Taman Hutan Raya

Menjelajahi hutan sekaligus menambah pengetahuan

Di Gunungkidul memang banyak sekali destinasi wisata yang indah sekaligus sangat menakjubkan yang cocok bagi para traveling. Salah satu destinasi yang ada di Gunungkidul yaitu Taman Hutan Raya. Wisata Taman Hutan Raya ini sangat cocok untuk pengunjung yang ingin mengisi kegiatan berlibur di Yogyakarta. Taman Hutan Raya di resmikan pada tahun 2012 oleh Gurbernur DIY yaitu Sri Sultan Hamengkubuwono. Kawasan ini mempunyai luas sekitar 634 hektar yang menjadikan pengunjung bebas melalukan apa saja disini.

Seluas 6,2 hektar adalah area penangkaran Rusa Timor (Cervus Timorensis). Sejak tahun 1999 kawasan ini dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta bekerjasama dengan kelompok tani yang berada disekitarnya, dan hingga saat ini Rusa Timor tersebut berjumlah lebih dari 30 ekor. Arboretum seluas 10,7 hektar dengan berbagai tanaman kehutanan. Selain itu disini juga terdapat persemaian dan pabrik pengelolaan minyak kayu putih “Sendang Mole”. Kawasan ini juga sering digunakan sebagai wilayah konservasi penelitian yang berada di Jogja.

Banyak peneliti dari luar dan dalam jogja yang berdatangan kesini. Di Taman Hutan Raya juga terdapat keanekaragaman dari Flora dan Fauna yang hidup disana. Hal tersebut lah yang menjadikan kawasan ini sebagai objek penelitian dan pembelajaran bagi kaum mahasiswa dan juga peneliti di bidang alam. Taman Hutan Raya ini di dukung oleh berbagai potensi kawasan yang sudah terkenal seperti Hutan Wanagama yang dijadikan sebagai area pendidikan dan juga penelitian.

Kawasan hutan ini juga mempunyai beberapa jenis begetasi, salah satunya yaitu vegetasi tumbuhan yang meranggas pada saat musim kemarau sehingga saat musim kemarau, hutan ini terlihat lebih terbuka. Walaupun begitu, bagian tepi hutan ini tetap hijau karena terdapat sungai Oyo. Bibit yang dikembangkan disini antara lain tanaman tati, mahoni, kayu putih, dan jambu mete. Untuk program reboisasi dengan produksi sedikitnya dua juta bibit per tahun. Di sebelah timur area presemaian terdapat penangkaran Rusa yang pengunjung juga dapat ikut memberi makan sambil menyentuh hewan liar itu di dalam kandang yang berukuran 40 x 40 m3.

Rusa Timor generasi pertama disini berasal dari Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta. Selain fauna rusa, di hutan ini juga menjadi rumah untuk Burung Madu Srigati (Neclarinia jugularis), Elang Ular Bido (Spezaetus cheela), Alap-alap Sapi (Falco sylvatica), Elang alpacina (Accipter soloensis), Raja Udang (Alcade meninting), Burung Madu Kelapa (Anthreptes malaccensis), cucak kutilang (Picnonotus aurigaster) dan kepodang (Oriolus chinensis).

Master plan untuk pengembangan wisata Taman Hutan Raya adalah membaginya menjadi 3 zona. Zona I terdiri dari atraksi gajah, areal cycling, camping ground, kuliner gantung dan cultur show. Pada zona II terdiri dari research centre, pabrik minyak kayu putih, persemaian dan pusat indukan rusa. Sedangkan zona III sebagai tempat penangkaran reptil, taman burung, koleksi satwa dan agroforestry, arboretum dan plaebotani karst.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Lokasi Taman Hutan Raya

Lokasi Taman Hutan Raya ini sudah termasuk bagus dan mudah untuk ditempuh oleh para pengunjung menuju Taman Hutan Raya. Namun lokasi Taman Hutan Raya ini lumayan jauh dengan pusat kota Yogyakarta.

Alamat Taman Hutan Raya tepatnya berada di Desa Gading, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Taman Hutan Raya

Rute menuju Taman Hutan Raya ini sangat mudah untuk dijangkau. Jika anda dari pusat Kota Yogyakarta ke arah timur melewati Jalan KH. Ahmad Dahlan menuju Jalan Pangurakan, kemudian lurus terus ke Jalan Kusumanegara, sampai di perempatan ke arah selatan ke Jalan Gedongkuning, lurus terus sampai di perempatan ke arah timur ke Jalan Wonosari, lalu lurus terus melewati Jalan Nasional III, lurus terus tetap berada di Jalan Nasional III, kemudian ikuti terus jalan yang ada hingga anda akan sampai di Taman Hutan Raya.

Jarak dari pusat Kota Yogyakarta ke Taman Hutan Raya lumayan jauh yaitu sekitar 29,4 Kilometer dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari pusat Kota Yogyakarta menuju Taman Hutan Raya sekitar 1 jam.

Harga Tiket dan Parkir Taman Hutan Raya

Harga tiket retribusi untuk masuk ke Hutan Taman Raya relatif terjangkau  yaitu pengunjung hanya dikenakan biaya Rp 10.000 per orang.

Sedangkan untuk biaya parkir pengunjung yang akan berkunjung di Hutan Taman Raya dikenakan tarif sebesar Rp 5.000,- untuk sepeda motor dan Rp 10.000,- untuk mobil.

Fasilitas Taman Hutan Raya

Fasilitas di Taman Hutan Raya sudah lumayan lengkap bagi para pengunjung yang berminat datang ke Taman Hutan Raya ini, diantaranya adalah:

  1. Toilet umum
  2. Area Parkir
  3. Penginapan
  4. Camping area
  5. Guest house
  6. sarana outbound
  7. Area paintball
  8. Playground
  9. Warung makan

Pernah ke Taman Hutan Raya?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini