Pantai Nglambor

" Mencoba sensasi ber-snorkeling asik di Pantai Selatan Yogyakarta "
{"autoplay":"true","autoplay_speed":"3000","speed":"300","arrows":"true","dots":"true","loop":"true","nav_slide_column":5,"rtl":"false"}

Belakangan ini geliat aktivitas wisata di Jogja semakin berkembang, termasuk wisata pantai di Jogja khususnya di Gunungkidul. Terdapat puluhan pantai cantik di Gunungkidul yang dapat anda jadikan referensi jika anda ingin mengunjungi pantai di Jogja. Setiap pantai di Gunungkidul memiliki keunikan dan karakteristik masing-masing, ada yang sekaligus pusat olahan seafood, pantai dengan laguna cantik, pantai yang bisa untuk bermain surfing hingga pantai yang bisa untuk bermain snorkeling. Ya, pantai di Jogja tidak hanya bisa untuk bermain saja namun juga bisa untuk aktivitas seperti snorkeling, tepatnya di Pantai Nglambor.

Mungkin bagi anda yang sudah pernah mengunjungi salah satu pantai selatan di Jogja akan berpikir apakah bisa pantai yang menghadap langsung dengan Samudra Hindia bisa untuk aktivitas seperti snorkeling? Bagaimana dengan ombaknya yang terkenal ganas dan besar? Apakah aman jika berenang dan bermain disana? Pertanyaan itu lumrah ditanyakan oleh sebagian orang, Pantai Nglambor memang berada di deretan pantai-pantai lain yang juga menghadap ke Samudra Hindia, namun Pantai Nglambor memiliki keunikannya tersendiri yaitu terdapatnya dua buah gunung karang yang cukup besar sehingga menjadi pemecah ombak sehingga ombak yang sampai ke bibir pantai cenderung tenang dan aman untuk berenang.

Pantai Nglambor dulunya merupakan pantai yang sangat sepi bahkan tidak masuk jajaran pantai di daerah Gunungkidul yang harus dikunjungi wisatawan. Pantainya yang tidak begitu luas dan kondisi akses jalan menuju pantai yang masih sulit membuat wisatawan enggan untuk berkunjung. Terdapat satu keluarga yang tinggal tidak jauh dari pantai ini mereka adalah Mbah Tukiyem dan Mbah Kartomo, mereka tinggal di dekat Pantai Nglambor untuk menjaga kandang ternak mereka, kebanyakan masyarakat gunungkidul masih memiliki ladang yang terletak tidak jauh dari pantai yang biasanya didirikan kandang ternak dan untuk meletakkan hasil bumi setelah panen. Mereka tinggal di dekat Pantai Nglambor untuk menjaga kandang tersebut dari monyet yang kerap datang dan sering mengambil hasil bumi petani bahkan merusak apa yang sudah ditanam oleh petani.

Ketika geliat wisata pantai di Gunungkidul kian meroket, Pantai Nglambor tetap masih sepi tanpa adanya wisatwan yang datang untuk mampir. Hingga pada suatu ketika sekelompok orang menyadari potensi yang dimiliki oleh Pantai Nglambor yang tidak dimiliki pantai-pantai lain di Gunungkidul yaitu snorkeling dan mulai mempromosikan Pantai Nglambor sebagai pusat snorkeling di kawasan tempat wisata pantai Gunungkidul.

Kini Pantai Nglambor sudah menjadi destinasi wisata favorit bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan bawah laut pantai Gunungkidul, masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya pun tidak perlu jauh-jauh ke Bali atau Lombok untuk merasakan sensasi snorkeling yang sebelumnya belum pernah ada di Yogyakarta. Walaupun sekarang sudah ramai dikunjungi wisatawan, Pantai Nglambor tetap menjaga keindahan dan keaslian alam yang ada dengan tidak merusak biota-biota laut yang ada dan tetap menjaga keindahan dan keselamatan pengunjung. Selain snorkeling anda juga dapat sekedar bersantai di pinggir pantai atau anda juga dapat trekking menyusuri bukit-bukit yang ada di sekitaran Pantai Nglambor.

Jangan lupa untuk menghubungi kami jika anda menginginkan paket wisata Jogja!

Lokasi Pantai Nglambor

Lokasi Pantai Nglambor terbilang jauh jika ditempuh dari pusat kota Jogja, yaitu berada di sebelah tenggara kota Jogja atau berada di Kabupaten Gunungkidul. Lokasinya berdekatan dengan destinasi wisata pantai lain yang berada di kawasan pantai Gunungkidul diantaranya Pantai Siung dan Pantai Jogan. Untuk menuju ke Pantai Nglambor anda harus menggunakan kendaraan pribadi karena belum tersedia transportasi umum dari dan menuju Pantai Nglambor.

Lokasi Pantai Nglambor tepatnya berada di Dusun Purwodadi, Desa Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Nglambor

Rute menuju Pantai Nglambor terbilang lumayan susah untuk diakses, karena lokasinya yang berada jauh dari pusat kota Jogja.

Rute menuju Pantai Nglambor cukup rumit dan anda harus teliti jika baru pertama kali datang di kawasan pantai Gunungkidul, untuk mencapai pantai ini anda bisa menyusuri jalan menuju Pantai Siung. Setelah melewati pos retribusi, anda akan bertemu dengan pertigaan. Di pertigaan tersebut kamu belok ke kanan dan menyusuri jalan masuk Pantai Nglambor. Pantai Nglambor berada di ujung jalan tersebut. Kondisi jalannya tidak terlalu lebar sehingga bus pariwisata tidak bisa masuk. Mobil pun tidak bisa sampai ke bibir Pantai Nglambor. anda perlu jalan kaki sebentar atau naik ojek untuk mencapai Pantai Nglambor ini. Jarak kota Jogja menuju Pantai Nglambor kurang lebih 72 KM dengan waktu tempuh sekitar 2 jam 12 menit.

Harga Tiket dan Parkir Pantai Nglambor

Harga tiket Pantai Nglambor sebenanya sangat terjangkau namun jika anda menginginkan bermain snorkeling anda harus lebih merogoh kocek yang lumayan. Namun tenang saja dengan harga tersebut anda sudah mendapatkan paket dari konter yang menyediakan jasa snorkeling diantaranya anda akan mendapatkan set alat snorkeling, air minum, foto underwater hingga pemandu.

Untuk tiket masuk Pantai Nglambor dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 (Sudah termasuk tiket ke Pantai Siung). Sedangkan untuk sewa alat snorkeling biayanya antara Rp 35.000 – Rp 50.000 tergantung dari masing-masing konter dan tergantung dari fasilitas yang disediakan. Jika anda tidak ingin capek berjalan dari tempat parkir menuju Pantai Nglambor, anda dapat menggunakan jasa ojek dengan biaya Rp 5.000 saja. Untuk biaya parkir anda hanya perlu mengeluarkan uang Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk Mobil.

Fasilitas Pantai Nglambor

Fasilitas Pantai Nglambor dapat dikatakan sudah cukup baik bagi wisatawan yang mengunjungi Pantai Nglambor. Berikut ini berbagai fasilitas Pantai Nglambor yang sangat membantu para wisatawan saat mengunjungi Pantai Nglambor:

  • Jasa snorkeling
  • Jasa Ojek
  • Warung
  • Toilet
  • Mushola

Tempat Parkir