himbauan wisata ke Jogja Alodia siap melayani dengan protokol kesehatan

Puncak Widosari

Merasakan kesegaran di atas puncak Kulonprogo

Yogyakarta adalah salah satu wilayah di Indonesia yang mempunyai keindahan alam yang beragam, terutama di daerah Kulon Progo. Di daerah Kulonprogo sudah banyak tempat wisata yang sering dikunjungi oleh para wisatawan. Kawasannya yang tereksplor dengan baik dan banyak destinasi wisata di kawasan ini semakin dilirik untuk dikunjungi oleh pengunjung. Di Kulonprogo terdapat pantai yang indah, berbagai macam gua, air terjun, waduk, puncak, dan perbukitan.

Salah satu puncak yang ada di Kulon Progo adalah Puncak Widosari. Konon katanya Gunung Widosari ini dulunya menjadi tempat pertapaan Pangeran Diponegoro. Destinasi wisata ini sudah dibuka dari tahun 2012, tetapi pada saat itu akses jalan menuju puncak masih berupa jalan tanah yang licin dengan pagar bambu seadanya. Puncak Widosari ini berada di ketinggian sekitar 1.017 mdpl.

Salah satu yang menjadi ciri khas dari Puncak Widosari adalah keberadaan sebongkah batu raksasa yang sangat unik. Bongkahan batu tersebut menjadi daya tarik tersendiri yang membuat pemandangan alam diatas puncak ini semakin unik. Pada saat berada di puncak, pengunjung dapat melihat Gunung Merapi, Gunung Merbabu, sampai bibir pantai laut selatan.

Puncak Widosari sangat cocok untuk para pengunjung yang suka dengan suasana yang tenang dan sejuk. Selain itu puncak ini juga cocok untuk pengunjung yang mempunyai hobi fotografi, karena Puncak Widosari ini menyuguhkan hamparan hijau yang luas yang sangat menakjubkan. Ribuan pohon yang berada di bawah Puncak Widosari ini akan terpampang jelas jika cuaca sedang tidak berembun.

Selain itu para warga sekitar juga mempunyai daya Tarik budaya tersendiri yaitu nyandran dan meti dusun sebelum memasuki bulan ramadhan. Disini pengunjung juga bias menyaksikan sunset maupun sunrise yang indah. Para pengunjung juga dapat menyaksikan gemerlap lampu kota Yogyakarta, Magelang serya Purworejo pada saat malam hari.

Pada saat berada di puncak ini pengunjung harus berhati-hati karena sisi-sisi dari puncak ini terdapat jurang yang sangat dalam. Di Puncak Widosari terdapat gardu pandang atau spot foto yang berada tepat di samping batu raksasa. Pengunjung dapat mengambil foto ddengan latar belakang bongkahan batu maupun pemandangan alam yang indah.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Lokasi Puncak Widosari

Lokasi Puncak Widosari yang ini sangat mudah untuk dijangkau karena jalan atau aksesbilitas dari dan menuju Puncak Widosari ini sudah layak dan bagus. Sampai di parkiran, pengunjung juga harus meniti anak tangga untuk sampai di Puncak Widosari. Namun lokasi Puncak Widosari ini lumayan jauh dari pusat Kota Yogyakarta.

Alamat dari Puncak Widosari tepatnya berada di Dusun Tritis, Desa Ngargosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Puncak Widosari

Rute menuju Puncak Widosari cukup mudah untuk dicapai. Jika anda dari pusat Kota Yogyakarta, ke arah barat di Jalan KH. Ahmad Dahlan, kemudian lurus terus melewati Jalan Wates, sampai di perempatan ke arah utara ke Jalan Ringroaad Barat, lurus terus sampai di perempatan ke arah barat ke Jalan Godean, sampai di perempatan ke arah utara Ke Jalan Gedongan – Tempel, jalan terus sampai di pertigaan ke arah barat melewati Jalan Daratan 3, sampai pertigaan ke arah utara kemudian ke arah barat, lurus terus sampai di pertigaan ke arah selatan ke Jalan Kebon Agung lalu di pertigaan ke arah barat ke Jalan Raya Banjararum, kemudian lurus terus sampai ke Jalan Samigaluh – Loano, kemudian sampai di pertigaan ke arah utara ke Jalan Tegalsari, ikuti terus jalan yang ada hingga anda akan sampai di Puncak Widosari.

Jarak dari Kota Yogyakarta ke Puncak Widosari kurang lebih adalah 38,9 KM dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari pusat Kota Yogyakarta menuju Puncak Widosari sekitar 1 jam 17 menit.

Harga Tiket dan Parkir Puncak Widosari

Harga tiket masuk Puncak Widosari sangat murah, pengunjung hanya dikenakan biaya yaitu Rp 2.000,-/orang.

Sedangkan untuk biaya parkir di Puncak Widosari yaitu Rp 2.000,- untuk motor dan Rp 5.000,- untuk parkir mobil.

Fasilitas Puncak Widosari

Fasilitas Puncak Widosari lumayan lengkap bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi Puncak Widosari, diantaranya adalah:

  1. Toilet umum
  2. Tempat parkir
  3. Musholla
  4. Warung makan
  5. Gazebo
  6. Spot foto
  7. Tempat duduk

Pernah ke Puncak Widosari?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini

X