Pantai Ngrenehan

" Menyusuri pantai dengan tebing tinggi di setiap sisinya di Gunung Kidul "
{"autoplay":"true","autoplay_speed":"3000","speed":"300","arrows":"true","dots":"true","loop":"true","nav_slide_column":5,"rtl":"false"}

Gunungkidul sering dikatakan surganya pantai di Provinsi daerah Istimewa Yogyakarta. Pasalnya daerah ini memiliki deretan pantai yang indah. Mulai dari pantai yang sudah terkenal seperti Pantai indrayanti, Pantai Siung, maupun Pantai Baron, baru baru ini mulai banyak pantai yang dibuka untuk wisata. Salah satunya adalah Pantai Ngrenehan yang belum terkenal tetapi mempunyai potensi keindahan yang sangat luar biasa.

Nama Pantai Ngrenehan adalah pemberian dari Raden Fatah yang pada saat itu memiliki pangkat sebagai Raja Demak. Pada jaman dulu Raden Fatah datang ke pantai ini untuk mencari ayahnya yang melarikan diri bersama dengan istrinya karena menolak menjadi seorang muslim. Perjuangan putra raja untuk mencari kedua orang tuanya bisa dikatakan nihil karena mereka tidak ditemukan. Dari peristiwa tersebut muncul istilah ajakan yanng berasal dari kata “reneh” yang mempunyai arti “sini” kemudian masyarakat setempat menyebutnya Ngrenehan untuk mengabadikan kedatangan raja.

Pada saat pengunjung sudah sampai di Pantai Ngrenehan, para pengunjung dapat menikmati seperti suasana klasik. Di pantai ini mempunyai keindahan alam yang luar biasa yang hampir sama dengan pantai pantai lainnya di Gunung Kidul yaitu pasir putih dengan tebing tinggi di tiap sisinya, warna pepohonan serta laut biru yang tidak kalah bertautan dan juga terdapat perahu nelayan dengan warna yang beragam berjejer dengan rapi di tepi pantai.

Pantai ini adalah pantai yang lumayan agak curam sehingga ombaknya juga tidak terlalu besar. Hal yang menarik di kawasan pantai ini adalah para pengunjung dapat melihat jelas indahnya kumpulan batu karang yang berada di pantai dengan bentuk yang menyerupai teluk. Disini pengunjung juga akan menemukan begitu banyak cangkang kecil yang berserakan, jika dilihat dari jauh bentuk nya menyerupai koral laut.

Selain cocok untuk dijadikan tempat berenang dan berjemur, pantai ini dapat dijadikan sebagai spot yang Instagramable. Yang tidak kalah menariknya, disini pengunjung juga dapat melihat langsung seperti apa kampung nelayan di Pantai Ngrenehan ini, dimulai dari aktivitas nelayan yang akan melaut, memperbaiki jaring, sampai menjual hasil tangkapan ikannya. Disini terdapat tempat pelelangan ikan, jadi para pengunjung dapat turut berpartisipasi dalam lelang atau berbelanja aneka ikan segar yang baru saja ditangkap.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Lokasi Pantai Ngrenehan

Lokasi Pantai Ngrenehan ini sudah termasuk bagus dan mudah untuk ditempuh oleh para pengunjung menuju Pantai Ngrenehan. Para pengunjung harus berjalan kaki lagi sebelum sampai di Pantai Ngrenehan. Namun lokasi Pantai Ngrenehan ini cukup jauh dari Pusat Kota Yogyakarta.

Alamat Pantai Ngrenehan tepatnya berada di Desa kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Ngrenehan

Rute menuju Pantai Ngrenehan ini sangat mudah untuk dijangkau. Jika anda dari pusat Kota Yogyakarta ke arah timur melewati Jalan KH. Ahmad Dahlan menuju Jalan Panembahan Senopati 9, sampai di perempatan ke arah selatan melewati Jalan Brigjen Katamso, lalu lurut terus sampai di perempatan kearah timur melewati Jalan Kolonel Sugiyono, sampai di pertigaan ke arah selatan melewati Jalan Sisingamangaraja, kemudian lurus terus menuju Jalan Imogiri Barat, sampai di pertigaan ke arah timur melewati Jalan bakulan Imogiri, sampai dipertigaan ke arah barat melewati Jalan Imogiri Siluk lalu jalan terus melewati Jalan Siluk Panggang, lalu jalan terus mengikuti Jalan Siluk Panggang, lalu sampai di pertigaan ke arah timur melewati Jalan Raya Panggang Wonosari, lalu di pertigaan ke arah selatan menuju Jalan Paliyan Ngobaran, kemudian sampai di pertigaan ke arah timur ke Jalan Ngobaran Ngrenehan, ikuti terus jalan yang ada hingga anda akan sampai di Pantai Ngrenehan.

Jarak dari pusat Kota Yogyakarta ke Pantai Ngrenehan cukup jauh yaitu sekitar 53,7 Kilometer dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari pusat Koya Jogja menuju Pantai Ngrenehan sekitar 1 jam 34 menit.

Harga Tiket dan Parkir Pantai Ngrenehan

Harga tiket retribusi masuk ke Pantai Ngrenehan relatif terjangkau, pengunjung hanya dikenakan biaya RP 5.000/orang. Harga tersebut sudah termasuk harga standar untuk memasuki kawasan pantai di Gunung Kidul.

Sedangkan untuk biaya parkir di Pantai Ngrenehan pengunjung dikenakan biaya yaitu:

  1. Sepeda Motor: Rp 3.000
  2. Mobil: Rp 5.000
  3. Bus Sedang: Rp 15.000
  4. Bus Besar: 20.000

Fasilitas Pantai Ngrenehan

Fasilitas di Pantai Baros sudah lumayan lengkap bagi para pengunjung yang berminat datang ke Pantai Baros ini. Fasilitas ini di bangun oleh pemerintah dan juga masyarakat setempat, diantaranya adalah:

  1. Tempat parkir
  2. Toilet umum
  3. Musholla
  4. Warung makan dan minum
  5. Tempat Pelelangan Ikan
  6. Area camping