Punthuk Setumbu

Spot terbaik untuk menikmati sunrise di dekat Candi Borobudur

Punthuk Setumbu – Jika mendengar nama Kota Magelang maka sudah pasti yang ada di pikiran sobat semua adalah Candi Borobudur, namun ternyata selain candi yang pernah masuk ke dalam 7 keajaiban dunia ini ada lagi destinasi wisata lain di Kota Magelang yang juga memiliki keindahan yang memukau. Lokasinya pun berada tak jauh dari Candi Borobudur, destinasi wisata tersebut adalah Punthuk Setumbu.

Punthuk Setumbu adalah sebuah bukit yang berada di gugusan bukit Menoreh, Bukit ini memiliki ketinggian 400 meter di atas permukaan laut. Bukit yang menjadi spot favorit untuk menikmati sunrise di sekitaran Borobudur ini sangat cocok untuk di datangi sobat semua yang merasa jenuh dengan hiruk pikuk perkotaan, udara segar khas perbukitan ditambah dengan pemandangan yang memukau membuat sobat semua bakalan betah berlama – lama di tempat ini.

Punthuk Setumbu awalnya hanyalah sebuah ladang biasa, lalu semuanya berubah ketika seorang fotografer datang ke tempat ini dan mengabadikan pemandangan indah dari tempat ini. Semenjak foto tersebut viral dan tersebar di berbagai media sosial tempat ini tak pernah sepi pengunjung, wisatawan yang datang dari dalam maupun luar negeri berbondong – bondong datang untuk melihat keindahan sunrise dari tempat ini. Sebelumnya untuk bisa sampai di atas bukit ini sobat semua diharuskan melakukan trekking selama kurang lebih 15 menit, tetapi sobat semua tidak perlu khawatir karena jalur yang akan dilewati selama trekking tidak terlalu sulit.

Ketika sampai di atas bukit, perjalanan trekking di pagi hari selama 15 menit yang lumayan menguras tenaga akan terbayar lunas dengan keindahan yang ada di bukit ini. Tak hanya sunrise, dari bukit ini sobat semua juga dapat melihat kemegahan Candi Borobudur yang diselimuti kabut tipis di pagi hari. Hal tersebut menjadi salah satu keistimewaan dan pembeda Punthuk Setumbu dengan spot – spot sunrise lainnya yang ada di Indonesia, selain Candi Borobudur, dari Punthuk Setumbu sobat semua juga dapat melihat kemegahan Gunung Merbabu dan Gunung Merapi.

Selain melihat keindahan matahari terbit sobat semua juga bisa menikmati kehangatan secangkir teh atau kopi, di area Punthuk Setumbu ini memang terdapat warung – warung yang menyajikan berbagai cemilan serta minuman. Selain warung yang menyediakan berbagai macam cemilan dan minuman, terdapat pula kursi – kursi kayu yang bisa digunakan untuk duduk – duduk sembari menikmati keindahan yang ada.

Bagi sobat semua yang ingin berkunjung ke Punthuk Setumbu, kami sarankan untuk datang sebelum jam 5 pagi, karena menjelang matahari terbit tempat ini akan semakin ramai didatangi wisatawan, selain itu jika datang sebelum jam 5 pagi sobat semua bisa mendapatkan spot terbaik untuk melihat sunrise. Bagi sobat semua yang ingin bermalam di sekitar Punthuk Setumbu, terdapat penginapan serta homestay milik warga setempat dengan harga yang terjangkau.

Ingin berkunjung ke Punthuk Setumbu atau tempat wisata menarik lainnya di Jogja? Yuk pesan paket wisata Jogja di Alodia Tour.

Lokasi Punthuk Setumbu

Lokasi Punthuk Setumbu sendiri tidak terlalu jauh dari Candi Borobudur, akses menuju ke tempat ini juga tidak terlalu sulit, untuk lebih tepatnya lagi Punthuk Setumbu berada di Jl. Borobudur Ngadiharjo KM 4, Kurahan, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

Rute Menuju Punthuk Setumbu

Rute Menuju Punthuk Setumbu juga terbilang cukup mudah, dari Yogyakarta sobat semua bisa langsung menuju ke Candi Borobudur, ketika sampai si Candi Borobudur di samping kawasan Candi Borobudur ini terdapat papan dan petunjuk menuju Hotel Manohara, sobat semua bisa mengikuti petunjuk tersebut dan ketika sampai di Hotel Manohara sobat semua akan menjumpai papan petunjuk menuju ke Punthuk Setumbu, ikuti saja petunjuk tersebut maka sobat semua akan sampai di Punthuk Setumbu, atau jika ragu sobat semua bisa bertanya kepada warga sekitar. Sampai di area parkir Punthuk Setumbu sobat semua masih harus melakukan trekking selama kurang lebih 15 menit, setelah melakukan trekking selama kurang lebih 15 menit sobat semua akan sampai di atas bukit Punthuk Setumbu dan akan disuguhi pemandangan yang memukau.

Harga Tiket dan Parkir Punthuk Setumbu

Harga tiket masuk Punthuk Setumbu sendiri sangat terjangkau, untuk wisatawan domestik hanya dikenakan tarif sebesar Rp. 15.000 saja per orang dan untuk wisatawan asing dikenakan tarif sebesar Rp. 25.000 per orang. Sedangkan untuk biaya parkirnya sepeda motor dikenakan tarif sebesar Rp. 2.000 dan untuk mobil dikenakan tarif sebesar Rp. 5.000. Harga tersebut tentu sangat sebanding dengan apa yang akan sobat semua nikmati selama berada di Punthuk Setumbu.

Fasilitas Punthuk Setumbu

Fasilitas Punthuk Setumbu terbilang sangat lengkap, ketika berada di tempat ini sobat semua akan menjumpai berbagai macam fasilitas seperti:

  • Tempat parkir
  • Toilet umum
  • Mushola
  • Gazebo
  • Gardu pandang
  • Warung makan
  • Camp ground
  • Penginapan

Pernah ke Punthuk Setumbu?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini