Pantai Wediombo

Menikmati keindahan laguna di pantai selatan Jawa

Pantai Wediombo – Kabupaten Gunungkidul dikenal sebagai salah satu daerah yang memiliki banyak sekali destinasi wisata yang menarik, dan salah satu wisata andalan dari Kabupaten Gunungkidul adalah pantai.

Terdapat banyak sekali pantai yang tersebar diberbagai daerah di Gunungkidul, setiap pantainya memiliki keindahan serta keunikan masing – masing. Dari sekian banyak pantai yang ada di Gunungkidul, ada satu pantai yang cukup menarik untuk dikunjungi, tentu saja hal tersebut dikarenakan daya tarik yang dimiliki oleh pantai tersebut yang membuat wisatawan tertarik untuk berkunjung ke pantai tersebut. Tak ingin membuat sobat semua semakin penasaran maka pantai yang dimaksud adalah Pantai Wediombo, ya Pantai Wediombo merupakan satu dari sekian banyak pantai di Gunungkidul yang memiliki keindahan yang sayang untuk dilewatkan.

Sejak beberapa tahun terakhir ini Pantai Wediombo memang menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Gunungkidul, daya tarik yang dimiliki pantai ini mampu memikat para wisatawan untuk berbondong – bondong mengunjungi pantai yang terkenal akan LAGUNA nya ini.

Sebelumnya bagi sobat semua yang belum tahu apa itu laguna, laguna merupakan cekungan yang cukup besar yang dihimpit oleh batuan karang dan bentuknya menyerupai kolam alami, dan hal lain yang perlu sobat semua ketahui adalah tidak semua pantai memiliki laguna seperti yang ada di Pantai Wediombo ini sehingga keberadaannya benar – benar menjadi daya tarik utama bagi pantai ini.

Sebagai gambaran saja laguna yang ada di Pantai Wediombo ini memiliki kedalaman setinggi dada orang dewasa dengan air jernih berwarna ke biru – biruan khas pantai Gunungkidul, selain itu meskipun pantai selatan dikenal memiliki ombak yang cukup ganas tetapi laguna di Pantai Wediombo ini cukup aman digunakan untuk berenang karena lokasinya yang dihimpit oleh bebatuan karang yang berfungsi memecah ombak yang menerjang laguna tersebut.

Selain keberadaan laguna yang menjadi daya tarik utama dari pantai ini, adanya pasir putih khas Pantai Gunungkidul juga semakin menambah keindahan dari Pantai Wediombo. Ya, sebagian besar pantai yang ada di Gunungkidul memang dikenal akan keindahan pasir putihnya. Seperti di Pantai Wediombo ini sobat semua bisa bermain pasir putih sembari menikmati jernihnya air laut Wediombo, hal tersebut bisa menjadi alternatif bagi sobat semua yang tidak berenang di laguna, dan bagi yang ingin menikmati keindahan Pantai Wediombo tanpa berbasah – basahan maka bisa bersantai dipinggiran pantai sembari menikmati segarnya air kelapa muda.

Daya tarik lain yang tak kalah menarik dari tempat ini adalah ketika sore hari sobat semua dapat melihat matahari yang mulai menyembunyikan sinarnya. Puas bermain air tak ada salahnya sobat semua mencoba berbagai macam jenis olahan makanan di warung – warung yang ada disekitar pantai ini.

Ingin berkunjung ke pantai Wediombo atau tempat wisata menarik lainnya di Jogja? Yuk pesan paket wisata Jogja di Alodia Tour.

Lokasi Pantai Wediombo

Lokasi Pantai Wediombo sendiri cukup mudah untuk dijangkau, akses jalan menuju ke pantai ini juga terbilang cukup baik, tetapi ketika sampai disana sobat semua harus berjalan sekitar 200 meter dari parkiran menuju bibir pantai dengan menuruni beberapa anak tangga. Untuk lebih tepatnya lagi Pantai Wediombo berada di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Wediombo

Rute menuju Pantai Wediombo juga terbilang cukup mudah, dari pusat Kota Yogyakarta sobat semua bisa menuju ke jalan Wonosari lalu ikuti jalan tersebut sampai ke Wonosari, selanjutnya setelah sampai di Wonosari sobat semua bisa menuju ke Pasar Argosari Wonosari Gunungkidul lalu lurus ke timur untuk sampai di pertigaan.

Di pertigaan tersebut sobat semua silahkan ambil arah kanan menuju jalan Baron lalu lurus saja ikuti jalan aspal tersebut sampai anda bertemu dengan pertigaan dan plakat menuju Pantai Wediombo & Pantai Indrayanti, selanjutnya ikuti saja jalan tersebut sekitar 15 km untuk sampai di Pasar Jepitu, setelah sampai di Pasar Jepitu silahkan ambil arah kanan lalu ikuti jalan tersebut untuk sampai di Pantai Wediombo.

Jika dihitung dari pusat Kota Yogyakarta jarak Pantai Wediombo memang terbilang cukup jauh yaitu sekitar 75 km dan memakan waktu tempuh sekitar 2 jam 15 menit, namun perjalanan panjang nan melelahkan yang sobat semua lewati akan terbayar tuntas sesampainya di Pantai Wediombo.

Harga Tiket dan Parkir Pantai Wediombo

Harga tiket masuk Pantai Wediombo juga terbilang cukup terjangkau, sobat semua hanya dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000 saja. Sedangkan untuk tarif parkirnya roda dua dikenakan tarif sebesar Rp. 3.000 dan roda empat sebesar Rp. 5.000. Harga tersebut tentu terbilang sangat murah dengan apa yang akan sobat semua dapat ketika berada di Pantai Wediombo.

Fasilitas Pantai Wediombo

Fasilitas Pantai Wediombo ini juga terbilang cukup lengkap, di pantai ini sobat semua akan menemukan berbagai macam fasilitas yang telah disediakan oleh pengelola seperti :

  • Tempat parkir
  • Toilet umum
  • Warung makan
  • Mushola
  • Penginapan
  • Papan informasi

Pernah ke Pantai Wediombo?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini