Puncak Kuda Sembrani

Menelusuri keindahan pemandangan dari ketinggian di Kulon Progo

Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan wisata budaya, kuliner serta wisata pantainya, tetapi Yogyakarta juga memiliki puncak bukit yang unik dan indah. Salah satu kabupaten yang tidak pernah sepi dari munculnya potensi wisata alam yang baru adalah Kabupaten Kulonprogo. Di daerah Kulon Progo banyak sekali destinasi wisata yang sangat indah dan wajib untuk dikunjungi para wisatawan, salah satu nya yaitu Puncak Kuda Sembrani.

Puncak Kuda Sembrani ini merupakan objek wisata alam yang terdiri dalam kawasan hutan asri di Kulon Progo. Di Puncak Kuda Sembrani para pengunjung akan merasakan hawa yang sejuk serta udara yang masih bersih. Pengunjung juga dapat melihat pemandangan hijau alami yang bisa menyegarkan mata. Di kawasan wisata Kalibiru memiliki keindahan spot foto dengan latar belakang Waduk Sermo.

Sedangkan di Puncak Sembrani ini juga memiliki spot foto dengan latar belakang hamparan luas persawahan dan juga pepohonan yang masih rindang nan asri. Wisata Puncak Kuda Sembrani ini sudah lumayan cukup terkenal sehingga tidak hanya ramai pada saat akhir pekan tetapi ramai juga pada hari-hari biasa.

Wisata ini juga menjadi incaran para fotografer untuk mengabadikan sunset, mereka rela berlama lama di puncak ini dari siang hingga sore hanya karna ingin mengabadikan keindahan Puncak Kuda Sembrani dengan dua pemandangan sisi yang berbeda. Puncak Kuda Sembrani ini juga sering dipakai untuk melakukan foro prewedding karena lokasi nya yang indah.

Gardu pandang yang ada disini langsung memanjakan mata para pengunjung dengan pemandangan hijau nya. Puncak Kuda Sembrani ini juga merupakan pilihan wisata yang terbaik bagi para pengunjung yang merasa penat dengan pekerjaan dan sibuknya aktivitas di kota. Wisata Puncak Kuda Sembrani ini juga sangat cocok untuk para pengunjung yang suka dengan berpetualang atau tracking di tempat tempat yang menantang. Di puncak ini pengunjung akan memacu adrenalin karena medan yang cukup sulit untuk dijangkau.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Lokasi Puncak Kuda Sembrani

Lokasi Puncak Kuda Sembrani yang ini sangat mudah untuk dijangkau karena jalan atau aksesbilitas dari dan menuju Puncak Kuda Sembrani ini sudah layak dan bagus. Namun lokasi Puncak Kuda Sembrani ini lumayan jauh dari pusat Kota Yogyakarta.

Alamat dari Puncak Kuda Sembrani tepatnya berada di Desa Banjarasri, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Puncak Kuda Sembrani

Rute menuju Puncak Kuda Sembrani cukup mudah untuk dicapai. Jika anda dari pusat Kota Yogyakarta, ke arah barat di Jalan KH. Ahmad Dahlan, kemudian lurus terus melewati Jalan Wates, sampai di perempatan ke arah utara ke Jalan Ringroaad Barat, lurus terus sampai di perempatan ke arah barat ke Jalan Godean, sampai di perempatan ke arah utara Ke Jalan Gedongan – Tempel, jalan terus sampai di pertigaan ke arah barat melewati Jalan Daratan 3, sampai pertigaan ke arah utara kemudian ke arah barat, lurus terus sampai di pertigaan ke arah selatan ke Jalan Kebon Agung lalu di pertigaan ke arah barat ke Jalan Raya Banjararum, kemudian sampai di perempatan belok ke arah utara menuju Jalan Nanggulan Mendut, sampai di pertigaan ke arah barat ke Jalan Kepiton, kemudian di pertigaan kea rah barat mengikuti jalan yang ada hingga anda akan sampai di Puncak Kuda Sembrani.

Jarak dari Kota Yogyakarta ke Puncak Kuda Sembrani kurang lebih adalah 26,4 KM dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari pusat Kota Yogyakarta menuju Puncak Kuda Sembrani sekitar 1 jam.

Harga Tiket dan Parkir Puncak Kuda Sembrani

Untuk memasuki kawasan wisata Puncak Kuda Sembrani ini pengunjung dapat memberikan biaya seikhlasnya untuk pengembangan lokasi wisata.

Sedangkan untuk parkir di Puncak Kuda Sembrani pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp 2.000 untuk Sepeda Motor dan Rp 5.000 untuk Mobil.

Fasilitas Puncak Kuda Sembrani

Fasilitas yang ada di Puncak Kuda Sembrani ini sudah cukup lengkap karena wisata alam ini dikelola dengan baik oleh pihak pengelola, Fasilitas yang dapat digunakan oleh para pengunjung diantaranya adalah:

  1. Toilet umum
  2. Spot Foto
  3. Tempat Parkir
  4. Warung makan
  5. Kantor Informasi

Pernah ke Puncak Kuda Sembrani?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini