Seribu Batu Songgo Langit

" “Berburu Hobbit di di Songgo Langit” "
{"autoplay":"true","autoplay_speed":"3000","speed":"300","arrows":"true","dots":"true","loop":"true","nav_slide_column":5,"rtl":"false"}

Berkunjung ke kawasan Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta tak lengkap rasanya bila hanya mengunjungi hutan pinusnya saja. Disekitar hutan pinus ternyata masih banyak tempat wisata yang wajib dikunjungi, salah satunya adalah Seribu Batu Songgo Langit. Namanya terdengar asing, namun apabila disebut rumah Hobbit, tentunya sahabat akan segera tahu tempat wisata ini. Ya, Seribu Batu Songgo Langit adalah lokasi dimana terdapat rumah Hobbit yang ada di kawasan Mangunan. Rumah Hobbit yang dimaksud berbeda dengan yang ada di New Zealand pastinya. Rumah Hobbit disini merupakan tiruan dari yang terdapat di film Hobbit atau yang ada di New Zealand.

Nama Seribu Batu Songgo Langit memiliki makna tersendiri. Sebelum jadi tempat wisata, di lokasi ini terdapat ratusan bahkan ribuan batu dan pastinya hutan pinus. Songgo langit berarti penyangga langit, hal ini dikarenakan di Seribu Baru Songgo Langit terdapat bukit yang seakan akan merupakan tiang dari langit .Seribu Batu Songgo Langit merupakan tempat wisata di kawasan Dlingo yang menawarkan berbagai macam atraksi wisata, namun kebanyakan adalah spot foto. Spot foto di Seribu Batu hampir semuanya anti mainstream. Anda akan menemui beberapa spot foto dalam empat bagian di tempat wisata ini. Memasuki gerbang Seribu Batu Songgo Langit anda diharuskan untuk menuruni tangga yang terbuat dari kayu untuk mencapai spot pertama. Spot pertama ini menawarkan rumah dongeng seribu kayu. Spot ini berbentuk rumah kecil-kecil yang menyerupai rumah kurcaci dalam dongeng. Terdapat tujuh buah rumah kurcaci yang ditata secara mengerucut sehingga akan menciptakan angle foto yang bagus.

Setelah puas berfoto di rumah seribu kayu, anda dapat duduk santai di panggung yang terbuat dari kayu pohon pinus. Selain duduk santai, anda juga dapat berfoto dan menikmati udara segar khas hutan pinus. Setelah beristirahat sejenak, anda dapat melanjutkan ke spot berikutnya yaitu rumah Hobbit. Spot ini yang paling ditunggu-tunggu oleh pengunjung Seribu Batu Songgo Langit. Rumah Hobbit disini hanya berjumlah satu buah saja, namun memiliki bentuk yang unik sehingga sangat menarik untuk berfoto disana. Bersiaplah menghadapi antrian yang cukup banyak jika anda ingin berfoto di rumah Hobbit yang sangat hits ini. Setelah puas berfoto di depan rumah Hobbit, anda dapat melanjutkan ke spot selanjutnya.

Spot selanjutnya merupakan spot puncak dari tempat wisata Seribu Batu Songgo Langit, yaitu Bukit Songgo Langit itu sendiri. Berjarak sekitar 800 meter atau hampir 1 kilometer dari rumah Hobbit, anda diharapkan menyiapkan stamina untuk melibas track menuju Songgo Langit. Dalam perjalanan menuju Bukit Songgo Langit, anda akan menikmati hamparan ratusan pohon pinus yang tinggi. Di beberapa titik dalam perjalanan juga telah disiapkan papan petunjuk menuju Bukit Songgo Langit dan beberapa tempat untuk beristirahat. Saat menuju Bukit Songgo Langit, diharapkan anda membawa air mineral atau makanan ringan dan jangan lupa untuk membuang sampah pada tempat yang disediakan demi terjaganya kawasan Seribu Batu Songgo Langit ini.

Sampai di puncak Songgo Langit anda akan disuguhkan pemandangan yang sangat indah. Anda akan merasa berada di puncak langit atau lantai duanya Jogja. Pemandangan yang terlihat dari atas Songgo Langit adalah hamparan sawah yang luas dan beberapa pemukiman warga. Di atas Songgo Langit ini juga terdapat beberapa spot foto menarik. Selain menikmati udara segar di atas bukit yang tinggi, anda juga dapat berfoto di spot foto tersebut. Salah satu pemandangan yang menarik yang dapat dilihat dari puncak Songgo Langit adalah hamparan sawah Sukarame yang telah diberi pagar yang mengelilingi sawah. Spot ini saat ini juga cukup ramai dikunjungi wisatawan. Namun, bila dilihat dari Songgo Langit, spot sawah Sukarame akan terlihat seperti saat anda menggunakan drone.

Waktu terbaik dalam berkunjung ke Seribu Batu Songgo Langit adalah saat pagi hari atau sore hari. Pada kedua waktu ini anda tidak akan menemui terik matahari yang panas. Berkunjung di pagi hari juga akan meningkatkan semangat dalam mendaki bukit Songgo Langit, karena stamina masih cukup kuat. Selain memperhatikan waktu berkunjung, anda juga diharapkan menyiapkan stamina yang cukup dan membawa air minum. Namun, bila anda tak sempat membawa air minum, anda juga dapat membeli di komplek Seribu Batu Songgo Langit, tentunya dengan harga yang cukup terjangkau. Bila anda berkunjung bersama keluarga terutama anak kecil dan orang lanjut usia, diharapkan untuk tidak terburu-buru saat melakukan trekking. Hal ini dikarenakan medan yang cukup menanjak dan jarak yang tidak dekat.

Keindahan Seribu Batu Songgo Langit sudah tidak diragukan lagi, banyak hal yang dapat dilakukan di tempat wisata ini. Anda dapat ber foto ria, jalan-jalan dan menikmati pemandangan. Rencanakan liburan anda di Seribu Batu Songgo Langit segera dengan menghubungi tour advisor kami atau dapat mengunjungi www.alodiatour.com. Tanyakan segala kebutuhan liburanmu dan kami tunggu kedatanganya di Yogyakarta.

Lokasi Seribu Batu Songgo Langit

Seribu Batu Songgo Langit berlokasi di Jalan Hutan Pinus Nganjir, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783. Lokasi Seribu Batu Songgo Langit sangat berkedatan dengan kawasan Hutan Pinus Mangunan dan Kebun Buah Mangunan. Bila anda ingin berkunjung ke Hutan Pinus Mangunan, maka lokasi Seribu Batu Songgo Langit adalah tepat di tanjakan sebelum memasuki kawasan hutan pinus. Lokasi Seribu Batu Songgo Langit memiliki lahan parkir yang cukup luas dan dapat dicapai dengan kendaraan pribadi berupa mobil dan sepeda motor serta dapat dilalui dengan bus kecil dan besar.

Rute Menuju Seribu Batu Songgo Langit

Rute untuk mencapai Seribu Batu Songgo Langit tidak terlalu sulit. Bila anda dari pusat Kota Yogyakarta dapat menuju terminal Yogyakarta terlebih dahulu. Kemudian ke arah selatan menuju Jalan Imogiri Timur hingga sampai pertigaan pasar Imogiri. Selanjutnya, anda belok kiri menuju kawasan Mangunan. Tepat di persimpangan kawasan wisata Mangunan anda mengambil arah kiri sekitar 50 meter. Tepat disebelah kanan anda akan terlihat papan Seribu Batu Songgo Langit.

Harga Tiket dan Parkir Seribu Batu Songgo Langit

Harga tiket wisata Seribu Batu Songgo Langit sangat terjangkau, yaitu Rp 2.500,00 per orang. Untuk parkir mobil adalah Rp 5.000,00 per kendaraan, tarif parkir sepeda motor Rp 2.000,00 per motor dan bus sebesar Rp 20.000,00 per bus.

Spot foto yang ada di Seribu Batu Songgo Langit tidak dikenai biaya, namun pengelola menyediakan kotak untuk donasi pengembangan spot foto yang dapat diisi seikhlasnya oleh wisatawan.

Fasilitas Seribu Batu Songgo Langit

Fasilitas yang terdapat di tempat wisata Seribu Batu Songgo Langit adalah sebagai berikut :

  • Spot Foto
  • Toilet
  • Mushola
  • Tempat parkir kendaraan
  • Papan informasi