Pantai Sarangan

" Memandangi keindahan pantai yang diapit oleh dua bukit "
{"autoplay":"true","autoplay_speed":"3000","speed":"300","arrows":"true","dots":"true","loop":"true","nav_slide_column":5,"rtl":"false"}

Di daerah Istimewa Yogyakarta yang mempunyai banyak tempat wisata adalah Gunung Kidul. Di daerah ini terdapat banyak sekali pantai yang indah. Salah satu pantai yang terkenal di Gunung Kidul adalah Pantai Sarangan. Pantai Sarangan ini mempunyai bentuk sedikit melengkung dengan garis pantai yang pendek. Garis tersebut kurang lebih hanya 200 meter. Pantai Sarangan memiliki keindahan dengan kanan dan kiri pantai seperti tebing, sehingga semakin menambah indah pemandangannya.

Pantai ini bias dibilang tidak terlalu ramai pengunjung, tetapi juga tidak terlalu sepi oleh pengunjung. Karakteristik dari pantainya pun mirip dengan Pantai Krakal dengan pasir putih bersih serta bebatuan di pinggir pantai yang biasanya digunakan untuk bermain air dan mencari ikan-ikan kecil. Jika dibandingkan dengan Pantai Baron dan Pantai Krakal, Gelombang air laut di Pantai Sarangan tidak terlalu besar.

Dengan gelombang air laut yang tidak terlalu besar tersebut, Pantai ini lumayan aman untuk para pengunjung berenang di tepi pantai, maupun sekedar bermain air bersama dengan teman teman. Pada saat Pantai Sarangan surut, para pengunjung dapat melihat dengan jelas di sekitar pantai terdapat karang karang yang berserakan dan juga ikan kecil yang cantik.

Maka dari itu pada saat berenang para pengunjung harus berhati-hati agar tidak terkena benturan karang yang keras atau tajam. Untuk menikmati pemandangan sunset maupun sunrise, para pengunjung harus ke Puncak Bukut Giri atau Bukit Jujugan. Pantai Sarangan ini diapit oleh dua bukit tersebut yang cukup tinggi dan juga ditumbuhi oleh tumbuhan liar.

Dari Bukit Giri para pengunjung dapat menikmati keindahan beberapa pantai lainnya seperti Pantai Krakal dan Pantai Sundak. Sedangkan dari Bukit Jujugan, selain menyaksikan pemandangan yang indah para pengunjung juga dapat memancing dari pinggir tebing karangnya. Selain menjadi tempat yang memiliki air pantai yang jernih, pantai ini juga biasa dijadikan untuk area camping bersama teman teman lainnya. Tetapi yang perlu diingat oleh para pengunjung adalah sebaiknya tetap menjaga kebersihan pantai dan tidak merusak alam sekitar.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Lokasi Pantai Sarangan

Lokasi Pantai Sarangan ini sudah termasuk bagus dan mudah untuk ditempuh oleh para pengunjung menuju Pantai Sarangan. Namun lokasi Pantai Sarangan ini cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta.

Alamat Pantai Sarangan tepatnya berada di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Sarangan

Rute menuju Pantai Sarangan ini sangat mudah untuk dijangkau. Jika anda dari pusat Kota Yogyakarta ke arah timur melewati Jalan KH. Ahmad Dahlan menuju Jalan Panembahan Senopati 9, sampai di perempatan ke arah selatan melewati Jalan Brigjen Katamso, lalu lurut terus sampai di perempatan kearah timur melewati Jalan Kolonel Sugiyono, sampai di pertigaan ke arah selatan melewati Jalan Sisingamangaraja, kemudian lurus terus menuju Jalan Imogiri Barat, sampai di pertigaan ke arah timur melewati Jalan bakulan Imogiri, sampai dipertigaan ke arah barat melewati Jalan Imogiri Siluk lalu jalan terus melewati Jalan Siluk Panggang, lalu jalan terus mengikuti Jalan Siluk Panggang, lalu sampai di pertigaan ke arah timur melewati Jalan Raya Panggang Wonosari, lalu jalan terus menuju Jalan Pantai Sel.Jawa, kemudian ke arah selatan ke Jalan Pantai Krakal, ikuti terus jalan yang ada hingga anda akan sampai di Pantai Sarangan.

Jarak dari pusat Kota Yogyakarta ke Pantai Sarangan cukup jauh yaitu sekitar 63,8 Kilometer dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari pusat Kota Yogyakarta menuju Pantai Sarangan sekitar 1 jam 42 menit.

Harga Tiket dan Parkir Pantai Sarangan

Harga tiket retribusi masuk ke Pantai Sarangan relatif terjangkau, pengunjung hanya dikenakan biaya RP 10.000/orang. Dan juga harga tersebut sudah termasuk tiket masuk ke wisata pantai lainnya yang berdekatan dengan Pantai Sarangan yaitu Pantai Baron, Pantai Pok Tunggal dan lainnya.

Sedangkan untuk biaya parkir di Pantai Sarangan yaitu:

  1. Sepeda Motor : Rp 3000
  2. Mobil : Rp 5000
  3. Minibus : Rp 15000

Fasilitas Pantai Sarangan

Fasilitas di Pantai Sarangan sudah lumayan lengkap bagi para pengunjung yang berminat datang ke Pantai Sarangan ini, diantaranya adalah:

  1. Warung makan
  2. Toilet umum
  3. Gazebo
  4. Area Camping
  5. Penginapan
  6. Tempat parkir yang luas
  7. Tempat ibadah