yaitu hanya sekitar 18,8 kilometer dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari Kota Jogja menuju Watu Goyang sekitar 38 menit.

Harga Tiket dan Parkir Watu Goyang

Untuk masuk ke kawasan wisata Watu Goyang ini penunjung tidak dikenakan biaya berapapun alias gratis.

Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan di Watu Goyang yaitu:

  1. Sepeda motor: Rp 3.000
  2. Mobil: Rp 7.000
  3. Minibus: Rp 15.000
  4. Bus: Rp 20.000

Fasilitas Watu Goyang

Fasilitas yang ada di Watu Goyang ini sudah lumayan lengkap berkat pembangunan dari pengelola, masyarakat setempat, dan juga pemerintah yaitu:

  1. Toilet umum
  2. Mushola
  3. Warung makan dan minum
  4. Gazebo
  5. Tempat parkir yang luas

Pernah ke Watu Goyang?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini