Stonehenge Cangkringan

Batu raksasa kenangan erupsi gunung merapi

Stonehenge Cangkringan – Selera wisatawan memang berbeda-beda untuk menentukan destinasi yang ingin dikunjunginya, yang pasti destinasi wisata itu aman dan nyaman untuk dikunjungi. Ada yang suka pantai, gunung, goa dan masih banyak lainnya jenis destinasi wisata yang menarik.

Kali ini ada destinasi yang dekat dengan gunung merapi yaitu Stonehenge Cangkringan. Stonehenge Cangkringan dalah sebuah batu raksasa yang menjadi salah satu kenangan yang di berikan oleh erupsi gunung merapi pada tahun 2010 silam.

Jika anda datang berkunjung kesini anda tidak hanya menemukan dan melihat patung manusia purba tetapi juga disuguhkan pemandangan yang luar biasa indah, karena Stonehenge Cangkringan ini berdekatan dengan gunung merapi jadi ketika anda mengambil gambar makan gunung merapi akan terlihat jika tidak mendung.

Sebaiknya anda jangan berkunjung pada saat musim hujan ya karena akan membuat anda sedikit kecewa nantinya. Semakin cerah maka semakin bagus hasil foto yang dihasilkan dan makin jelas gunung merapi yang menambah kecantikan foto anda dan menambah kerennya sosial media anda.

Tempat ini juga sangat cocok untuk para pelajar jika ingin menambah pengetahuan tentang peninggalan sejarah pada zaman purba. Stonehenge Cangkringan memang mirip speerti yang ada di luar negeri maka tak heran lagi jika banyak yang berkunjung kesini, Stonehenge di Cangkringan berbentuk lingkaran yang dikelilingi oleh batu raksasa sehingga anda juga bisa mengambil gambar di tengah, bisa juga di sisi lain.

Tidak akan mengurangi kecantikan foto anda apalagi di dukung dengan cuaca yang sangat cerah akan lebih keren. Anda juga bisa melakukan foto prewed disini alhasil pasti makin romantis.

Ingin mengunjungi Stonehenge Cangkringan  atau berkunjung ke tempat wisata menari lainnya di Yogyakarta? Yuk pesan paket wisata Jogja di Alodiatour.

Lokasi Stonehenge Cangkringan

Lokasi Stonehenge Cangkringan lumayan jauh dari pusat kota Yogyakrta. Letaknya di Unnamed Road, Trutan, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta 55583.

Jarak tempuh sekitar 26,7 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 2 menit.

Rute Menuju Stonehenge Cangkringan

Rute menuju Stonehenge Cangkringan cukup mudah untuk anda jangkau. Dari pusat kota Yogyakarta Ambil Jl. Kaliurang , Jl. Pamungkas , Jl. Meces – Pokoh, dan Jl. Cangkringan/Jl. Pakem – Kalasan ke Jl. Raya Merapi Golf di Bedoyo. Kemudian Ke arah timur di Jl. KH. Ahmad Dahlan. Terus ke Jl. Panembahan Senopati. Belok kiri ke Jl. Mayor Suryotomo. Belok sedikit ke kanan menuju Jl. Mataram. Di bundaran, ambil jalan keluar ke-2 menuju Jl. Mas Suharto Jambu. Belok kiri ke Jl. Tukangan. Belok kiri ke Jl. Yos Sudarso. Gunakan lajur tengah untuk berbelok sedikit ke kanan di Jl. Faridan Muridan Noto. Belok kiri ke Jl. Suroto Lewati Toko Buku Gramedia Sudirman (di kiri 350 m lagi). Terus ke Jl. Cik Di Tiro Lewati PRAMITA Lab (di kiri 450 m lagi). Di bundaran, ambil jalan keluar pertama menuju Jl. Terban. Belok kanan ke Jl. Persatuan Lewati KFC UGM Yogyakarta (di kanan). Terus ke Jl. Kaliurang. Belok kanan ke Jl. Pamungkas. Terus ke Jl. Meces – Pokoh. Terus ke Jl. Cangkringan/Jl. Pakem – Kalasan. Lalu anda Tetap di Jl. Raya Merapi Golf ke tujuan Anda di Kepuharjo. Terus ke Jl. Raya Merapi Golf. Belok kanan ke Jl. Bebeng. Belok kanan. Terus ke Jl. Tangkisan-Kinahrejo. Belok kanan ke Jl. Petung Merapi. Kemudian belok kiri. Tujuan anda berada di sebelah kiri.

Harga Tiket dan Parkir Stonehenge Cangkringan

Harga tiket masuk Stonehenge Cangkringan sangat terjnagkau bagi para pengunjung, anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 10.000,- saja dan biaya parkir untuk motor, anda cukup membayar sebesar Rp. 2.000,- sedangkan untuk mobil Rp. 5.000,-. Jika anda ingin melakukan foto prewed maka anda cukup membayar sebesar Rp. 150.000,- saja sangat murah dan terjangkau bukan.

Fasilitas Stonehenge Cangkringan

Fasilitas yang tersedia di Stonehenge Cangkringan belum terlalu memadai karena tempat ini berada dekat dengan kawasan gunung merapi jadi untuk fasilitas yang lebih lengkap anda bisa temui di jalan menuju destinasi wisata. Fasilitas yang ada di sekitar destinasi adalah :

  • Spot foto dengan latar stonehenge
  • Parkir
  • Toilet

Pernah ke Stonehenge Cangkringan?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini