Watu Amben

" Melihat pemandangan lampu-lampu kota Yogyakarta diatas ketinggian "
{"autoplay":"true","autoplay_speed":"3000","speed":"300","arrows":"true","dots":"true","loop":"true","nav_slide_column":5,"rtl":"false"}

Watu Amben merupakan salah satu wisata alam di Yogyakarta tepatnya berada di daerah Gunung Kidul. Watu Amben ini berada di salah satu puncak bukit seribu Gunung Kidul, tepatnya Watu Amben ini berada dekat dengan Bukit Bintang. Watu Amben merupakan istilah dari bahasa Jawa. Kata watu artinya batu dan Amben artinya sejenis tempat tidur.

Watu ini memiliki bentuk batu yang besar dan rata menyerupai ranjang. Batu ini berada di tepi jurang yang tertanam dengan ketinggian ratusan meter. Obyek wisata Watu Amben masih tergolong tempat wisata baru dan belum terlalu banyak pengunjung, tetapi keindahan yang disuguhkan di Watu Amben sangat cocok bagi anda untuk menghilangkan capek.

Dulu Watu Amben ini merupakan tempat istirahat Kerajaan Mataram sambil melihat pemandangan dibawahnya. Sebelum dikenal orang Watu Amben ini dulunya digunakan warga sekitar untuk tempat istirahat saat penduduk sedang mencari rumput untuk hewan ternaknya. Selain cocok untuk tempat istirahat, batu di Watu Amben ini  biasa digunakan untuk melihat pemandangan yang masih hijau dan membuat penat menjadi hilang.

Pemandangan yang ada di Watu Amben berupa lanscape kota Yogyakarta, ketika cuaca di Yogyakarta sedang cerah anda dapat melihat pemandangan gunung-gunung yang ada di Yogyakarta yaitu gunung Merapi, Merbabu dan Sumbing. Anda juga dapat melihat sunset di Watu Amben. Sunset yang terlihat di Watu Amben sangatlah indah, suasana yang ada juga sangat segar dan sejuk. Sunset tersebut juga dapat anda jadikan sebagai spot foto.

Ketika anda sedanga berkunjung ke Watu Amben, di Watu Amben terdapat beberapa gazebo yang dapat anda gunakan. Di gazebo tersebut anda dapat melihat pemandangan yang sangat sejuk dan segar sambil menikmati makanan yang ada di warung sekitar Watu Amben. Pemandangan tersebut dapat membuat penat anda hilang.

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Watu Amben yaitu pada saat malam hari. Pada saat malam hari di Watu Amben ini menyuguhkan keindahan berupa pemandangan lampu-lampu warga Yogyakarta yang terlihat sangat indah dan memukau ketika melihat pemandangan itu dari ketinggian.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Lokasi Watu Amben

Lokasi wisata alam Watu Amben sangatlah terjangkau dann ditemukan, karena wisata ini sering dilewati ketika Anda sedang berwisata ke Gunung Kidul. Wisata ini terletak tidak begitu jauh dari Bukit Bintang, lebih tepatnya berada di Jl. Dlingo-Patuk, Area Kebun, Srimulyo, Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Watu Amben

Rute menuju obyek wisata Watu Amben cukup mudah dijangkau dan dicapai karena wisata ini sama dengan jalan menuju wisata bukit bintang. Jalan yang dilewati untuk bisa sampai ke Watu Amben juga sudah layak untuk dilewati. Jika anda dari pusat 0 km kota Yogyakarta ke timur melewati jl panembahan senopati, lalu lurus terus melewati jl kusumanegara lurus terus sampai bertemu perempatan belok ke selatan melewati jl gedong kuning, sampai perempatan belok ke timur melewati jl wonosari lurus terus sampai melewati tanjakan lurus terus sampai melewati jl dlingo patuk, ikuti jalan tersebut maka anda akan melihat papan bertuliskan Watu Amben.

Jarak yang ditemuh dari pusat 0 km kota Jogja ke obyek wisata alam Watu Amben tidak terlalu jauh yaitu sekitar 18,3 kilometer dan waktu tempuh kendaraan normal roda dua dari pusat Kota Jogja ke Watu Amben sekitar 47 menit saja.

Harga Tiket dan Parkir Watu Amben

Harga tiket masuk wisata alam Watu Amben sangat terjangkau dan murah. Wisatawan yang berkunjung ke Watu Amben tidak dikenakan biaya. Dengan begitu anda dapat menikmati indahnya sunset dan suasana malam kota Yogyakarta di atas ketinggian.

Walaupun tidak dikenakan biaya atau gratis tetapi Anda harus membayar jasa parkir bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi. Harga parkir untuk kendaraan roda dua yaitu Rp. 2000 dan Rp. 5000 untuk kendaraan mobil.

Fasilitas Watu Amben

Fasilitas yang ada di wisata Watu Amben saat ini sudah cukup memadai. Fasilitas tersebut dapat membuat para wisatawan yang sedang berkunjung dapat merasa nyaman, fasilitas diantaranya:

  1. Terdapat lahan parkir
  2. Kamar mandi
  3. Gazebo untuk beristirahat sambil menikmati keindahan yang ada di Watu Amben
  4. Terdapat beberapa warung makanan dan minuman disekitar Watu Amben.