Pantai Pasir Kadilangu

" Menjelajahi hutan Mangrove di Kulonprogo "
{"autoplay":"true","autoplay_speed":"3000","speed":"300","arrows":"true","dots":"true","loop":"true","nav_slide_column":5,"rtl":"false"}

Kulonprogo juga sering dikatakan surganya pantai di Provinsi daerah Istimewa Yogyakarta. Pasalnya daerah ini memiliki deretan pantai yang indah. Mulai dari pantai yang sudah terkenal seperti Pantai Glagah, Pantai Congot, maupun Pantai Bugel, dan baru baru ini mulai banyak pantai yang dibuka untuk wisata. Salah satunya adalah Pantai Pasir Kadilangu yang belum terkenal tetapi mempunyai potensi keindahan yang sangat luar biasa.

Di lokasi Pantai Pasir Kadilangu ini para pengunjung tidak akan mendapatkan hamparan pasir putih seperti kebanyakan pantai di daerah Gunung kidul. Tetapi disini para pengunjung akan dimanjakan dengan hijaunya hamparan hutan Mangrove. Pepohonan Mangrove ini merupakan tanaman yang memilikki banyak fungsi penting bagi ekosistem di sekitarnya. Tidak hanya menarik untuk dikunjungi dan menjadi sarana penelitian, tanaman ini juga dapat dijadikan sebagai penahan abrasi dan juga penyaring laut.

Sehingga garis pantai yang terdapat pepohonan Mangrove akan tetap stabil dan kelangkaan air tawar di sekitar pantai itu dapat di minimalisir. Selain menjadi tempat berkembang biak bagi banyak satwa, Pohon Mangrove ini juga mempunyai peran untuk menyaring limbah yang akan menuju ke lautan serta menyerap banyak karbon dioksida. Dan juga kayunya dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat kertas maupun berbagai macam mebel.

Vegetasi yang ditanam oleh masyarakat setempat ini menjadikan pantai ini tengah diminati oleh banyak wisatawan. Meskipun pantai ini masih dikelola secara pribadi oleh beberapa masyarakat setempat, bukan berarti hal tersebut menghambat perkembangan tempat wisata ini. Nyatanya meski belum di topang oleh pemerintah, pantai ini tetap mempunyai kontribusi yang tinggi bagi desa tersebut. Di Pantai Pasir Kadilangu ini para pengunjung dapat berkeliling di sekitar hutan mangrove dengan melewati jalan yang terbuat dari kayu, atau bisa juga menyewa perahu yang telah disediakan oleh masyarakat setempat.

Untuk para pengunjung yang pecinta alam disini dapat bertanya langsung kepada warga sekitar tentang manfaat hutan mangrove di pantai, jadi tidak hanya bersenang senang saja para pengunjung mendapatkan edukasi juga nantinya. Waktu terbaik untuk berkunjung di Pantai Pasir Kadilangu adalah pada saat pagi hari atau sore hari. Pada saat pagi hari, udara yang sejuk disekitar pantai dapat membuat para pengunjung menjadi relaks nantinya. Kemudian pada sore hari para pengunjung dapat melihat momen matahari terbenam di pantai ini.

Tidak hanya dihiasi dengan pepohonan Mangrove, Pantai Pasir Kadilangu ini juga terdapat beberapa spot foto yang telah disediakan untuk berfoto. Spot spot unik ini dibangun menggunakan material bambu dengan bentuk yang beragam. Beberapa diantaranya seperti jembatan yang mirip dengan Queensboro Bridge di New York yang bernama Jembatan api-api atau tol japin atas, jembatan tempo dulu, kerang-kerangan raksasa, rumah pohon, dan sebagainya.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Lokasi Pantai Pasir Kadilangu

Lokasi Pantai Pasir Kadilangu ini sudah termasuk bagus dan mudah untuk ditempuh oleh para pengunjung menuju Pantai Pasir Kadilangu. Para pengunjung harus berjalan kaki lagi sebelum sampai di Pantai Pasir Kadilang. Namun lokasi Pantai Pasir Kadilang ini cukup jauh dari Pusat Kota Yogyakarta.

Alamat Pantai Pasir Kadilangu tepatnya berada di Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Pasir Kadilangu

Rute menuju Pantai Pasir Kadilangu ini sangat mudah untuk dijangkau. Jika anda dari pusat Kota Yogyakarta ke arah barat ke Jalan KH. Ahmad Dahlan menuju Jalan Wates, kemudian sampai di perempatan ke arah selatan ke Jembatan Gamping, lalu lurus terus tetap berada di Jalan Yogyakarta – Wates, kemudian lurus terus ke Jalan Nasional III, sampai di pertigaan ke arah selatan ke jalan Daendels Pantai Selatan, kemudian lurus terus ke Jalan Ketawang – Temon, di pertigaan ke arah selatan menuju Jalan Wanatirta, ikuti terus jalan yang ada hingga anda akan sampai di Pantai Pasir Kadilangu.

Jarak dari pusat Kota Yogyakarta ke Pantai Pasir Kadilangu cukup jauh yaitu sekitar 45,6 Kilometer dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari pusat Kota Jogja menuju Pantai Ngrenehan sekitar 1 jam 11 menit.

Harga Tiket dan Parkir Pantai Pasir Kadilangu

Harga tiket retribusi masuk ke Pantai Pasir Kadilangu relatif terjangkau, pengunjung hanya dikenakan biaya RP 5.000/orang. Harga tersebut sudah termasuk harga standar untuk memasuki kawasan pantai di Gunung Kidul.

Sedangkan untuk biaya parkir di Pantai Pasir Kadilangu pengunjung dikenakan biaya yaitu Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Fasilitas Pantai Pasir Kadilangu

Fasilitas di Pantai Pasir Kadilangu sudah lumayan lengkap bagi para pengunjung yang berminat datang ke Pantai Pasir Kadilangu ini. Fasilitas ini di bangun oleh pemerintah dan juga masyarakat setempat, diantaranya adalah:

  1. Tempat parkir
  2. Toilet umum
  3. Musholla
  4. Warung makan dan minum
  5. Spot Foto