himbauan wisata ke Jogja Alodia siap melayani dengan protokol kesehatan

Puncak Dipowono

Menikmati sunset dan berfoto ria dengan latar belakang waduk sermo

Puncak Dipowono merupakan sebuah tempat wisata alam yang bernuansa pegunungan. Wisata alam yang berada di Jl Clereng Tamanan Kulon Progo ini sudah banyak pengunjung pada hari biasa maupun pada hari liburan. Puncak Dipowono menawarkan pemandangan yang sangat indah dan menarik untuk dikunjungi. Tempat wisata ini sangat cocok untuk menghabiskan waktu liburan. Suasana di Puncak Dipowono juga sangat sejuk dan nyaman.

Di Puncak Dipowono anda juga dapat menikmati hamparan perbukitan menoreh dari ketinggian. Jika anda melihat ke arah selatan maka anda juga dapat melihat keindahan waduk sermo yang dikelilingi hutan. Jika anda melihat lebih jauh lagi kamu dapat menikmati hamparan pantai dan laut selatan. Selain itu anda juga bisa berfoto ria diatas pohon dengan background kota wates dan waduk sermo. Dan pada sore hari anda dapat menikmati sunset di atas ketinggian. Dahulu obyek wisata Puncak Dipowono hanyalah sebuah hutan yang tandus dan akhirnya warga setempat mempunyai ide untuk menjadikan lahan tersebut menjadi obyek wisata yang sangat indah.

Di Puncak Dipowono juga terdapat gardu pandang. Gardu Pandang tersebut sering digunakan wisatawan untuk melihat sunset serta berfoto ria. Berfoto di gardu pandang tersebut sangatlah indah karena latar belakang pemandangan alam yang juga indah. Terdapat beberapa macam bentuk gardu pandangnya, mulai dari bentuk biasa sampai ke bentuk menyerupai perahu.

Puncak Dipowono ini baru diresmikan beberapa saat yang lalu oleh bupati kulon progo. Sekilas obyek wisata ini hampir mirip dengan wisata kalibiru. Dan terletak pada satu wilayah kelurahan yang sama, kedua obyek wisata tersebut sama-sama memiliki spot dengan latar belakang waduk sermo. Untuk membuat obyek wisata ini berkembang, kelompok hutan kemasyarakatan sido akur bekerja sama dengan warga setempat sebagai pengelola obyek wisata Puncak Dipowono untuk melengkapi fasilitas dengan berbagai wahana seperti yang ada di wisata Kalibiru, seperti flying fox dan tempat untuk outbond. Di Puncak Dipowono juga dapat dijadikan sebagai tempat untuk camping.

Sebaiknya sebelum anda ke Puncak Dipowono pastikan cuacanya terlebih dahulu. Anda juga perlu menyiapkan keperluan yang anda butuhkan seperti bekal, air minum dan lainnya. Dan juga siapkan fisik dan kendaraan anda supaya perjalanan anda lancar serta jaga kondisi diri dan selalu berhati-hati.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Lokasi Puncak Dipowono

Lokasi wisata Puncak Dipowono sudah sangat terjangkau karena jalan menuju wisata alam tersebut sudah bagus dan layak untuk dilewati dan mudah ditemukan, tetapi masih ada jalan yang diperbaiki dan menanjak. Alamat tepat Puncak Dipowono yaitu berada di Jl. Clereng Tamanan KM. 6, Desa Hargowilis, Kokap, Clapar 2, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Puncak Dipowono

Rute menuju tempat wisata Puncak Dipowono cukup mudah. Jika anda dapi pusat 0 km kota Jogjakarta ke barat melewati jl kh ahmad dahlan lurus terus menuju jl Yogyakarta–Wates, sampai di perempatan ke arah selatan melewati Jembatan Gamping, lalu ke barat melewati jl Ringroad Barat kemudian melanjutkan perjalanan sampai ke jl Yogyakarta–Wates, lalu ke selatan melewati jl Wates–Purworejo, kemudian ke arah barat melewati jl Sentolo–Brosot, lalu ke arah utara melewati Jembatan Ngelo, jl terus sampai di pertigaan belok ke arah barat menuju jl Pengasih jalan terus sampai melewati jl jembatan clereng dan jl dipowono, ikuti jl tersebut maka anda akan sampai ke tempat wisata Puncak Dipowono.

Jarak dari pusat kota Yogyakarta ke Wisata Puncak Dipowono lumayan jauh yaitu sekitar 32,59 kilometer dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari Kota Jogja menuju Puncak Dipowono sekitar 1 jam 6 menit.

Harga Tiket dan Parkir Puncak Dipowono

Harga tiket masuk untuk menikmati keindahan alam di Pucak Dipowono cukup murah, wisatawan hanya akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 12.000/orang

Sedangkan untuk biaya parkir wisatawan akan dikenakann biaya Rp. 2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5000 untuk mobil.

Fasilitas Puncak Dipowono

Fasilitas yang ada di Puncak Dipowono sekarang cukup lengkap dan pastinya dapat membuat pengunjung merasa nyaman diantaranya:

  1. Kamar mandi/toilet
  2. Mushola
  3. Tempat istirahat
  4. Warung makanan dan minuman
  5. Gazebo
  6. Area parkir luas
  7. Free wifi

Pernah ke Puncak Dipowono?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini

X