Puncak Becici

menikmati senja dengan angin segar di daerah Bantul

Di Yogyakarta banyak sekali wisata alam yang terkenal dari Pantai Parangtritis, Kalibiru, Goa cerme, dan lainnya. Salah satu wisata alam yang dapat dikunjungi di Yogyakarta adalah Puncak Becici. Wisata alam ini memiliki hutan pinus seluas 4,4 hektar dengan alamnya yang masih alami dan hijau, udara yang masih segar dan hawa sejuk yang belum tercemar oleh polusi.

Nama Beicici berasal dari gabungan kata “ambeg’ yang mempunyai arti berdiam diri dan kata suci, dua kata tersebut merujuk pada cerita turun temurun yang dipercayai masyarakat setempat. Cerita tersebut tentang putra pendiri Desa Muntuk yang bertapa di bukit barat hutan pinus dan kemudian dia ingin disemayamkan di bukit yang sama ketika meninggal dunia.

Para pengunjung juga dapat merasakan ketenangan ditengah-tengah hutan pinus dan juga dapat memandangi keindahan alam dari gardu pandang. Yang terkenal dari Puncak Becici ini adalah panoramanya yang tak kalah indah dari Kali biru. Pengunjung dapat melihat deretan pohon hijau yang tumbuh dengan rapat dari ketinggian dengan latar belakang Gunung Merbabu dan Gunung Merapi.

Banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan disini, yang pertama adalah bagi para pemburu sunset. Para pengunjung dapat melihat sinar matahari senja yang menyapu puncak gunung, garis pantai selatan hingga pucuk-pucuk pepohonan. Pemandangan yang berlangsung singkat ini sangat sayang jika dilewatkan ketika berada di Puncak Becici. Di Puncak Becici ini juga sudah disediakan camping ground yang cukup luas bagi pengunjung yang ingin merasakan pengalaman camping yang seru.

Kegiatan yang lainnya adalah bermain ayunan di kawasan Puncak Becici. Para pengelola sudah menyediakan ayunan yang dapat digunakan oleh para pengunjung. Pengunjung juga dapat menyewa hammock yang telah disediakan oleh pengelola. Hammock yang disewa dapat digunakan untuk merelaksasi dan terapi dengan cara tiduran diatas hammock sembari berselaras dengan alam. Para pengunjung juga dapat memanfaatkan keeksotisan pohon pinus yang berada di Puncak Becici untuk mengabadikan momen bersama.

Banyak sekali spot foto yang ada disini terlebih lagi ketika sunset tiba, dengan background warna jingga dari pancaran matahari yang akan tenggelam membuat foto yang diambil sangat indah. Selain itu Puncak becici juga biasa digunakan untuk pemrotetan model sampai foto pre wedding karena alamnya yang indah. kawasan Puncak Becici ini dikelola oleh para warga setempat secara swadaya. Warga setempat secara gotong-royong mambangun fasilitas sederhana seperti lokasi parkir kendaraan, pemerataan jalan masuk, hingga tempat istirahat pengunjung.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Lokasi Puncak Becici

Lokasi Puncak Becici ini sudah lumayan mudah untuk dijangkau karena jalan menuju wisata alam tersebut sudah bagus, layak, dan aman untuk dilewati. Pada saat sampai di Parkiran pengunjung akan melanjutkan perjalanan menelusuri jalan setapak tanah kecil untuk sampai ke tengah hutan pinus yang masih alami.

Alamat dari Puncak Becici ini tepatnya berada diDusun Gunung Cilik, Desa Gunung Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta dan wilayahnya masuk dalam RPH (Resort Pengelolaan Hutan) Mangunan, wilayah kerja Dishutbun Provinsi Yogyakarta.

Rute Menuju Puncak Becici

Rute menuju Puncak Becici ini sangat mudah dijangkau. Jika anda dari pusat Kota Yogyakarta, ke arah Timur menuju Jalan Pangurakan, kemudian ke arah selatan melewati Jalan Brigjend Katamso, lurus terus sampai di perempatan ke arah timur menuju Jalan Kolonel Sugiyono, sampai di pertigaan ke arah selatan melewati Jalan Sisingamangaraja, lurus terus ke Jalan Imogiri Barat, sampai di pertigaan ke arah timur menuju Jalan Dewa Ruci, lalu lusur terus melewati Jalan Kaloran, sampai di pertigaan ke arah selatan ke Jalan Imogiri Timur, lurus terus sampai di perempatan ke arah timur ke Jalan Jejeran – Pleret, jalan terus di Jalan Jejeran – Pleret sampai di pertigaan ke arah selatan melewati jalan Pleret, sampai di pertigaan ke arah timur ke Jalan Segoroyoso, lurus terus ke Jalan Pleret – Pathuk, lurus terus sampai di perempatan ke arah selatan di Jalan Dlingo –  Patuk. ikuti terus jalan yang ada hingga anda akan sampai di Puncak Becici.

Jarak dari pusat kota Yogyakarta ke Puncak Becici lumayan jauh yaitu sekitar 22,7 kilometer dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari Kota Jogja menuju Puncak Becici sekitar 50 menit.

Harga Tiket dan Parkir Puncak Becici

Harga tiket masuk Puncak Becici terbilang sangat murah yaitu Rp 2.500,-/orang.

Sedangkan untuk biaya parkir di Puncak Becici yaitu:

  1. Sepeda Motor : Rp 2.000
  2. Mobil : Rp 5.000
  3. Bus : Rp 20.000

Fasilitas Puncak Becici

Fasilitas Puncak Becici ini sudah lumayan lengkap bagi para pengunjung yang ingin pergi ke Puncak Becici, fasilitas yang tersedia diantaranya adalah:

  1. Outbond
  2. Parkir
  3. Spot Foto
  4. Mushola
  5. Gardu Pandang
  6. Toilet
  7. Gazebo
  8. Camping Ground

Pernah ke Puncak Becici?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini