Pantai Slili

Menikmati keindahan pantai di bawah laut dengan bersnorkling

Yogyakarta memiliki banyak destinasi wisata yang indah dan menarik. Salah satunya yaitu wisata pantai yang ada di Gunung Kidul. Pantai Gunung Kidul yang akan kita bahas yaitu Pantai Slili. Pantai Slili ini terletak di Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Pantai ini berdekatan dengan pantai lainnya yaitu Pantai Sandranan dan Pantai Krakal yang dipisahkan oleh dua bukit. Pantai Slili ini memiliki luas sekitar 100 m persegi, walaupun ukuran pantai ini masih kecil dan belum banyak pengunjung, tetapi selalu ada pengunjung yang datang berkunjung ke pantai ini untuk menikmati keindahan pantai mungil ini.

Pantai Slili menawarkan snorkling sebagai daya tariknya, karena  berada di dekat Pantai Sadranan maka pantai ini juda dapat menjadi tempat untuk snorkling. Penyewaan alat untuk snorkling di pantai ini tidak begitu mahal. Dengan bersnokling di pantai ini anda dapat menikmati keindahan bawah laut.

Pantai Slili memiliki nama lain yaitu Pantai Watu Lawang dan Slili Love. Diberi nama Pantai Watu Lawang karena di area pantai yang jaraknya sekitar 500 meter dari Pantai Sundak yang terdapat sebuah pulau kecil yang biasa disebut bukit karang yang pada bagian bawahnya terdapat sebuah lubang berbentuk menyerupai pintu.

Sedangkan nama Slili Love diberikan karena di pantai ini terdapat hiasan yang dibentuk dari bunga plastik berbentuk hati yang melambangkan sebuah cinta dengan bagian tengahnya terdapat tulisan Slili Beach. Hiasan ini yang biasanya menjadi spot foto pengunjung. Di pantai ini juga terdapat pohon sakura yang biasanya dijadikan sebagai spot foto.

Aktivitas yang dapat anda lakukan di pantai ini yaitu: anda dapat menikmati suasana pantai ini dengan bermain air di pinggir pantai, bermain pasir, berfoto ria, membeli makanan laut dan minuman di warung pantai ini, dan anda dapat sekedar bersantai di atas gazebo yang telah disediakan oleh penglola pantai.

Aktivitas lainnya yaitu anda bisa melakukan tracking di Pantai Slili dengan mendaki bukit yang memisahkan Pantai Slili dan Pantai Krakal. Anda juga dapat menaiki Bukit Kobengan yang berada di sebelah timur pantai. Dari atas bukit tersebut anda dapat melihat seluruh pemandangan pantai diari ketinggian.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Lokasi Pantai Slili

Lokasi Pantai Slili cukup mudah dijangkau karena jalan menuju obyek wisata pantai sudah bagus dan sudah layak untuk dilewati. Alamat tepatnya berada di Jalan Pantai Krakal, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Slili

Rute menuju Pantai Slili ini sangat mudah untuk dijangkau. Jika anda dari pusat Kota Yogyakarta ke arah timur melewati Jl Panembahan Senopati , sampai di perempatan ke arah selatan melewati Jl Brigjen Katamso, lalu lurus terus sampai di perempatan kearah timur melewati jl Kolonel Sugiyono, sampai di pertigaan ke arah selatan melewati jl Sisingamangaraja, kemudian lurus terus menuju jl Imogiri Barat, sampai di pertigaan ke arah timur melewati jl bakulan Imogiri, sampai dipertigaan ke arah barat melewati jl Imogiri Siluk lalu jalan terus melewati jl Siluk Panggang, lalu jalan terus mengikuti jl Siluk Panggang, lalu sampai di pertigaan ke arah timur melewati jl Raya Panggang Wonosari, lalu jalan terus menuju Jalan Pantai Sel.Jawa, ikuti jalan tersebut maka Anda akan sampai ke Pantai Slili.

Jarak yang ditemuh dari pusat kota Jogja ke Pantai Slili cukup jauh yaitu sekitar 64,6 kilometer dan waktu tempuh kendaraan normal roda dua dari pusat Kota Jogja ke Pantai Slili sekitar 1 jam 42 menit.

Harga Tiket dan Parkir Pantai Slili

Harga tiket untuk masuk ke obyek wisata Pantai Slili cukup murah wisatawan hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 dan harga tersebut termasuk harga tiket masuk ke pantai yang ada disekitarnya.

Sedangakan untuk harga parkir yaitu: Rp 2000 untuk sepeda motor, Rp 5000 untuk mobil dan Rp 15.000 untuk bus.

Fasilitas Pantai Slili

Fasilitas yang ada di Pantai Slili saat ini sudah cukup lengkap dan pastinya dapat membuat wisatawan merasa nyaman, diantaranya:

  1. Kamar mandi atau WC
  2. Mushola
  3. Gazebo
  4. Warung makanan dan minuman
  5. Penyewaan alat snorkling
  6. Penyewaan penginapan
  7. Area parkir luas

 

Pernah ke Pantai Slili?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini