Pantai Ngetun

" Melihat pemandangan pantai dan binatang penyu yang ada di pantai ini "
{"autoplay":"true","autoplay_speed":"3000","speed":"300","arrows":"true","dots":"true","loop":"true","nav_slide_column":5,"rtl":"false"}

Pantai Ngetun merupakan salah satu pantai di Gunung Kidul yang relatif kecil dan masih sangat alami. Maka dari itu belum ada orang yang mengetahui asal dari Pantai Ngetun ini. Karena hal itu Pantai Ngetun ini belum begitu ramai. Padahal Pantai Ngetun ini memiliki daya tarik khusus untuk pengunjung dan memiliki banyak pemandangan alam.

Ada beberapa obyek wisata yang ada di Pantai Ngetun yaitu Pantai Ngetun merupakan obyek wisata yang cocok untuk seseorang yang mempunyai hobi memancing. Banyak hewan laut yang mudah ditemui di pantai ini dari ikan, lobster sampai penyu pun ada di pantai ini. Banyak masyarakat sekitar yang mencari lobster di pantai ini dari atas bukit maupun ditepi pantai.

Pantai Ngetun ini merupakan tempat hewan penyu mendara dan bertelur. Hal itu karena pantai ini masih sepi dan aman untuk penyu beraktifitas. Adanya hewan penyu tersebut menjadi daya tarik Pantai Ngetun ini. Di pantai ini anda juga dapat menemukan hewan laut lainnya seperti ubur-ubur, kelomang dan masih banyak lagi hewan lainnya. Seolah-olah di pantai ini terdapat aquarium alami yang menawarkan pemandangan hewan-hewan laut yang indah. Maka dari itu wisatawan dapat mengajak anak-anak untuk melihat bagaimana hewan penyu bertelur.

Di Pantai Ngetun ini terdapat dua bukit yang ada di samping Pantai ini. Kedua bukit ini biasa digunakan warga setempat untuk memancing lobster, karena banyak lobster yang bersembunyi di kedua bukit tersebut. Selain itu bukit ini juga dapat dijadikan sebagai background untuk wisatawan yang gemar berfoto.

Saat menjelang malam anda dapat menyaksikan pemandangan sunset yang membuat langit terlihat berwarna kekuningan dan oren. Selain itu pada pagi hari anda dapat menyaksikan sunrisenya matahari dan terlihat dari pantai dengan jelas membuat keindahan pantai bertambah, dengan pasir putih yang tampak memancar. Hal itu dapat anda jadikan sebagai objek foto yang menyukai fotografi.

Ketika anda berkunjung ke Pantai Ngetun, anda akan disambut dengan suara kicauan burung yang berada di pepohonan sekitar pantai. Suara itu dapat membuat suasana pantai menjadi lebih damai. Anda juga dapat berteduh dan beristirahat dibawah pohon-pohon disekitar pantai tersebut, karena di Pantai Ngetun belum tersedia fasilitas gazebo atau semacamnya untuk tempat istirahat pengunjung.

Air laut yang ada di Pantai Ngetun ini masih terlihat warna kebiruan, karena di Pantai Ngetun belum tercemar oleh sampah atau limbah penduduk. Laut yang masih kebiruan dapat dijadikan sebagai background foto untuk dipamerkan ke sosial media. Saat air laut surut akan terlihat karang-karang kecil yang menghiasi bibir laut. Ada beberapa ikan kecil yang berada dibalik karang tersebut. Selain itu tanaman laut juga menghiasi karang itu dan membuat Pantai Ngetun menjadi indah dan menakjubkan. Di Pantai Ngetun anda juga dapat melakukan camping bersama teman atau keluarga.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Lokasi Pantai Ngetun

Lokasi obyek wisata Pantai Ngetun cukup terjangkau dan mudah untuk ditemukan, tetapi lokasi Pantai Ngetun ini berada jauh dari pusat kota Yogyakarta. Alamat tepatnya berada di Sureng, Purwodadi, Tepus, Pantai, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Ngetun

Rute menuju Pantai Ngetun ini sudah cukup mudah dijangkau, tetapi ada sebagian jalan yang berkelok-kelok dan naik turun. Jadi jika anda berkunjung ke Pantai Ngetun diharapkan untuk berhati-hati. Jika Anda dari pusat Kota Jogja ke timur melewati jl panembahan senopati lurus terus menuju jl kusumanegara lurus terus , sampai perempatan ke selatan melewati jl gedong kuning, lalu sampai perempatan ke timur melewati jl wonosari lurus terus menuju jl national rte 3 lurus terus menuju jl jogja-wonosari, lalu melewati jl kyai legi, kemudian melewati jl krt judodiningrat lurus terus sampai perempatan ke selatan melewati jl baron lurus terus sampai pertigaan belok ke kiri melewati jl tepus ikuti jalan tersebut sampai perempatan ke timur melewati jl pantai sel jawa, ikuti jalan tersebut maka anda akan sampai ke obyek wisata Pantai Ngetun.

Jarak dari pusat 0 km Kota Jogjakarta ke wisata Pantai Ngetun sangat jauh yaitu sekitar 72,6 kilometer dan waktu tempuh untuk kendaraan bermotor dari pusat 0 km Kota Jogja ke Pantai Ngetun sekitar 2 jam 17 menit.

Harga Tiket dan Parkir Pantai Ngetun

Harga tiket untuk masuk ke obyek wisata Pantai Ngetun cukup murah dan terjangkau. Wisatawan yang berkunjung akan dikenakan biaya Rp. 6000 per orang. Dengan harga tersebut anda dapat menikmati indahnya Pantai Ngetun.

Sedangkan untuk harga tiket bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi anda akan dikenakan biaya parkir yaitu Rp. 3000 untuk kendaraan sepeda motor dan Rp. 5000 untuk kendaraan mobil.

Fasilitas Pantai Ngetun

Fasilitas yang ada di Pantai Ngetun ini sudah cukup memadai walaupun belum begitu ramai, tetapi fasilitas tersebut dapat membuat nyaman wisatawan yang berkunjung. Fasilitas diantaranya:

  1. Ada toilet
  2. Tempat parkir
  3. Mushola
  4. Warung-warung makanan dan minuman