Watu Giring

Menyaksikan pesona keindahan batuan alam di Gunungkidul

Di Gunungkidul memang banyak sekali destinasi wisata yang indah sekaligus sangat menakjubkan yang cocok bagi para traveling. Salah satu destinasi yang ada di Gunungkidul yaitu Watu Giring. Watu Giring adalah sebuah bebatuan alam yang diambil dengan dipotong potong di tempat oleh para penambang batu alam hingga menjadi anak tangga atau heritage megalitikum.

Wisata Watu Giring ini juga sudah menjadi tempat wisata yang ramai dengan para pengunjung pada hari biasa maupun hari liburan. Dulunya Watu Giring ini adalah tempat penambangan Batu kapur, yang biasanya dulu digunakan sebagai alas tiang penyangga rumah atau disebut dengan giring dan juga tempat penambangan batu untuk tembok rumah seperti batu bata yang berbentuk kotak kotak.

Saat ini penambangan batu alam yang ada di kawasan ini sudah dihentikan dan meninggalkan jejak penambangan batu alam. Para penambang batu alam di kawasan ini memotong betuan alam tersebut dengan ukuran yang kecil kecil dan memanjang. bekas tambang yang telah berusia puluhan tahun ini menyerupai bangunan candi kuno.

Sturktur bangunannya yang tertata dengan cantik dan apik, sehingga jika dilihat sekilas bangunannya menyerupai bentuk candi candi kecil yang berundak. Bahkan saking uniknya, banyak pengunjung yang mengatakan jika destinasi wisata ini mirip dengan wisata Bukit Breksi di Kalasan. Kawasan wisata Watu Giring ini sangat cocok untuk pengunjung yang menyukai fotografi karena latar belakangnya yang indah seperti punden bertingkat ala Piramida Suku Maya.

Banyak dari pengunjung yang berpikir bahwa bekas penambangan batu tersebut merupakan candi. Akan tetapi berkali kali juga para pengelola menjelaskan bahwa tempat itu hanyalah bekas penambangan biasa. Watu Giring ini juga menyuguhkan pemandangan alam yang sangat luar biasa, pada sore hari para pengunjung dapat menikmati indahnya sunset berpadu dengan hijaunya sawah dan perbukitan alam sekitar.

Jika para pengunjung beruntung, pengunjung bisa melihat Gunung Merapi dari kejauhan pada saat cuaca sedang cerah. Watu Giring juga sering dijadikan tempat foto prewedding karena ada beberapa spot foto yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai pilihan berfoto.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Lokasi Watu Giring

Lokasi Watu Giring ini sudah termasuk bagus dan mudah untuk ditempuh oleh para pengunjung menuju Pantai Baros. Namun lokasi Watu Giring ini lumayan jauh dengan pusat kota Yogyakarta.

Alamat Watu Giring tepatnya berada di Padukuhan Jelok, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Watu Giring

Rute menuju Watu Giring ini sangat mudah untuk dijangkau. Jika anda dari pusat Kota Yogyakarta ke arah timur melewati Jalan KH. Ahmad Dahlan menuju Jalan Pangurakan, kemudian lurus terus ke Jalan Kusumanegara, sampai di perempatan ke arah selatan ke Jalan Gedongkuning, lurus terus sampai di perempatan ke arah timur ke Jalan Wonosari, lalu lurus terus melewati Jalan Nasional III, lurus terus tetap berada di Jalan Nasional III, kemudian sampai di perempatan ke arah selatan ke Jalan Kyai Legi, lalu ikuti lurus terus ke Jalan KRT Judodiningrat, kemudian sampai di pertigaan ke arah timur ke Jalan Nasional III, kemudian ikuti terus jalan yang ada hingga anda akan sampai di Watu Giring.

Jarak dari pusat Kota Yogyakarta ke Watu Giring lumayan jauh yaitu sekitar 43,8 Kilometer dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari pusat Kota Jogja menuju Watu Giring sekitar 1 jam 17 menit.

Harga Tiket dan Parkir Watu Giring

Karena objek wisata ini masih dikelola oleh masyarakat setempat dalam hal ini adalah pemuda karangtaruna, maka di kawasan ini tidak memiliki biaya resmi untuk masuk ke Watu Giring ini. Sebagai gantinya para pengunjung akan membayar biaya seikhlasnya untuk memajukan kawasan wisata Watu Giring ini.

Sedangkan untuk biaya parkir pengunjung yang akan berkunjung di Watu Giring dikenakan tarif sebesar Rp 2.000,- untuk sepeda motor dan Rp 5.000,- untuk mobil.

Fasilitas Watu Giring

Kawasan Wisata Watu Giring ini belum memiliki kelengkapan fasilitas yang cukup. Disini hanya terdapat beberapa tempat duduk panjang yang terbuat dari bambu yang disediakan untuk istirahat dan duduk-duduk para pengunjung. Meskipun fasilitas disini masih tergolong minim, di sekitar lokasi Watu Giring ini terdapat sebuah warung penjual oleh oleh makanan khas Gunungkidul yaitu belalang goreng yang terlah terkenal sampai ke luar Pulau Jawa.

Pernah ke Watu Giring?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini