himbauan wisata ke Jogja Alodia siap melayani dengan protokol kesehatan

Pantai Sundak

Menikmati keindahan pantai dengan batu karang yang unik

Pantai Sundak merupakan salah satu pantai indah yang berada di Gunung Kidul tepatnya di dekat Pantai Indrayanti. Pantai ini berpasir putih dan memilii air yang masih bersih, bening, dan menyegarkan. Tetapi ombak di Pantai Sundak ini sangat besar, jadi jika anda ingin bermain air di Pantai Sundak diharapkan untuk berhati-hati. Selain bermain air anda juga bisa berjalan-jalan di tepi pantai sambil menikmati keindahan pantai ini. Jika anda berjalan di tepi pantai sampai sejauh 40 meter anda akan menemukan batu-batu karang kecil berjajar dan batu-batu karang tersebut adalah tempat persembunyian hewan-hewan laut yang kecil, tetapi harus tetap berhati-hati karena batu karang tersebut begitu tajam.

Di sebelah utara Pantai Sundak terdapat beberapa bukit batu karang dan batu kapur dengan tinggi sekitar 12 meter. Yang menjadi pemandangan yang indah di kawasan Pantai Sundak ini. Dan dari beberapa batu karang tersebut salah satunya terdapat sebuah lorong atau goa, dan dapat untuk dimasukki. Pantai ini juga sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga dengan berfoto ria.

Di sekitar pantai ini juga terdapat batu-batu karang kecil dan batu karang berbentuk payun, serta terdapat bukit yang menjadi pemisah antara Pantai Sundak dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Gunung kidul. Di pantai ini juga disediakan area untuk camping.

Menurut sejarahnya dulu sekitar tahun 1930, batu karang yang terdapat gua tersebut awalnya  masih terendam air laut. Bahkan, air laut tersebut meluas sanpai ke wilayah masjid dekat pantai ini. Semakin berjalannya waktu, terjadi perubahan struktur pantai selatan yang menyebabkan pemukaan laut dan airnya menyusut.

Pantai Sundak ini memiliki fenomena alam yang unik. Ketika tiba musim hujan volume air menjadi besar dan muncul air yang mengalir ke lautan. Oleh karena itu, daratan di sebelah timur pantai ini menjadi seperti terbelah dan membentuk sebuah sungai. Air lautan tersebut mengalir di sungai dan membelah pasir. Dan ketika musim kemarau tiba, belahan pasir itu menghilang. Keunikan tersebut yang menjadikan Pantai Sundak juga dikenal dengan nama Pantai Wedibedah.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Lokasi Pantai Sundak

Lokasi Pantai Sundak sudah cukup aman untuk dijangkau karena jalan menuju Pantai Sundak sudah cukup layak untuk dilewati, tetapi ada sebagian jalan yang masih naik turun dan berbelok-belok. Jadi jika Anda ingin mengunjungi Pantai Sundak diharapkan untuk berhati-hati. Lokasi tepat Pantai Sundak yaitu berada di Sidoharjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Sundak

Rute menuju Pantai Sundak ini sudah cukup mudah dijangkau. Jika Anda dari pusat Kota Jogja ke selatan melewati jl mayor suryotomo jalan terus, sampai melewati jl brigjen katamso sampai ke perempatan ke arah timur melewati jl kolonel sugiono, kemudian jalan terus sampai ke pertigaan ke selatan melewati jl sisingamangaraja lurus terus melewati jl imogiri barat sampai ke pertigaan ke timur melewati jl bakulan imogiri ikuti terus jalan tersebut sampai melewati jl imogiri siluk jalan terus menuju jl siluk panggang lurus melewati jl raya panggang wonosari, lalu melewati jl pantai sel jawa ikuti jalan tersebut kemudian Anda akan sampai ke Pantai Sundak.

Jarak dari pusat Kota Jogjakarta ke wisata Pantai Sundak cukup jauh yaitu sekitar 65,3 kilometer dan waktu tempuh untuk kendaraan bermotor dari pusat Kota Jogja ke Pantai Sundak sekitar 1 jam 46 menit.

Harga Tiket dan Parkir Pantai Sundak

Harga tiket masuk ke Pantai Sundak cukup murah. Jika anda berkunjung ke Pantai Sundak anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 5000/orang saat weekday dan Rp. 6000/orang saat weekend. Dan jika Anda ingin menyewa gazebo akan dikenakan biaya sekitar Rp. 10.000 sampai Rp. 20.000.

Sedangkan untuk biaya parkir pengunjung dikenakan biaya Rp. 2000 untuk sepeda motor dan Rp. 5000 untuk mobil.

Fasilitas Pantai Sundak

Fasilitas yang ada di Pantai Sundak sudah cukup memadai dan pastinya membuat pengunjung merasa nyaman fasilitas diantaranya:

  1. Area parkir luas
  2. Mushola
  3. Kamar mandi/Toilet
  4. Terdapat gazebo untuk bersantai
  5. Kamar ganti

Pernah ke Pantai Sundak?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini

X