Perpustakaan Grhatama Pustaka

Perpustakaan terbesar di Asia Tenggara dengan fasilitas modern yang membuat belajar menjadi menyenangkan dan terasa seperti rekreasi

Perpustakaan Grhatama Pustaka – Yogyakarta dikenal sebagai kota wisata, budaya, dan pendidikan di Indonesia. Berbagai tempat wisata baik itu wisata alam dan budaya sangat mudah dijumpai di kota yang terletak di pulau Jawa bagian selatan ini. Dalam bidang pendidikan pun tidak kalah eloknya, karena berbagai Universitas berdiri di daerah ini, sehingga banyak menjadi rujukan anak-anak Indonesia untuk mengambil sarjana.

Yogyakarta memang dianugerahi oleh alam yang indah dan warisan budayanya yang luar biasa sehingga mampu mendongkrak sektor pariwisata menjadi tujuan wisata domestik nomor 1 di Indonesia. Namun bagaimana di sektor pendidikan? Apakah dengan berdirinya ratusan perguruan tinggi di DI Yogyakarta lantas Pemerintah Daerah tidak mengembangkannya?

Ternyata baru-baru ini Pemerintah DI Yogyakarta sangat serius untuk mengembangkan Yogyakarta sebagai pusat pendidikan. Ini dibuktikan dengan dibangunnya Grhatama Pustaka yang merupakan sebuah perpustakaan modern terbesar di Asia Tenggara. Nah kali ini Alodia Tour berkolaborasi dengan Loker Jakarta (JakartaKerja.com) akan mengulas habis bagaimana serunya perpustakaan ini, yuk kita simak bersama!

Sebagai perpustakaan yang terbesar di Asia Tenggara, Grhatama Pustaka dibangun diatas lahan seluas 2.5 hektar di daerah Banguntapan, Bantul yang langsung berbatasan dengan kotamadya Yogyakarta.

Perpustakaan ini mempunyai bentuk bangunan unik yang didasarkan pada filosofi bangunan Jawa namun dengan tambahan arsitekur modern. Dari kejauahan anda akan langsung tertarik melihat 4 minaret atau menara yang menjulang tinggi di atas bangunan utama perustakaan.

Ternyata 4 minaret ini didasarkan pada filosofi manusia sempurna Jawa yaitu diantaranya Prakoso, Wulung, Wangi, dan Agung. Filosofi Jawa yang diambil pada arsitektur perpustakaan ini sangat tepat untuk menggambarkan agar sarana perpustakaan ini sebagai tempat untuk menambah ilmu dan pengetahuan sehingga menjadi manusia yang lebih unggul.

Untuk disekitar bangunan utama anda akan menjumpai taman dengan rumput hijau yang cukup luas disertai dengan beberapa Gazebo yang bisa dijadikan sarana untuk diskusi ataupun belajar di ruangan terbuka.

Gedung perpustakaan yang diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono ke-10 ini diberi nama Grhatama Pustaka yang artinya adalah tempat menyimpan pustaka. Hal ini lantaran perpustakaan ini menyimpan ribuan buku baru maupun langka yang sudah tidak dicetak lagi. Selain itu tidak hanya terbatas buku saja, namun anda akan menjumpai versi bacaan digital sehingga bisa diakses di semua perangkat digital.

Grhatama Pustaka yang digadang-gadang sebagai perpustakaan terbesar di Asia Tenggara ini mempunyai 3 lantai utama dengan bagian tengah terdapat balkon yang dibuat asri dengan 1 pohon besar di tengahnya dan dikelilingi oleh banyak tempat duduk dan karpet rumput sehingga membuat bagian tengah dari ruangan ini terasa nyaman. Apalagi bagian tengah ini langsung diterangi oleh langit tanpa ada batas penutupnya, sehingga suasana alami semakin terasa.

Menilik ke dalam bagian Grhatama Pustaka ini mempunyai berbagai macam ruangan yang peruntukannya berbeda-beda. Berikut ini Alodia Tour jelaskan ruangan dari masing-masing lantai yang ada di Grhatama Pustaka:

Lantai 1

  • Ruangan koleksi kanak-kanak
  • Ruangan bermain Anak
  • Ruangan musik Anak
  • Ruangan dongeng Anak
  • Ruangan pemutaran film Bioskop/Cinema 6D

Lantai 2

  • Ruangan Keanggotaan Perpustakaan
  • Ruangan Bebas Pustaka
  • Ruangan Informasi & Customer Service
  • Ruangan Koleksi Braile
  • Ruangan Koleksi umum
  • Ruangan Koleksi Referensi umum

Lantai 3

  • Ruangan Koleksi digital
  • Ruangan Koleksi langka, kamus & ensiklopedia
  • Ruangan Koleksi majalah & koran
  • Ruangan Koleksi tandon/penyimpanan bahan pustaka
  • Ruangan Koleksi peraturan perundangan
  • Ruangan Koleksi deposit
  • Ruangan Koleksi skripsi
  • Ruangan pemutaran film di Ruang Audio visual

Apabila dilihat dari daftar ruangan diatas, maka bisa disebut Perpustakaan Grhatama Pustaka ini cukup lengkap koleksi maupun fasilitasnya. Pada lantai 1 difokuskan ruangan-ruangan untuk anak dan ada bioskop 6D yang membuat perpustakaan ini terasa modern sekali.

Kemudian jika anda beranjak ke lantai 2, anda akan menemukan berbagai koleksi buku dengan berbagai disiplin ilmu. Untuk memasuki ruang koleksi, maka anda diharuskan untuk mencopot alas kaki karena ruangan memiliki alas karpet yang nyaman, sehingga anda bisa baca dimana saja di sekitar ruangan.

Bahkan di lantai 2 ini anda akan menemukan ruangan khusus buku braile, yang dikhususkan untuk para penyandang disabilitas tuna netra. Jadi semua orang bisa membaca di gedung perpustakaan megah ini.

Lalu jika kita naik ke lantai 3, anda akan menemukan berbagai buku langka yang sudah tidak ditemukan di pasar. Selain itu juga di lantai ini anda akan menemukan koleksi digital.

Perpustakaan Grhatama Pustaka memang tidak dikonsep sebagai perpustakaan pada umumnya, yang hanya sebagai tempat menyimpan buku dan membaca. Namun Grhatama Pustaka lebih dari itu, perpustakaan modern ini dikonsep sebagai tempat pendidikan, rekreasi, penelitian, dan pelestarian. Disini anda akan menemukan berbagai fasilitas yang akan menunjang semangat belajar anda.

Perpustakaan Grhatama Pustaka sangat cocok bagi anda yang ingin menambah ilmu pengetahuan, ruang diskusi, ataupun sebagai tempat mencari internet gratis.

Yuk rasakan pengalaman berkunjung ke perpustakaan yang berbeda dari biasanya dengan bantuan Alodia Tour yang merupakan biro jasa paket wisata Jogja yang terpecaya 😊

Lokasi Perpustakaan Grhatama Pustaka

Lokasi Perpustakaan Grhatama Pustaka sangat dekat dengan pusat kota Yogyakarta walaupun secara administratif, perpustakaan ini masuk wilayah Kabupaten Bantul.

Lokasi Perpustakaan Grhatama Pustaka yaitu terletak di Jl. Janti, Wonocatur, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55198

Rute Menuju Perpustakaan Grhatama Pustaka

Rute menuju Perpustakaan Grhatama Pustaka sangat mudah diakses dari pusat kota Yogyakarta. Apabila anda sedang berada di perempatan titik nol kilometer Yogyakarta maka anda tinggal mengambil arah timur lurus terus sejauh sekitar 5 kilometer kemudian belok kiri menuju Jln. Janti.

Sapai di pertigaan yang ada pohon beringin anda kemudian belok kanan dan tinggal lurus sedikit untuk mencapai perpustakaan Grhatama Pustaka. Lokasi perpustakaan ini berada di sampai Jogja Expo Center (JEC) yang sering digunakan sebagai tempat pameran terbesar di DI Yogyakarta.

Harga Tiket dan Parkir Perpustakaan Grhatama Pustaka

Harga tiket untuk masuk Perpustakaan Grhatama Pustaka adalah gratis dan anda juga tidak dibebankan biaya parkir untuk kendaraan roda dua ataupun roda empat anda. Namun alangkah baiknya anda mendaftar terlebih dahulu sebagai anggota dengan persyaratan yang mudah yaitu cukup menyerahkan KTM atau KTP (domisili DI Yogyakarta) sehingga anda bisa mulai meminjam buku.

Fasilitas Perpustakaan Grhatama Pustaka

Fasilitas Perpustakaan Grhatama Pustaka bisa dibilang sangat lengkap dengan hadirnya berbagai macam ruangan-ruangan yang memiliki peruntukan tersendiri seperti yang dijelaskan pada bagian depan artikel ini.

Fasilitas Perpustakaan Grhatama Pustaka secara garis besar diantaranya adalah:

  • Tersedianya ruangan baca yang sangat nyaman yang menyediakan ribuan koleksi buku dari berbagai macam disiplin ilmu, buku braile, sampai dengan buku-buku untuk anak
  • Tersedianya buku-buku langka yang tidak anda temukan di pasaran karena sudah tidak dicetak kembali
  • Ruangan baca luar ruangan seperti Gazebo ataupun taman
  • Ruangan bioskop 6D
  • Ruangan diskusi dan seminar
  • Ruang audio visual
  • Ruang bermain anak
  • Internet Wi-Fi gratis
  • Loker untuk menyimpan barang pribadi
  • Musala

Pernah ke Perpustakaan Grhatama Pustaka?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini