Pantai Watu Lawang

Menikmati keindahan pantai yang masih tersembunyi di daerah Gunungkidul

Gunungkidul sering dikatakan surganya pantai di Provinsi daerah Istimewa Yogyakarta. Pasalnya daerah ini memiliki deretan pantai yang indah. Mulai dari pantai yang sudah terkenal seperti Pantai indrayanti, Pantai Siung, maupun Pantai Baron, baru baru ini mulai banyak pantai yang dibuka untuk wisata. Salah satunya adalah Pantai Watu Lawang yang diapit oleh dua pantai yaitu Pantai Indrayanti yang berada di sebelah barat dan Pantai Pok Tunggal yang berada di sebelah timur.

Pantai Watu Lawang ini mempunyai pesona keindahan bebatuan karang yang berpadu dengan pasir putih yang bersih. Pantai ini dinamakan Pantai Watu lawang karena terdapat gua batu yang digunakan oleh masyarakat untuk upacara adat sadranan atau biasa yang disebut dengan upacara nyandran (upacara adat yang dilaksanakan pada bulan Sya’ban dalam kalender Islam). Kata watu lawang diambil dari Bahasa Jawa dengan kata ‘watu’ berarti batu dan ‘lawang’ yang berarti pintu, jadi ‘watu lawang’ berarti batu yang mirip dengan pintu, pintu batu tersebut hanya terbuka dan dapat dimasuki oleh orang banyak pada upacara adat nyandran itu saja.

Menurut masyarakat sekitar goa tersebut merupakan bekas jejak dari Prabu Brawijaya VI. Pantai Watu Lawang terbagi menjadi dua yaitu sebelah barat goa terdapat area pantai yang tidak terlalu luas sedangkan di sebelah timur goa terdapat area pantai yang cukup luas. Di pantai ini pengunjung dapat melihat cekungan-cekungan batu karang yang hanya bisa dijumpai di pantai ini saja, di cekungan tersebut terdapat ikan ikan kecil yang cantik. Pantai Watu Lawang juga dapat digunakan untuk aktivitas camping karena memiliki dataran yang bisa digunakan untuk mendirikan tenda, tetapi untuk peralatan camping perlu di persiapkan sendiri karena disini belum tersedia tempat persewaan.

Diatas batu karang juga terdapat gazebo atau gardu pandang yang mengarah ke laut yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk memandangi lautan. Biasanya gazebo ini digunakan pengunjung untuk berfoto, namun tidak hanya di gazeboa tetapi juga di jembatan bambu. Pengunjung perlu berhati-hati jika ingin menyebrang ke karang atau gazebo tersebut karena ombak yang besar dapat membahayakan keselamatan. Selain itu melihat sunset dan sunrise di pantai ini juga menjadi favorit bagi para pengunjung karena pemandangan alam tersebut sangat indah.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Lokasi Pantai Watu Lawang

Lokasi Pantai Watu Lawang ini sangat mudah untuk dijangkau dan dilewati karena jalan atau aksesbilitas dari dan menuju Pantai Samas ini sudah layak dan bagus. Namun lokasi Pantai Watu Lawang ini sangat jauh dari pusat Kota Yogyakarta.

Alamat dari Pantai Watu Lawang tepatnya berada di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Watu Lawang

Rute menuju Pantai Watu Lawang ini sangat mudah untuk dijangkau. Jika anda dari pusat Kota Yogyakarta ke arah timur melewati Jalan KH. Ahmad Dahlan menuju Jalan Panembahan Senopati 9, sampai di perempatan ke arah selatan melewati Jalan Brigjen Katamso, lalu lurus terus sampai di perempatan kearah timur melewati Jalan Kolonel Sugiyono, sampai di pertigaan ke arah selatan melewati Jalan Sisingamangaraja, kemudian lurus terus menuju Jalan Imogiri Barat, sampai di pertigaan ke arah timur melewati Jalan bakulan Imogiri, sampai dipertigaan ke arah barat melewati Jalan Imogiri Siluk lalu jalan terus melewati Jalan Siluk Panggang, lalu jalan terus mengikuti Jalan Siluk Panggang, lalu sampai di pertigaan ke arah timur melewati Jalan Raya Panggang Wonosari, lalu jalan terus menuju Jalan Pantai Sel. Jawa, lurus terus tetap berada di Jalan Pantai Sel. Jawa, sampai di pertigaan ke arah timur ke Jalan Trenggale Watulawang, ikuti terus jalan yang ada hingga anda akan sampai di Pantai Watu Lawang.

Jarak dari pusat Kota Yogyakarta ke Pantai Watu Lawang kurang lebih adalah 66,4 KM dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari pusat Kota menuju Pantai Watu Lawang sekitar 1 jam 51 menit.

Harga Tiket dan Parkir Pantai Watu Lawang

Harga tiket masuk Pantai Watu Lawang ini murah yaitu Rp 10.000,-/orang. Dengan tiket masuk tersebut pengunjung juga dapat menikmati pantai pantai lainya seperti Pantai Indrayanti, Pantai Pok Tunggal, Pantai Kukup dan lainnya. Harga tiket ini sudah menjadi standar untuk memasuki kawasan pantai di daerah Gunungkidul.

Sedangkan untuk biaya parkir di Pantai Watu Lawang yaitu Rp 5.000,- untuk sepeda motor dan Rp 10.000,- untuk parkir mobil.

Fasilitas Pantai Watu Lawang

Fasilitas Pantai Watu Lawang sudah cukup lengkap bagi para wisatawan yang ingin pergi ke Pantai Watu Lawang, diantaranya adalah:

  1. Warung makan
  2. Kamar mandi
  3. Tempat parkir
  4. Gazebo
  5. Musholla

Pernah ke Pantai Watu Lawang?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini