Waduk Sermo

Menyusuri keindahan danau buatan yang tersembunyi di barat kota Jogja

Waduk Sermo – Selain dikenal sebagai kota pelajar, Daerah Istimewa Yogyakarta juga dikenal sebagai kota wisata. Kota yang terkenal akan Bakpia nya ini tak pernah sepi dari kunjungan wisata, hal tersebut dikarenakan Jogja memiliki banyak sekali destinasi wisata yang menarik serta beragam, dan salah satu wisata andalan dari Jogja selain kebudayaan adalah wisata alam. Berbicara mengenai wisata alam, terdapat sebuah wisata alam di daerah Kulon Progo yang memiliki berbagai macam keindahan, dan wisata alam yang dimaksud adalah Waduk Sermo.

Waduk Sermo merupakan sebuah waduk yang berada di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, waduk seluas 157 hektar ini dibangun mulai pada tahun 1994 dan diresmikan oleh Presiden Indonesia ke-2 saat itu yaitu Presiden Soeharto pada 20 November 1996. Waduk ini dibangun dengan membendung Kali Ngrancah di Desa Hargowilis Kecamatan Kokap, adanya pembangunan waduk ini juga mengahruskan pemerintah melakukan program transmigrasi, sebanyak 100 kk di transmigrasikan ke Tak Toi Bengkulu.

Tujuan dibangunnya waduk ini adalah untuk suplesi sistem irigasi daerah Kalibawang yang memiliki area seluas 7.152 Ha, selain digunakan unuk irigasi air dari waduk ini juga digunakan oleh PDAM untuk air minu. Bagi yang belum tahu mungkin ini terdengar agak aneh, hal tersebut dikarenakan air di Waduk Sermo ini disebut – sebut sebagai bendungan dengan kualitas air terbaik sehingga setelah melalui proses yang panjang air tersebut bisa digunakan untuk keperluan sehari – hari.

Tentunya pembangunan waduk ini juga memakan biaya yang tak sedikit, biaya yang dikeluarkan yaitu sebesar 22 miliar. Selain untuk Irigasi waduk ini juga kerap digunakan untuk berbagai macam kegiatan seperti latihan dan lomba dayung, berbagai macam perlombaan dayung kelas nasional maupun internasional pernah digelar di waduk ini.

Tidak hanya untuk latihan dan lomba dayung, belakangan ini Waduk Sermo kerap digunakan untuk latihan Akademi Angkatan Udara (AAU) serta untuk objek diskusi akademika tentang Evaluasi Geologi Teknik dan kerentanan gerakan tanah di sekitar waduk ini. Selain yang telah kami sebutkan tadi, waduk ini juga dijadikan sebagai destinasi wisata karena mempunyai keindahan alam yang memukau.

Ada banyak hal yang bisa sobat semua lakukan di tempat ini, yang pertama yaitu berfoto di spot foto menarik, terdapat berbagai macam spot foto menarik yang bisa dimanfaatkan pengunjung di tempat ini. Selanjutnya bagi sobat semua yang hobi memancing ikan tak ada salahnya mencoba memburu ikan “Setan Merah” yaitu ikan predator yang ada di waduk ini, Ikan Merah merupakan primadona dikalangan pemancing di Waduk Sermo ini.

Aktifitas lain yang bisa sobat semua lakukan di Waduk Sermo adalah mengelilingi waduk ini dengan menyewa perahu yang ada di tempat ini, selain dapat melihat keindahan waduk ini sobat semua juga akan disuguhi keindahan Perbukitan Menoreh. Keindahan lain dari tempat ada pada waktu sore hari, ketika sore hari dari temat ini sobat semua dapat melihat keindahan matahari yang mulai menyembunyikan sinarnya.

Ingin berkunjung ke Waduk Sermo atau tempat wisata menarik lainnya di Jogja? Yuk pesan paket tour Jogja di Alodia Tour.

Lokasi Waduk Sermo

Lokasi Waduk Sermo sendiri sangat mudah untuk dijangkau, akses jalan menuju ke waduk ini juga terbilang baik. Untuk lebih tepatnya lagi Waduk Sermo berada di Sremo Lor, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Waduk Sermo

Rute menuju Waduk Sermo juga terbilang cukup mudah, dari pusat Kota Yogyakarta sobat semua bisa langsung menuju ke jalan wates, selanjutnya ikuti saja jalan tersebut sampai bertemu dengan patung kuda putih, di patung kuda putih tersebut sobat semua bisa ambil kanan untuk menuju ke alun – alun, dari alun – alun tersebut silahkan ikuti pentunjuk arah untuk sampai di Waduk Sermo. Dari pusat Kota Yogyakarta waduk ini berjarak sekitar 47 km, untuk perjalanannya sendiri dari pusat Kota Yogyakarta menuju ke Waduk Sermo memakan waktu sekitar 1 jam 30 menit. Jaraknya dari pusat Kota Yogyakarta memang terbilang lumayan jauh, namun rasa lelah selama di perjalanan akan terbayar lunas ketika sobat semua sampai di waduk ini.

Harga Tiket dan Parkir Waduk Sermo

Harga tiket masuk Waduk Sermo sangat terjangkau bagi semua kalangan, berikut ini daftar harga tiket di Waduk Sermo :

Harga tiket masuk anak – anak Rp. 2.000, harga tiket masuk dewasa Rp. 5.000, parkir sepeda motor Rp. 2.000, parkir mobil Rp. 3.000, parkir bus Rp. 5.000, sewa perahu Rp. 30.000/perahu, gardu pandang Rp. 10.000/orang

 

Fasilitas Waduk Sermo

Fasilitas Waduk Sermo juga terbilang cukup lengkap, di waduk ini sobat semua akan menjumpai beberapa fasilitas yang telah disediakan oleh pengelola, diantarnya yaitu:

  • Tempat parkir
  • Toilet
  • Warung makan
  • Penyewaan perahu
  • Gazebo
  • Penyewaan peralatan memancing + umpannya

Pernah ke Waduk Sermo?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini