himbauan wisata ke Jogja Alodia siap melayani dengan protokol kesehatan

Puncak Gunung Lanang

Menikmati sunrise di puncak Kulon Progo

Yogyakarta adalah salah satu wilayah di Indonesia yang mempunyai keindahan alam yang beragam, terutama di daerah Kulon Progo. Di daerah Kulonprogo sudah banyak tempat wisata yang sering dikunjungi oleh para wisatawan. Kawasannya yang tereksplor dengan baik dan banyak destinasi wisata di kawasan ini semakin dilirik untuk dikunjungi oleh pengunjung. Di Kulonprogo terdapat pantai yang indah, berbagai macam gua, air terjun, waduk, puncak, dan perbukitan.

Salah satu puncak yang ada di Kulon Progo adalah Puncak Gunung Lanang. Di Kulon Progo ini sendiri terdapat dua gunung yang sama yaitu Gunung Lanang yang berada dekat dengan Pantai Glagah atau biasa disebut sebagai Astana Lingga dan juga Gunung Lanang yang akan dibahas yang berada di perbukitan Menoreh.

Kawasan Puncak Gunung Lanang ini dulunya dijadikan sebagai tempat bertapa Kyai Lanang dan Nyi Rantam Sari. Goa yang digunakan untuk bertapa tersebut sampai sekarang masih digunakan oleh masyarakat sekitar untuk bersemedi. Tempat persemedian Kyai Lanang berada di dekat puncak gunung sedangkan untuk bersemedi Nyi Rantam Sari berada di bawah puncak tersebut. Konon mitosnya jika ada yang bersemedi di dalam salah satu goa tersebut dengan membawa Gula Jawa atau Gula Merah dan jika gula tersebut dapat menyala jika terbakar dengan korek api, maka orang yang bersemedi tersebut konon akan mendapatkan kesaktian.

Dari puncak tempat ini, pengunjung dapat melihat samar-samar deburan ombak Samudra Hindia yang berada di sebelah selatan. Untuk dapat menikmati pemandangan tersebut, pengunjung memang harus menaiki banyak anak tangga. Untuk mencapai puncak di Gunung Lanang ini, pengunjung harus trekking menapaki jalan setapak kira-kira jauhnya 150 meter. Pengunjung juga harus berhati-hati karena jalan setapak yang akan dilewati juga cukup terjal sehingga membutuhkan konsentrasi yang ekstra.

Jika pengunjung datang pada pagi atau sore hari, pengunjung dapat menyaksikan indahnya sunrise dan sunset dari puncak gunung. Selain itu juga pengunjung dapat  menyaksikan Kota Wates dari atas serta indahnya beberapa gunung seperti Gunung Merapi dan Gunung Merbabu dengan jelas. Dipuncak Gunung Lanang ini juga telah disediakan sebanyak tiga titik gardu pandang untuk spot foto mengabadikan momen bersama teman atau keluarga, dan tempat menikmati pemandangan alam yang indah.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Lokasi Puncak Gunung Lanang

Lokasi Puncak Gunung Lanang yang ini sangat mudah untuk dijangkau karena jalan atau aksesbilitas dari dan menuju Puncak Gunung Lanang ini sudah layak dan bagus. Namun lokasi Puncak Gunung Lanang ini lumayan jauh dari pusat Kota Yogyakarta.

Alamat dari Puncak Gunung Lanang ini tepatnya berada di Dusun Sibolong, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Puncak Gunung Lanang

Rute menuju Puncak Gunung Lanang cukup mudah untuk dicapai. Jika anda dari pusat Kota Yogyakarta, ke arah barat di Jalan KH. Ahmad Dahlan menuju Jalan Wates, sampai di perempatan ke arah utara ke Jalan Ringroad Barat, lurus terus sampai di perempatan ke arah barat menuju Jalan Godean, lurus terus sampai di perempatan ke arah barat ke Jalan Raya Ps. Kenteng, lurus terus ke Jalan Watu Murah, jalan terus sampai ke Jalan Raya Kaligesing. Jika sudah berada di Jalan Raya Kaligesing, ikuti terus jalan yang ada hingga anda akan sampai di Puncak Gunung Lanang.

Jarak dari Kota Jogja ke Puncak Gunung Lanang kurang lebih adalah 29,5 KM dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari Kota Jogja menuju Puncak Gunung Lanang sekitar 56 menit.

Harga Tiket dan Parkir Puncak Gunung Lanang

Harga tiket masuk Puncak Gunung Lanang terbilang sangat murah yaitu hanya Rp 3.000,-/orang pengunjung sudah dapat menikmati pemandangan yang indah di Puncak terebut.

Sedangkan untuk biaya parkir di Puncak Gunung Lanang yaitu Rp 2.000,- untuk sepeda motor dan Rp 5.000,- untuk mobil.

Fasilitas Puncak Gunung Lanang

Fasilitas Puncak Gunung Lanang sudah lumayan lengkap bagi para wisatawan yang ingin pergi ke tempat ini, diantaranya adalah:

  1. Kamar mandi
  2. Tempat parkir yang luas
  3. Warung makan dan minum
  4. Gazebo
  5. Spot foto

Pernah ke Puncak Gunung Lanang?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini

X