himbauan wisata ke Jogja Alodia siap melayani dengan protokol kesehatan

Puncak Bukit Cendana

Menyaksikan sunrise dan juga waduk sermo di ketinggian Kulon Progo

Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan wisata budaya, kuliner serta wisata pantainya, tetapi Yogyakarta juga memiliki air terjun hingga puncak bukit yang unik dan indah. Salah satu kabupaten yang tidak pernah sepi dari munculnya potensi wisata alam yang baru adalah Kabupaten Kulon Progo. Di daerah Kulon Progo banyak sekali destinasi wisata yang sangat indah dan wajib untuk dikunjungi para wisatawan, salah satu nya yaitu Puncak Bukit Cendana.

Puncak Bukit Cendana ini baru dikembangkan oleh pemda sekitar sejak Januari 2017. Di sekitar objek wisata ini ditumbuhi pohon cendana yang banyak sehingga dinamakan Bukit Cendana. Seperti Destinasi Wisata Kalibiru, wisata Bukit Cendana juga menawarkan pemandangan Waduk Sermo dari ketinggian. Tetapi, kali ini para pengunjung akan diajak untuk melihat Waduk Sermo dari sisi yang berbeda.

Wisata ini termasuk baru di kalangan traveller, karena masih banyak yang belum mengetahui keberadaan dari tempat ini. Bukit Cendana mempunyai beberapa spot foto yang dapat dikunjungi untuk memperoleh foto dari panorama perbukitan dan Waduk Sermo yang ada dibawahnya. Bukit Cendana menawarkan kesejukan dan ketenangan bagi pengunjung yang pertama kali ke tempat ini. Pohon-pohon dan rerumputan yang ada di Puncak Bukit Cendana ini lebih banyak dibandingkan dengan kawasan wisata Kalibiru.

Sehingga jika para pengunjung berkunjung pada siang hari, maka tidak akan merasakan panas. Tempat ini juga sangat pas dikunjungi pada pagi hari sebelum matahari terbit maupun sore hari menjelang senja, karena panorama sunrise dan sunset dari perbukitan menoreh menjadi spot yang paling ditunggu oleh banyak pengunjung untuk mengabadikannya. Puncak Bukit Cendana menjadi salah satu spot foto yang menarik dengan latar belakang hijaunya perbukitan dan luasnya Waduk Sermo.

Tetapi tidak itu saja, saat senja datang pengunjung dapat menikmati matahari yang mulai kembali ke perpaduan dengan pantulan senja dari Waduk Sermo dan langit yang perlahan mulai gelap. Untuk datang ke destinasi wisata ini pengunjung harus tetap menjaga kebersihan dan kelestarian di sekitar.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Lokasi Puncak Bukit Cendana

Lokasi Puncak Bukit Cendana ini sudah termasuk mudah serta cukup aman untuk dijangkau oleh para pengunjung karena jalan untuk menuju ke Puncak Bukit Cendana ini sudah bagus dan layak untuk dilewati. Untuk mencapai puncak bukit, pengunjung harus berjalan lagi sekitar 5 – 10 menit dari parkiran. Namun lokasi Puncak Bukit Cendana ini cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta.

Alamat Puncak Bukit Cendana ini tepatnya berada di Dusun Tegiti 2, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Puncak Bukit Cendana

Rute menuju Puncak Bukit Cendana ini sangat mudah untuk dijangkau. Jika anda dari pusat kota Yogyakarta ke arah barat menuju Jalan KH. Ahmad Dahlan, lalu melanjutkan perjalanan melewati Jalan Wates, sampai di pertigaan ke arah selatan melewati Jalan Ringroad Barat, kemudian sampai di perempatan ke arah barat ke Jalan Sentolo – Brosot, lalu sampai di pertigaan ke arah barat ke Jalan Pengasih – Sentolo, lurus terus menuju Jalan Pengasih – Sermo, kemudian sampai di perempatan ke arah selatan ke Jalan Sermo – Kokap, lurus terus lalu belok tajam ke arah utara ke Jalan Sermo – Girimulyo, jika sudah berada di Jalan Sermo – Girimulyo ikuti terus jalan yang ada hingga anda akan sampai di Puncak Bukit Cendana.

Jarak dari pusat kota Yogyakarta ke Puncak Bukit Cendana lumayan jauh yaitu sekitar 36,1 kilometer dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari Kota Jogja menuju Puncak Bukit Cendana sekitar 1 Jam 10 menit.

Harga Tiket dan Parkir Puncak Bukit Cendana

Harga tiket masuk Puncak Bukit Cendana terbilang cukup murah, pengunjung hanya dikenakan biaya sekitar Rp 5.000,-/orang. Harga tersebut sudah menjadi standar untuk memasuki tempat wisata di Kulonprogo.

Sedangkan untuk biaya parkir di Puncak Bukit Cendana yaitu Rp 2.000,- untuk sepeda motor dan Rp 5.000,- untuk parkir mobil.

Fasilitas Puncak Bukit Cendana

Fasilitas di Puncak Bukit Cendana ini memang belum cukup lengkap bagi para pengunjung yang ingin pergi ke Puncak Bukit Cendana, diantaranya adalah:

  1. Tempat parkir
  2. Warung makan
  3. Gardu pandang

 

Pernah ke Puncak Bukit Cendana?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini

X