Puncak Suroloyo

" Melihat pemandangan Candi Borobudur diatas ketinggian yang sangat indah "
{"autoplay":"true","autoplay_speed":"3000","speed":"300","arrows":"true","dots":"true","loop":"true","nav_slide_column":5,"rtl":"false"}

Puncak Suroloyo merupakan puncak yang paling tinggi di Perbukitan Menoreh Yogyakarta. Perbukitan menoreh ini memiliki ketinggian sekitar lebih dari 2000 meter yang membentang di sepanjang kota Yogyakarta dan Jawa Tengah. Di Puncak Suroloyo ini anda dapat melihat pemandangan kota Yogyakarta dari ketinggian. Puncak Suroloyo ini juga memiliki cerita legenda yang menceritakan seorang Raden Mas Rangsang yang mempunyai gelar Sultan Agung Hanyokrokusumo.

Terdapat tiga pendopo atau gardu pandang di Puncak Suroloyo. Pendopo yang pertama yaitu Suroloyo ini berada di paling bawah dari pendopo lainnya. Di pendopo Suroloyo ini anda dapat melihat pemandangan Candi Borobudur yang  indah. Pada pendopo kedua yaitu Pertapaan Sariloyo yang berada di 200 meter ke arah barat.

Di pendopo kedua ini anda dpat melihat pemandangan Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro.  Untuk anda yang ingin pergi ke pendopo ketiga anda harus menaiki tangga sekitar 200 meter. Pendopo ketiga yaitu pendopo Kaendran. Di pendopo ketiga ini anda dapat melihat Pantai Glagah Kulon Progo yang tampak biru.

Dibalik keindahan yang dimiliki Puncak Suroloyo ternyata Puncak Suroloyo memiliki suatu misteri. Yaitu sebuah mitos bahwa Puncak Suroloyo sudah ada sejak dulu dan di puncah tersebut merupaka tampat bekas Raden Mas Rangsang memiliki gelar Sultan Agung Hanyokrokusumo. Di Puncak Suroloyo ini Raden Mas Rangsang melakukan pertapaan setelah dia menerima sebuah wangsit.

Hal itu terdapat di dalam Kitab Cabolek yang ditulis Ngabehi Yasadiputa yang isinya bahwa Mas Rangsang memperoleh wangsit, supaya dia harus berjalan dari Keraton Kotagede ke arah barat. Karena hal itu akhirnya Mas Rangsang mengikuti petunjung tersebut dan berjalan dengan jarak sekiatar 40 km dan setelah itu dia tertidur di Puncak Suroloyo ini. Di dalam tidurnya Raden Mas Rangsang memperoleh wangsit lagi. Di wangsit itu terdapat perintah untuk melakukan tapa di tempat dia berhenti.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Lokasi Puncak Suroloyo

Lokasi obyek wisata alam Puncak Suroloyo mudah dijangkau dan mudah di capai. Lokasi Puncak Suroloyo ini cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta. Lokasi tepatnya berada di Dusun Keceme, Onggosoro, Giritengah, Borobudur, Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Puncak Suroloyo

Rute menuju obyek wisata alam Puncak Suroloyo sangat terjangkau. Jalan yang dilewati juga sudah lumayan layak untuk dilewati, tetapi ada sebagian jalan yang terjal. Jika anda dari pusat 0 km kota Yogyakarta ke barat melewati jl kh ahmad dahlan, lalu lurus terus sampai melewati jl r.e. martadinata lurus terus melewati jl wates sampai ke perempatan ke utara melewati jl siliwangi lurus terus, sampai perempatan belok ke barat melewati jl godean lurus terus, sampai perempatan belok ke utara melewati jl gedongan-tempel, sampai pertigaan belok ke barat melewati jl daratan 3, ikuti jalan tersebut sampai melewati jl raya banjararum sampai perempatan belok ke kanan, lalu sampai pertigaan belok ke kiri melewati jl kepiton lurus terus ikuti jalan melewati jl samigaluh boro, ikuti jalan tersebut sampai melewati jl suroloyo, maka anda akan sampai ke wisata alam Puncak Suroloyo.

Jarak dari pusat Kota Yogyakarta ke Puncak Suroloyo cukup jauh yaitu sekitar 35,6 Kilometer dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari pusat Kota Jogja menuju Puncak Suroloyo sekitar 1 jam 10 menit.

Harga Tiket dan Parkir Puncak Suroloyo

Harga tiket masuk obyek wisata alam Puncak Suroloyo sangat terjangkau dan murah. Jika anda ingin berwisata ke Puncak Suroloyo anda hanya akan dikenakan biaya Rp. 2000 per orang. Dengan harga tersebut anda dapat menikmati dan  melihat pemandangan yang indah di Puncak Suroloyo. Anda juga dapat menyewa jasa ojek rute dari pertigaan Bendo untuk pulang pergi, anda harus membayar biaya sewa sebesar Rp. 50.000.

Sedangkan harga tiket parkir bagi anda yang membawa kendaraan pribadi menuju ke Puncak Suroloyo akan dikenakan biaya Rp. 2000 untuk kendaraan motor dan Rp. 5000 untuk kendaraan mobil.

Fasilitas Puncak Suroloyo

Fasilitas yang terdapat di wisata alam Puncak Suroloyo sudah cukup memadai dan fasilitas tersebut dapat membuat wisatawan yang berkunjung merasa nyaman, fasilitas diantaranya:

  1. Adanya toilet
  2. Terdapat warung-warung makanan dan minuman
  3. Terdapat vila atau homestay