Pantai Watu Lumbung

Menikmati pantai karang yang ada di Gunung Kidul.

Gunungkidul sering dikatakan surganya pantai di Provinsi daerah Istimewa Yogyakarta. Pasalnya daerah ini memiliki deretan pantai yang indah. Mulai dari pantai yang sudah terkenal seperti Pantai indrayanti, Pantai Siung, maupun Pantai Baron, baru baru ini mulai banyak pantai yang dibuka untuk wisata. Salah satunya adalah Pantai Watu Lumbung yang belum terkenal tetapi mempunyai potensi keindahan yang sangat luar biasa.

Pesona keindahan yang ditawarkan oleh Pantai Watu Lumbung ini sangat unik karena di pantai ini pengunjung dapat melihat dau buah batu besar yang letaknya berada di area tengah pantai. Pantai Watu Lumbung ini memiliki karakter dan juga ciri khas yang sangat mirip dengan Pantai Papuma yang terletak di daerah Jember, Jawa Timur. Namun perbedaan yang cukup mencolok dari kedua pantai ini terletak di bentuk batuannya.

Masyarakat di sekitar pantai ini menyebut sebagai batu di tengah pantai atau batu lumbung yang disebabkan dengan bentuk dari bebatuan tersebut yang menyerupai sebuah lumbung. Batu yang paling besar di Pantai Watu Lumbung ini memiliki bentuk seperti lumbung untuk menyimpan padi, hal tersebut yang menjadikan nama pantai ini sebagai Pantai Watu Lumbung. Watu Lumbung ini letaknya sedikit menjorok 50 meter dari bibir pantai, jika air laut surut dan memungkinkan pengunjung dapat menyebrang dan melihat-lihat dengan dekat.

Pada bagian atas pantai terdapat tumbuhan hijau liar yang menjadikan batu karang terasa sejuk meskipun cuaca panas. Dan pada sebagian daratan pantai ini akan terlihat tenggelam pada waktu air laut sedang naik. Bagi pengunjung yang memiliki hobi memancing, disini pengunjung dapat memancing sambil menikmati alam laut yang luas dengan suasana yang cukup sepi. Suasana yang sepi ini juga dapat memberi kesempatan oleh pengunjung untuk menjauh dari sibuknya perkotaan.

Ada banyak kegiatan yang dilakukan disini selain memancing, salah satunya yaitu mengambil foto dengan latar belakang bebatuan di tengah laut tersebut. Namun pengunjung harus tetap harap berhati hati agar tidak mendekati spot yang berbahaya apalagi ketika air laut pasang. Disini para pengunjung juga dapat bercamping dan bersantai sembari menikmati keindahan di sekitar pemandangan alam di pantai ini. Ketika senja Pantai Watu Lumbung ini menjadi tempat yang pas untuk menikmati keindahan sunset dengan warna emas dari sinar matahari ketika hendak tenggelam.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Lokasi Pantai Watu Lumbung

Lokasi Pantai Watu Lumbung ini sudah termasuk bagus dan mudah untuk ditempuh oleh para pengunjung menuju Pantai Watu Lumbung. Namun lokasi Pantai Watu Lumbung ini cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta.

Alamat Pantai Watu Lumbung tepatnya berada di Desa Balong, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Watu Lumbung

Rute menuju Pantai Watu Lumbung ini sangat mudah untuk dijangkau. Jika anda dari pusat Kota Yogyakarta ke arah timur melewati Jalan KH. Ahmad Dahlan menuju Jalan Panembahan Senopati 9, sampai di perempatan ke arah selatan melewati Jalan Brigjen Katamso, lalu lurut terus sampai di perempatan kearah timur melewati Jalan Kolonel Sugiyono, sampai di pertigaan ke arah selatan melewati Jalan Sisingamangaraja, kemudian lurus terus menuju Jalan Imogiri Barat, sampai di pertigaan ke arah timur melewati Jalan bakulan Imogiri, sampai dipertigaan ke arah barat melewati Jalan Imogiri Siluk lalu jalan terus melewati Jalan Siluk Panggang, lalu jalan terus mengikuti Jalan Siluk Panggang, lalu sampai di pertigaan ke arah timur melewati Jalan Raya Panggang Wonosari, lalu jalan terus menuju Jalan Pantai Sel. Jawa, kemudian sampai di pertigaan ke arah selatan ke Jalan Pantai Siung, , terus lurus di Jalan Pantai Siung menuju Jalan Pantai Watu Lumbung, ikuti terus Jalan Pantai Watu Lumbung hingga anda akan sampai di Pantai Watu Lumbung.

Jarak dari pusat Kota Yogyakarta ke Pantai Watu Lumbung cukup jauh yaitu sekitar 82 Kilometer dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari pusat Koya Jogja menuju Pantai Watu Lumbung sekitar 2 jam 23 menit.

Harga Tiket dan Parkir Pantai Watu Lumbung

Harga tiket retribusi masuk ke Pantai Watu Lumbung relatif terjangkau, pengunjung hanya dikenakan biaya RP 5.000/orang. Harga tersebut sudah termasuk harga standar untuk memasuki kawasan pantai di Gunung Kidul.

Sedangkan untuk biaya parkir di Pantai Watu Lumbung pengunjung dikenakan biaya yaitu Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Fasilitas Pantai Watu Lumbung

Fasilitas yang ada di Pantai Watu Lumbung ini masih belum lengkap, hanya ada warung kecil dan juga toilet umum, jadi beberapa pengunjung yang lain menyediakan sendiri apa yang ingin dibawa, begitu juga bekal yang akan dimakan pada saat berada disana.

Pernah ke Pantai Watu Lumbung?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini