Ramayana Ballet Purawisata

Seni pertunjukan mengisahkan tentang cinta sejati Rama dan Shinta.

Ramayana Ballet Purawisata – Ramayana Ballet Purawisata merupakan salah satu tempat seni pertunjukan wisata di Yogyakarta. Pertunjukan yang mengisahkan tentang cinta sejati Rama dan Shinta yang dikombinasikan dengan pertunjukan yang mempesona dengan beragam bentuk mulai dari seni, tarian dari penari yang professional selama berpuluh tahun, alunan musik gamelan, drama Rama dan Shinta, lirik dan lagu khas dari Jawa, make-up yang menawan memberikan pancaran kecantikan , kostum yang indah, serta panggung dengan pencahayaan yang dipilih secara khusus untuk menarik wisatawan yang berkunjung. Semua disatukan menjadi pertunjukan seni yang menciptakan karya seni yang disukai dan dihargai oleh wisatawan domestik dan asing.

Penampilan Sendratari Ramayana di Purawisata dibagi menjadi beberapa babak yaitu Semua cerita Ramayana disajikan melalui gerakan tubuh atau menari, tanpa dialog dengan alunan merdu Jawa gending yang terdengar lembut ditemani dengan para penari cantik yang menari dengan anggunnya.

Dibeberapa pertunjukan berlangsung sesekali terdengar suara sinden menyanyikan lagu-lagu dalam bahasa Jawa. Ketika adegan berubah menjadi Rahwana atau Hanoman serta penampilan tentara monyet, suara akan berubah menjadi gending dan panggung akan menjadi lebih ramai ketika perang dimulai. Pertunjukan menjadi lebih menarik lagi ketika pada adegan Anoman Obong dimulai. Setelah menikmati pertunjukan, Anda dapat mengambil gambar dengan semua pemain di atas panggung.

Ramayana Ballet Purawisata ini mempunyai jiwa Kesetiaan, konsistensi dan komitmennya dalam mengadakan pertunjukan setiap hari dan sudah berjalan selama 29 tahun secara terus menerus. Maka dari itu, Ramayana Ballet Purawisata mendapatkan penghargaan eksklusif dari Museum Rekor Indonesia (MURI). Karena telah menjadi salah satu yang menjaga nilai luhur budaya secara terus menerus.

Ramayana Ballet dipentaskan di dalam amphitheater dengan kapasitas 600 kursi. Konsep semi terbuka dari amphitheater ini akan memberikan kenyamanan bagi wisatawan yang akan menyaksikan pertunjukan Ramayana Ballet.

Selain menyaksikan Ramayana Ballet, pengelola juga menawarkan paket makan malam istimewa di restoran yang menggabungkan suasana taman indah dengan arsitektur khas Jawa yang megah. Serta alunan musik gamelan dan tarian Jawa yang akan mengiringi wisatawan selama waktu makan malam.

Ingin mengunjungi Ramayana Ballet Purawisata atau berkunjung ke tempat wisata menarik lainnya di Yogyakarta? Yuk pesan paket wisata Jogja di Alodiatour.

Lokasi Ramayana Ballet Purawisata

Lokasi Ramayana Ballet Purawisata sangat mudah dijangkau hanya 5 menit dari Pusat Kota Yogyakarta.

Lokasi tepatnya berada di Purawisata, Kawasan Mandira Baruga, Jl. Brigjen Katamso, Keparakan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55152.

Rute Menuju Ramayana Ballet Purawisata

Rute Menuju Ramayana Ballet Purawisata sangat mudah dikunjungi dan dijangkau apabila anda sedang berada di Pusat Kota Yogyakarta yaitu hanya 5 menit saja. Dari Pusat Kota Yogyakarta, ambil arah timur di Jl. Panembahan Senopati menuju Jl. Secodiningratan, lalu belok kanan ke Jl. Brigjend Katamso, kemudian di Jl. Brigjend Katamso belok kiri dan menjadi Jl. Brigjen Katamso. Belok kiri ke Jl. Ireda, lalu Belok kanan dan tujuan ada di sebelah kanan.

Harga Tiket dan Parkir Ramayana Ballet Purawisata

Harga Tiket Ramayana Ballet Purawisata terbilang lumayan mahal untuk wisatawan yaitu sebesar Rp 591.000,- karena anda akan mendapatkan fasilitas makan malam dan pertunjukan. Jika untuk anak umur 1-4 tahun tidak membayar atau gratis, untuk umur 5-10 tahun akan dikenakan biaya 50 % dari harga normalnya, dan bagi yang lebih dari umur 10 tahun ke atas akan dikenakan biaya penuh.

Fasilitas Ramayana Ballet Purawisata

Fasilitas Ramayana Ballet Purawisata sangat lengkap dan memadai untuk para wisatawan yang berkunjung ke sini. Adapun fasilitas yang tersedia antara lainnya adalah :

  • Area parkir
  • Kamar mandi/MCK
  • Tempat makan atau Restoran
  • Tempat menginap dekat

Pernah ke Ramayana Ballet Purawisata?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini