Pantai Seruni

Menikmati keindahan pantai dengan air terjun tawar di Gunungkidul

Nama Pantai Seruni ini di ambil dari nama sebuah bunga, yaitu Bunga Seruni atau yang biasa disebut dengan istilah lain Chrysanthemun/Chrysous yang mempunyai arti emas. Dengan kata lain, pantai ini mempunyai keindahan seperti emas dan menjadi tambang emas bagi para penduduk setempat untuk mengais rejeki dari berjualan sampai menyediakan jasa penyewaan lainnya. Pantai ini memiliki suasana yang masih alami dan sepi, maka dari itu Pantai Seruni sangat menarik untuk dikunjungi wisatawan terutama untuk pengunjung yang ingin berlibur tanpa keramaian.

Kondisi di pantai ini masih lumayan bersih karena sedikitnya pengunjung yang menjadikan salah satu pilihan alternatif berwisata di Pantai Gunungkidul. Salah satu pesona Pantai Seruni adalah keberadaan air terjun atau lebih tepatnya disebut gemercik air pada musim penghujan dan juga hamparan pasir putih sekitar 500 meter. Air terjun tawar ini terdapat beberapa celah batu yang dipasangkan pipa-pipa pralon untuk kebutuhan air bersih. Air tawar yang keluar dari celah-celah batu tersebut cukup membantu warga yang membutuhkan air bersih.

Pada waktu dan musim tertentu, ombak laut di Pantai Seruni terlihat besar dan mencapai sebagian area pasir pantai. Dasar karang pantai yang biasanya akan terlihat saat ombak sedang tenang atau surut tampak tenggelam oleh gelombang air laut. Pengunjung dilarang berenang di laut ataupun karena cukup berbahaya. Pantai ini mempunyai pemandangan dan suasana yang indah, tenang dan eksotis. Biasanya pengunjung berfoto foto di dekat bibir pantai karena latar belakang yang cantik menambah keindahan foto tersebut.

Selain berfoto-foto pengunjung juga dapat bermain air di pantai tetapi harus berhati hati karena ombak yang besar sangat berbahaya sewaktu waktu dapat menyeret pengunjung. Pengunjung juga bisa bermain air terjun yang keluar dari tebing. Selain itu pengunjung juga dapat menikmati pemandangan yang indah di pantai ini dari bawah tebing atau di bawah pohon yang berada di pantai ini. Pada saat sore hari pengunjung dapat menyaksikan senja yang indah di laut lepas.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Lokasi Pantai Seruni

Lokasi Pantai Seruni ini sudah termasuk bagus dan mudah untuk ditempuh oleh para pengunjung menuju Pantai Seruni. Namun masih ada jalan yang terjal sebelum sampai ke pantainya. Selama perjalanan menuju ke Pantai Seruni pengunjung dapat melihat pemandangan berupa persawahan.

Alamat Pantai Seruni tepatnya berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Seruni

Rute menuju Pantai Seruni ini sangat mudah untuk dijangkau. Jika anda dari pusat Kota Yogyakarta ke arah timur melewati Jalan KH. Ahmad Dahlan menuju Jalan Panembahan Senopati 9, sampai di perempatan ke arah selatan melewati Jalan Brigjen Katamso, lalu lurut terus sampai di perempatan kearah timur melewati Jalan Kolonel Sugiyono, sampai di pertigaan ke arah selatan melewati Jalan Sisingamangaraja, kemudian lurus terus menuju Jalan Imogiri Barat, sampai di pertigaan ke arah timur melewati Jalan bakulan Imogiri, sampai dipertigaan ke arah barat melewati Jalan Imogiri Siluk lalu jalan terus melewati Jalan Siluk Panggang, lalu jalan terus mengikuti Jalan Siluk Panggang, lalu sampai di pertigaan ke arah timur melewati Jalan Raya Panggang Wonosari, lalu jalan terus menuju Jalan Pantai Sel.Jawa, kemudian sampai di pertigaan ke arah selatan melewati Jalan Pok Tunggal, kemudian sampai pertigaan ke arah timur menuju Jalan Pantai Seruni, ikuti terus jalan yang ada hingga anda akan sampai di Pantai Seruni.

Jarak dari pusat Kota Yogyakarta ke Pantai Seruni cukup jauh yaitu sekitar 69,3 Kilometer dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari pusat Kota Jogja menuju Pantai Pok Tunggal sekitar 1 jam 54 menit.

Harga Tiket dan Parkir Pantai Seruni

Harga tiket retribusi masuk ke Pantai Seruni relatif terjangkau, pengunjung hanya dikenakan biaya RP 10.000,- perangkat orangnya. Dan juga harga tersebut sudah termasuk biaya restribusi ke wisata pantai lainnya, seperti Pantai Krakal, Pantai Baron, Dan Pantai Pok Tunggal.

Sedangkan untuk biaya parkir di Pantai Seruni yaitu Rp 5.000,- untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Fasilitas Pantai Seruni

Fasilitas di Pantai Seruni masih minim bagi para pengunjung yang berminat datang ke Pantai Seruni ini, diantaranya adalah:

  1. Kamar mandi
  2. Warung Makan
  3. Musholla
  4. Tempat parkir yang luas

Pernah ke Pantai Seruni?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini