himbauan wisata ke Jogja Alodia siap melayani dengan protokol kesehatan

Puri Mataram

Wisata taman outdoor dengan konsep budaya kental khas Jawa

Puri Mataram – Kali ini Yogyakarta telah menghadirkan wisata baru yang menawarkan taman outdoor yang diberi nama Puri Mataram. Tempat ini tidak jauh dari lingkungan sekitar pemerintahan kabupaten Sleman, tepatnya berada di Dusun Drono, Tridadi.

Puri mataram dibuka sejak bulan September 2018, yang dikelola oleh Bumdes ( Badan Usaha Milik Desa) Tridadi Makmur, Sleman. Destinasi wisata ini menyusung konsep layaknya pada zaman Kerajaan Mataram dengan perpaduan antara wisata alam dengan budaya kental khas Jawa. Pengunjung dapat mengunjungi taman ini senin-minggu pada jam 08.00 pagi sampai pada jam 06.00 sore. Sedangkan restoran Puri Mataram di buka sampai jam 09.00 malam, ada juga pasar Ndelik yang ada di sekitar wisata ini  yang buka pada jam 07.00 pagi.

Ketika anda memasuki wilayah ini anda akan di sambut oleh restoran yang biasa di sebut dengan Joglo. Disisi lain anda akan menemukan permainan air kolam buatan yang seru disajikan untuk para pengunjung . Apabila anda masuk lebih dalam anda akan di manjakan oleh hamparan persawahan hijau nan asri, harum wangi dari padi menyambut kedatangan para wisatawan yang berkunjung. Disini juga terdapat jembatan bambu panjang yang membelah persawahan yang menambah kesan sejuk dan segar yang dirasakan langsung oleh para wisatawan apabila melewat jembatan ini.

Puri Mataram banyak menyuguhkan aktivitas untuk para pengunjung antara lainnya adalah :

Taman Bunga yang tertata rapi.

Disini anda akan menemukan taman bunga dengan warna warni rainbow indah dan telah tertata dengan rapi yang menawarkan kesan menarik jika mengabadikan moment. Sehingga pengunjung dapat bisa mengambil spot foto dimanapun karena akan terlihat tetap indah.

Wahana bermain air

Puri Mataram mempunyai kolam buatan yaitu tempat bermain dengan berbagai macam wahana yang disediakan antara lainnya adalah sepeda air atau becak air yang berbentuk hewan sambil mengelilingi kolam. Selain bermain sepeda air anda dapat mencoba menjadi atlet olahraga yaitu dengan mengayuh, dimana otot kaki anda akan menjadi lebih kuat hingga kalori pun terbakar. Tempat ini sangat aman dan anda tidak perlu khawatir bila mencoba Wahana-wahana seru dan menyenangkan.

Tempat makan dengan menu makanan khas Jawa.

Apabila anda mengunjungi Puri Mataram, anda tidak perlu susah memikirkan tempat makan karena disini anda dapat menemukan restoran dengan sistem prasmanan, jadi anda dapat dengan bebas mengambil sesuai porsi anda. Menu khas Jawa yang enak dan lezat diantaranya, sayur lodeh, mangut lele, tempe bacem, tahu bacem, dan lainnya. Harga satu porsi makan di mulai dari harga Rp 8.000-15.000,-.

 

Bermain dengan kelinci

Di Puri Mataram anda akan menemukan taman kelinci, yang tentunya seru untuk di coba oleh para pengunjung seperti berinteraksi langsung dengan kelinci dengan memegang atau membelai, hingga anda bisa mencoba menggendong kelinci. Bahkan, anda juga dapat memberi makan para kelinci-kelinci imut dengan makanan yang telah tersedia.

Keunikan dari Pasar Ndelik

Pasar Ndelik merupakan pasar yang berlokasi di gubug kecil dan tertutup pohon. Sehingga nama pasar ini diberi sebutan Pasar Ndelik karena di ambil dari Bahasa Jawa yang dimana “ Ndelik” artinya Sembunyi.

Disini di jual berbagai macam makanan tempo dulu seperti klepon, pisang goreng, jenang, pecel, cenil, dan makanan lainnya. Uniknya disini anda tidak bisa membayar menggunakan uang kertas tetapi anda di haruskan untuk membayar menggunaka pandel. Dimana pandel adalah uang yang di buat dari kayu sebagai alat tukar, satu pandel bernilai Rp 1.000,-.

Ingin mengunjungi Puri Mataram atau berkunjung ke tempat wisata menarik lainnya di Yogyakarta? Yuk pesan paket wisata Jogja di Alodiatour.

 

Lokasi Puri Mataram

Lokasi Puri Mataram sangat mudah dijangkau hanya berjarak 11 kilometer atau sekitar 25 menit dari Pusat Kota Yogyakarta.

Lokasi Puri Mataram tepatnya terletak di Drono, Tridadi, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55511.

Rute Menuju Puri Mataram

Rute menuju Puri Mataram sangat mudah dijangkau dengan hanya menggunakan kendaraan Sepeda Motor, Mobil maupun Bus. Dari Pusat Kota Yogyakarta, anda lurus sampai ketemu Ayarrta Hotel Malioboro belok kanan ke Jl. Letjen Suprapto, lalu lurus terus ke Jl. Tentara Rakyat Mataram, kemudian lurus sampai ketemu bundaran, ambil jalan keluar pertama menuju Jl. Tentara Pelajar, tetap lurus sampai ketemu perempatan terus ke Jl, Magelang, lalu lurus mengikuti jalan besar dan ketemu Bundaran, ambil jalur jalan keluar kedua menuju JL. Magelang/ Jl. Magelang-Yogyakarta/Jl. Semarang-Yogyakarta dan lurus tetap mengikuti jalan besar lalu belok kiri ke Jl. PJKA, kemudian tetap lurus di Jl. PJKA. Tujuan anda telah sampai.

Harga Tiket dan Parkir Puri Mataram

Harga tiket Puri Mataram, sangat murah semurah-murahnya, mengapa dibilang sangat murah karena anda tidak perlu membayar harga tiket masuk (Gratis). Tetapi anda hanya membayar harga untuk wahana air sebesar Rp 10.000,- dan anda bisa mencoba menyebrang jembatan gantung dengan hanya membayar harga sebesar Rp 5.000,-.

Fasilitas Puri Mataram

Fasilitas Puri Mataram sudah tersedia lengkap dan memadai untuk para wisatawan antara lainnya adalah sebagai berikut :

  • Restoran
  • Toilet dan kamar mandi
  • Gazhebo
  • tempat parkir

Pernah ke Puri Mataram?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini

X