himbauan wisata ke Jogja Alodia siap melayani dengan protokol kesehatan

Pantai Sadranan

Menikmati indahnya laut dengan ber-snorkeling di Pantai Gunung Kidul

Di Daerah Istimewa Yogyakarta yang mempunyai banyak tempat wisata adalah Gunung Kidul. di daerah ini terdapat banyak sekali pantai yang indah. Salah satu pantai yang terkenal di Gunung Kidul adalah Pantai Sadranan. Nama Pantai Sadranan ini berasal dari kata ‘nyandran’ yang berarti ritual sedekah laut sebagai ungkapan rasa syukur atas rezeki yang telah didapatkan kepada Sang Pencipta. Nyandran adalah salah satu bentuk cara manusia untuk mengingat kuasa-Nya melalui ciptaan-Nya.

Pantai ini memiliki karakteristik yang sama dengan pantai pantai lainnya yang ada di daerah Gunung Kidul, yaitu di pinggir pantai terdapat karang dan memiliki pasir putih yang mendominasi. Ombak yang dihasilkan oleh pantai ini tidak terlalu besar seperti pantai pantai yang lainnya mungkin disebabkan oleh garis pantai yang tidak terlalu panjang.

Bagi pengunjung yang tertarik untuk mengenal dunia bawah air, di pantai ini sudah terdapat tempat penyewaan alat-alat snorkeling. Ombak di bibir pantai ini tidak terlalu besar oleh karena itu snorkeling di tempat wisata ini tidak berbahaya, tetapi pengunjung harus tetap waspada karena terdapat batu karang yang runcing dan bisa melukai kaki. Pada saat ber snorkeling pengunjung dapat menikmati pemandangan bawah laut yang berupa terumbu terumbu karang yang indah, rumput laut, dan berbagai spesies ikan yang cantik.

Selain itu para pengunjung dapat mendayung perahu kano yang telah disewakan oleh pengelola. Pengunjung dapat merasakan asiknya mendayung perahu kano di pantai ini dengan tidak perlu jauh jauh ke Pantai Pandawa Bali. Pengunjung bisa menikmati sunrise dan sunset di pantai ini yang selalu menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung. Di Pantai Sandaran pengunjung juga dapat menginap untuk melihat Sunrise. Di tempat wisata ini semua penginapan sudah terjaga dengan baik oleh karena itulah pengunjung tidak perlu khawatir dengan keamanan dan kebersihannya.

Penginapan ini berupa pondok-pondok yang terbuat dari bambu yang mempunyai ciri khas tersendiri.Ada beberapa penginapan yang terletak di atas bukit sehingga para pengunjung dapat melihat pemandangan yang indah serta nyaman pada saat menginap disana. Fasilitas yang disediakan sudah lumana lengkap, tetapi berbeda-beda tergantung harga penginapan yang ditawarkan oleh pengelola.

Disini juga telah disediakan penyewaan tenda jenis dome untuk pengunjung yang mau berkemah di Pantai Sadranan ini serta terdapat area khusus untuk melakukan camping dan membuat api unggun.  Di tempat wisata ini banyak sekali spot foto yang bagus untuk mengabadikan momen bersama keluarga ataupun teman.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Lokasi Pantai Sadranan

Lokasi Pantai Sadranan ini sangat mudah untuk dijangkau karena jalan atau aksesbilitas dari dan menuju Pantai Samas ini sudah layak dan bagus. Namun lokasi Pantai Sadranan ini lumayan jauh dari pusat Kota Yogyakarta.

Alamat dari Pantai Sadranan tepatnya berada di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Sadranan

Rute menuju Pantai Sadranan ini sangat mudah untuk dijangkau. Jika anda dari pusat Kota Yogyakarta ke arah timur melewati Jalan KH. Ahmad Dahlan menuju Jalan Panembahan Senopati 9, sampai di perempatan ke arah selatan melewati Jalan Brigjen Katamso, lalu lurut terus sampai di perempatan kearah timur melewati Jalan Kolonel Sugiyono, sampai di pertigaan ke arah selatan melewati Jalan Sisingamangaraja, kemudian lurus terus menuju Jalan Imogiri Barat, sampai di pertigaan ke arah timur melewati Jalan bakulan Imogiri, sampai dipertigaan ke arah barat melewati Jalan Imogiri Siluk lalu jalan terus melewati Jalan Siluk Panggang, lalu jalan terus mengikuti Jalan Siluk Panggang, lalu sampai di pertigaan ke arah timur melewati Jalan Raya Panggang Wonosari, lalu jalan terus menuju Jalan Pantai Sel.Jawa, kemudian sampai di pertigaan ke arah selatan melewati Jalan Sadranan Sili, ikuti terus jalan yang ada hingga anda akan sampai di Pantai Sadranan.

Jarak dari pusat Kota Jogja ke Pantai Sadranan kurang lebih adalah 64,6 KM dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari pusat Kota Jogja menuju Pantai Sadranan sekitar 1 jam 47 menit.

Harga Tiket dan Parkir Pantai Sadranan

Harga tiket masuk Pantai Sadranan ini murah yaitu Rp 10.000,-/orang. Harga tiket ini sudah menjadi standar untuk memasuki kawasan pantai di daerah Gunung Kidul.

Sedangkan untuk biaya parkir di Pantai Sadranan yaitu Rp 2.000,- untuk motor dan Rp 5.000,- untuk parkir mobil.

Fasilitas Pantai Sadranan

Fasilitas Pantai Sadranan sudah lumayan lengkap bagi para wisatawan yang ingin pergi ke Pantai Sadranan, diantaranya adalah:

  1. Kamar mandi
  2. Tempat ganti pakaian
  3. Penginapan
  4. Warung makan
  5. Penginapan
  6. Gazebo
  7. Area parkir
  8. Jasa foto
  9. Penyewaan perlengkapan snorkeling

Pernah ke Pantai Sadranan?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini

X