himbauan wisata ke Jogja Alodia siap melayani dengan protokol kesehatan

Pantai Nguyahan

Pantai bersejarah dengan pesona laut biru yang eksotis

Pantai Nguyahan – Hallo Guys.. bingung mau merencanakan liburan kemana?

Ayok rencanakan liburan anda ke Yogyakarta.

Yogyakarta tidak hanya menyuguhkan wisata Candi yang bersejarah saja tapi kali ini terdapat pantai tersembunyi dengan pesona alam yang memukau di daerah Gunung Kidul tepatnya berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pasti anda bertanya-tanya mengapa pantai ini di katakan Pantai bersejarah dan mengapa di namakan Pantai Nguyahan? Karena pada zaman Belanda menduduki Indonesia, pantai ini  merupakan kawasan penghasil garam. Jadi sebenarnya kata nguyahan berasal dari kata “Uyah” yang dalam Bahasa Jawa, memiliki arti Garam. Maka tidak aneh jika pantai ini di katakan masyarakat sekitar sebagai Pantai Nguyahan.

Pantai Nguyahan memiliki pantai berpasir putih yang indah dan  gelombang ombak dengan birunya air laut yang di barengi dengan pesona tebing di pinggir pantai yang menambah keindahan pemandangan pantai ini.

Adapun aktivitas yang dapat Anda nikmati di Pantai Nguyahan antara lain :

Bermain air pantai dan berenang

Di pantai ini anda dapat bermain air dengan pesona biota laut yang beraneka ragam jenis ikan-ikan laut, terumbu karang, rumput laut dan jenis biota lainnya. Tidak hanya itu anda juga dapat berenang dan tidak perlu khawatir jika tenggelam karena pantai ini mempunyai ombak yang sangat tenang.

Memamancing dan Campig Area

Bagi para pecinta olahraga pancing, anda sangat cocok untuk berkunjung ke pantai nguyahan karena anda bisa memancing dan medapatkan ikan dengan mudah dan menyantapnya dengan membakar ikan secara langsung di tepi pantai dengan suasana pantai yang indah.

Pantai Nguyahan belum terdapat tempat penginapan seperti vila, homestay, restort maupun hotel. Tapi anda tidak perlu khawatir karena di pantai ini anda bisa menginap di Pantai Nguyahan dengan membuat kemah membangun sebuah tenda di tepi pantai, menikmati suasana malam dengan sepoi-sepoi angina malam bersama teman-teman dan keluarga.

Menimati Senja

Pantai Nguyahan menyuguhkan keindahan panorama indahnya matahari terbenam di ufuk barat dengan suasana pantai yang exotis.

 

Ingin mengunjungi Pantai Nguyahan atau berkunjung ke tempat wisata menarik lainnya di Yogyakarta? Yuk pesan paket wisata Jogja di Alodiatour

Lokasi Pantai Nguyahan

Lokasi Pantai Nguyahan berada lumayan jauh dari pusat kota Yogyakarta adalah sebesar 52 kilometer yaitu sekitar 1,5 jam.

Lokasi Pantai Nguyahan tepatnya berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Rute Menuju Pantai Nguyahan

Rute menuju Pantai Nguyahan dibilang lumayan jauh dan berkelok-kelok dari Pusat Kota Yogyakarta, anda lurus ketemu perempatan belok kanan ke Jl. Brigjend Katamso, tetap lurus di Jalan besar Jl. Brigjend Katamso, lalu ketemu pertigaan belok kiri ke Jl. Kolonel Sugiyono, lalu lurus samapi ketemu pertigaan belok kanan ke Jl. Sisingamangaraja tetap lurus ketemu pertigaan terus ke Jl. Imogiri Barat lewati ATM BCA (dikiri), kemudian lurus mengikuti jalan besar Jl. Imogiri Barat sampai ketemu perempatan belok kiri ke Jl. Bakulan Imogiri, lalu lurus sampai ketemu pertigaan Masjid Al Khiqmah SMK Muhammadiyah Imogiri belok kanan ke Jl. Imogiri Siluk lalu lurus sedikit sampai mentok pertigaan belok kanan ke Jl. Imogiri Siluk, tetap lurus sampai ketemu pertigaan terus ke Jl. Siluk Panggang, kemudian lurus sampai ketemu pertigaan belok kiri ke Jl. Panggang Utama, lalu lurus sampai ketemu perempatan ke Jl. Panggang Wonosari, tetap lurus mengikuti jalan besar ketemu warung Mak To ambil jalur kiri dan tetap di Jl. Panggang Wonosari, lurus sampai ketemu perempatan belok kanan tetap lurus sampai memasuki Jl. Paliyan Ngobaran tetap lurus sampai ketemu pertigaan belok kiri ke Jl. Saptosari-Ngobaran, lurus sedikit ketemu pertigaan belok kanan ke Jl. Ngobaran Ngrenehan dan tetap lurus mengikuti Jalan besar. Tujuan anda telah sampai.

Harga Tiket dan Parkir Pantai Nguyahan

Tiket masuk Pantai Nguyahan lumayan begitu mahal untuk harga parkir tetapi lumayan murah untuk tiket masuk destinasi yaitu sebesar Rp 5.000,-. sedangkan harga parkir sepeda motor sebesar Rp 5.000,- dan untuk parkir mobil sebesar Rp 10.000,-.

 

Fasilitas Pantai Nguyahan

Fasilitas Pantai Nguyahan sudah lengkap dan memadai. Oleh karena itu anda tidak perlu bingung bila berkunjung ke pantai Nguyahan karena fasilitas telah tersedia antara lain adalah:

  • Lahan parkir luas
  • Mushola
  • Toilet
  • Kamar Ganti
  • Gazhebo/ Gubuk-gubuk sederhana

Pernah ke Pantai Nguyahan?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini

X