Pantai Sadeng

Mencoba hobi memancing di Pantai Sadeng yang ada di Gunung Kidul

Yogyakarta bukan hanya terkenal dengan sejarah, budaya, dan seninya. Tetapi kota Jogja ini juga banyak menyimpan tempat wisata yang menarik dan unik yang sangat menarik perhatian wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Salah satu wisata yang saat ini menjadi pilihan utama wisatawan untuk menghilangkan penat dan untuk menghabiskan waktu libur adalah pantai. Salah satu pantai yang dibahas yaitu Pantai Sadeng.

Pantai Sadeng merupakan salah satu obyek wisata alam pantai yang ada di daerah Gunung Kidul. Pantai ini sering disebut juga dengan sebutan surga bagi para nelayan. Banyak wisatawan yang berkunjung dari wisatawan lokal sampai ke wisatawan asing. Awal dari Pantai Sadeng disebut sebagai surganya para nelayan yaitu datangnya para nelayan Gombong yang membangun perkampungan nelayan pada tahun 1983. Namun, setelah 35 tahun berlalu perkampungan nelayan tersebut telah berkembang  pesat dan banyak dikunjungi para wisatawan. Selain adanya pelabuhan ikan dulu lokasi Pantai Sadeng juga merupakan muara sungai Bengawan Solo Purba.

Terdapat beberapa obyek wisata yang ada di Pantai Sadeng diantaranya yaitu: telaga suling yang menurut warga setempat merupakan telaga yang menyimpan sisa-sisa  air dari sungai Bengawan Solo Purba. Di telaga tersebut terdapat bukti bahwa air tersebut merupakan sisa-sisa air sungai Bengawan Solo yaitu terdapat dua buah perbukitan kapur yeng bentuknya memanjang dengan sebuah lembah yang ada di tengahnya. Dan sekarang lembah tersebut menjadi ladang palawija bagi masyarakat setempat karena tanah di lembah tersebut nampak subur. Lembah itu memiliki panjang sekitar 7 km.

Di Pantai Sadeng ini anda dapat melihat aktivitas para nelayan. Aktivitas para nelayan yaitu ada nelayan yang sedang membersihkan perahu, ada juga nelayan yang membawa hasil tangkapan ikan, lalu ada juga yang menggiling es untuk mengawetkan ikan. Anda juga dapat melihat bagaimana proses pelelangan ikan.

Selain itu ada juga wisata kuliner di Pantai Sadeng ini. Kuliner yang terkenal di Pantai Sadeng ini yaitu Aneka seafood yang sangan lezat dan cocok dinikmti ketika anda sedang berwisata di Pantai Sadeng ini. Menikmati lezatnya seafood bersama keluarga juga sangat cocok sambil melihat pemandangan laut dan melihat pelabuhan yang masih harmoni. Makanan yang dijual di Pantai Sadeng relatif murah, jadi wisatawan yang ingin menikati makanan tersebut silahkan berkunjung ke Pantai Sadeng.

Di Pantai Sadang juga terdapat spot-spot memancing yang ada di dekat dermaga. Bagi wisatawan yang sangat hobi memancing obyek wisata Pantai Sadeng sangat cocok untuk dikunjungi. Hal tersebut yang menjadi daya tarik para wisatawannya.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Lokasi Pantai Sadeng

Lokasi Pantai Sadeng sudah cukup aman untuk dijangkau karena jalan menuju Pantai Sadeng sudah cukup layak untuk dilewati, tetapi ada sebagian jalan yang masih naik turun dan berbelok-belok. Dan Obyek wisata Pantai Sadeng ini juga mudah untuk ditemukan karena berada dideretan pantai yang ada di Gunung Kidul. Jadi jika Anda ingin mengunjungi Pantai Sadeng diharapkan untuk berhati-hati. Lokasi tepat Pantai Sadeng yaitu berada di Dusun Songbanyu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Sadeng

Rute menuju obyek wisata Pantai Sinden sangat terjangkau dan akses menuju obyek wisata Pantai Sinden juga sudah layak untuk dilewati. Jika anda dari pusat 0 km kota Jogjakarta ke timur melewati jl panembahan senopati, lurus terus menuju jl raya jogja lurus terus menuju jl kusumanegare, sampai perempatan belok ke selatan melewati jl gedong kuning, lalu sampai perempatan belok ke timur melewati jl wonosari lurus terus menuju jl national rte 3, lurus terus menuju jl kyai legi, lalu melewati jl krt judodiningrat lurus terus sampai melewati jl sadeng ikuti jalan tersebut maka anda akan sampai ke obyek wisata Pantai Sadeng.

Jarak yang ditemuh dari pusat kota Jogja ke Pantai Sadeng cukup jauh yaitu sekitar 83,2 kilometer dan waktu tempuh kendaraan normal roda dua dari pusat Kota Jogja ke obyek wisata alam Pantai Sadeng sekitar 2 jam 18 menit.

Harga Tiket dan Parkir Pantai Sadeng

Harga tiket untuk masuk ke obyek wisata Pantai Sadeng masih sangat murah yaitu Rp. 5000 per orang, dengan harga tersebut anda dapat menikmati seluruh keindahan Pantai Sadeng dan anda juga dapat mengabadikan moment dengan berselfie ria.

Sedangkan untuk harga tiket pasir wisatawan yang berkunjung akan dikenakan biaya Rp. 3000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5000 untuk kendaraan mobil.

Fasilitas Pantai Sadeng

Fasilitas umum yang ada di obyek wisata Pantai Sadeng sudah cukup memadai untuk membuat wisatawan yang berkunjung merasa nyaman, fasilitas Pantai Sadeng diantaranya:

  1. Ada mushola bagi yang muslim
  2. Toilet/kamar mandi
  3. Tempat parkir yang luas
  4. Warung makanan dan minuman untuk pengunjung
  5. Terdapat penginapan juga di Pantai Sadeng

Pernah ke Pantai Sadeng?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini