himbauan wisata ke Jogja Alodia siap melayani dengan protokol kesehatan

Pantai Pandansari

Keindahan pantai yang exotis dengan pemandangan mercusuar yang menjulang tinggi

Pantai Pandansari Kabupaten Bantul merupakan tujuan wisata yang wajib dikunjungi oleh wisatawan mulai dari wisata Hutan Pinus, kebun buah mangunan, puncak becici dan pantai parangtritis yang sangat terkenal di daerah Bantul. Tetapi Kota Gudek yang terkenal ini tidak hanya menawarkan destinasi wisata yang sudah banyak diketahui wisatawan, tetapi terdapat wisata pantai yang exotis yang disebut dengan Pantai Pandansari yang dimana salah satu pantai yang mempunyai mercusuar yang menjulang dengan tinggi 40 meter.

Pantai Pandansari adalah pantai yang mempunyai laut yang biru, hamparan pasir hitam yang membentang luas sepanjang pantai dan demburan ombak yang menghempas pasir ditambah dengan hembusan angin sepoi-sepoi serta ketenangan dan kesunyian menjadikan Pantai ini sebagai tempat paling nyaman untuk dikunjungi oleh wisatawan.

Pantai Pandansari tidak hanya menawarkan pesona keindahan pantai saja tetapi adapun salah satu kebanggaan dari Pantai ini adalah terdapatnya bangunan kokoh yang berdiri tegak dengan ketinggian 40 meter yang disebut dengan Mercusuar. Yang dibangun pada tahun 1996, mercusuar ini dibangun untuk rambu atau sebagai tanda kapal yang berlayar dimalam hari.

Dari puncak mecusuar anda akan disuguhkan dengan pemandangan deretan pantai-pantai mulai dari pantai daerah kabupaten Bantul hingga daerah kabupaten Kulon progo yang sangat indah dan exotis. Apabila anda ingin sampai di puncak suar untuk melihat keindahan deretan pantai maka anda harus menaiki beberapa anak tangga terlebih dahulu.

Selain itu anda juga akan melihat pemandangan indah lainnya yaitu hamparan pohon cemara yang tumbuh dengan hijau nan rindang dan mengagumkan. Hutan cemara ini membentang disepanjang luasnya pantai pandansari dengan burung-burung yang berkicau dengan merdu di ranting pohon  menambah keindahan pantai ini. Lokasi ini biasanya digunakan sebagai tempat untuk bersantai maupun berteduh oleh pengunjung serta tempat ini dijadikan sebagai spot foto yang menarik dan apabila pada saat musim kemarau tiba ranting dan daun akan berguguran layaknya musim gugur di Negara Jepang.

Di dekat pantai ini juga terdapat agrowisata kebun buah naga, buahnya yang terlihat merah dan segar menjadikan tempat ini menarik. Para wisatawan yang berkunjung dapat melihat pemandangan dan berfoto bersama buah naga serta dapat membeli buah naga sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Pantai pandansari  ini juga sangat cocok dinikmati dan dikunjungi pada saat sunrise di pagi hari dan sunset di sore hari. Ketika matahari terbit dan tenggelam anda akan merasakan sensasi pantai dengan pemandangan yang luar biasa mempesona dan eksotis.

Ingin mengunjungi Pantai Pandansari atau berkunjung ke tempat wisata menarik lainnya di Yogyakarta? Yuk pesan paket wisata Jogja di Alodiatour.

Lokasi Pantai Pandansari

Lokasi Pantai Pandansari mudah dijangkau hanya berjarak 27 kilometer dan sekitar 51 menit dari Pusat Kota Yogyakarta.

Lokasi Pantai Pandansari tepatnya terletak di Wonoroto, Gadingsari, Sanden, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55763.

Rute Menuju Pantai Pandansari

Rute menuju Pantai Pandansari sangat mudah dijangkau anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Dari Pusat Kota Yogyakarta anda bisa mengambil jalur di Jl. Bantul dan Jl. Samas ke Jl. Lintas Sel. di Karang Suwung. Lalu ke arah barat di Jl. KH. Ahmad Dahlan, kemudian Belok kiri ke Jl. KH Wahid Hasyim dan terus ke Jl. Suryowijayan, selanjutnya Belok kiri ke Jl. Sugeng Jeroni, lalu anda belok kanan ke Jl. Bantul, terus ke Jl. Jend. Sudirman dan terus ke Jl. Kh Wahid Hasyim, tetap lurus sampai menuju ke Jl. Samas. Anda bisa Tetap di Jl. Lintas Sel.. Mengemudi ke Jl Pramudi di Wonoroto, terus ke Jl. Lintas Sel, lalu ketemu perempatan Belok kiri ke Jl. Pantai Goa Cemara, kemudian anda lurus menuju Jl. Pantai Goa Cemara belok kiri dan menjadi Jl Pramudi dan tujuan anda ada sebelah kanan.

Harga Tiket dan Parkir Pantai Pandansari

Harga tiket Pantai Pandansari sangat murah dan dijangkau untuk para wisatawan hanya mengeluarkan biaya sebesar Rp 3.000,-. Sedangkan untuk biaya parkir motor sebesar Rp 2.000,- dan untuk biaya parkir mobil sebesar Rp 5.000,-.

Fasilitas Pantai Pandansari

Fasilitas Pantai Pandansari terbilang sangat lengkap dan memadai untuk para wisatawan yang berkunjung antara lainnya adalah :

  • Area Parkir luas
  • Mushola
  • Toilet umum
  • Warung makan disekitar pantai
  • Gazhebo dan kursi-kursi terbuat dari bamboo
  • Tempat sampah

 

Pernah ke Pantai Pandansari?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini

X