Pantai Kuwaru

Sebuah pantai berpasir hitam yang lengkap dengan pasar ikan dan pohon cemara udang yang tersebar di sepanjang pantai membuatnya sejuk.

Pantai Kuwaru adalah sebuah destinasi wisata pantai menarik untuk melihat keindahan pantai berpasir hitam dan gugusan laut luas Samudera Hindia. Layaknya pantai-pantai lain di sekitar Yogyakarta, pantai Kuwaru memiliki gulungan ombak yang cukup deras dengan pasir luas namun agak sedikit miring. Hal ini berbeda dengan Pantai Parangtritis yang memiliki luasan pantai yang cukup lapang. Namun pantai ini mempunyai beberapa keunggulan yang membuat Pantai Kuwaru cukup terkenal di masyarakat Yogyakarta.

Pantai Kuwaru menawarkan pantai yang rindang dengan dukungan pohon cemara udang yang menyebar di sepanjang pantai. Dengan adanya pohon cemara udang ini membuat anda yang berlibur ke Pantai Kuwaru akan merasakan udara sejuk dengan sepoi angin yang terus menurus datang menghampiri anda. Selain itu juga anda tidak hanya dapat melihat keindahan pantai Kuwaru semata, karena pengelola dan masyarakat pantai ini membangun berbagai fasilitas yang tampaknya membuat anda betah untuk berlama-lama mengunjungi pantai ini.

Di sekitar pantai anda akan menemukan pasar ikan yang khusus disediakan kepada pengunjung yang ingin bersantap ria di pantai Kuwaru. Ada berbagai macam ikan yang dapat anda pilih misal ikan bawal, kakap, cumi, udang, dan cumi-cumi. Penulis sendiri menyukai masakan udang yang ada di pantai Kuwaru karena udang disini memiliki ukuran yang besar dan kaya akan daging.

Jika anda sudah memilih ikan yang ingin dimakan, maka anda tinggal membawanya ke restoran di sekitar Pantai Kuwaru untuk minta dimasakkan seuai dengan keinginan anda, misalnya Asam manis ataupun pedas.

Selagi anda menunggu masakan anda, maka anda bisa mencoba berbagai wahana yang ada disekitar pantai Kuwaru, misalnya bermain motor ATV untuk menyusuri keindahan pasir dan ombak yang bergulung-gulung di sekitar pantai.

Spot foto yang disediakan pun cukup bagus, karena terdapat kapal-kapal nelayan yang diparkir di sepanjang pantai dan pohon-pohon cemara udang yang ditanam secara rapi. Waktu yang cocok untuk berkunjung ke Pantai Kuwaru adalah sore hari apalagi jika anda berkeinginan untuk berfoto-foto ria.

Lokasi Pantai Kuwaru

Salah satu keunggulan Pantai Kuwaru adalah lokasi pantai Kuwaru yang tidak terlalu jauh dari Kota Yogyakarta dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Gunung Kidul maupun Kulonprogo. Hal ini dikarenakan lokasi pantai Kuwaru berada di Kabupaten Bantul, tepatnya berada di barat Pantai Samas dan timur Pantai Baru.

Alamat pantai Kuwaru tepatnya berada di Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Kuwaru

Rute menuju pantai Kuwaru sangat mudah bagi anda yang berdomisili di Yogyakarta ataupun anda wisatawan dari luar Yogyakarta tidak akan kesulitan untuk menuju pantai indah ini. Anda tidak perlu untuk melewati gunung ataupun jalan rusak yang berliku-liku. Keindahan pantai termasuk juga saat anda melakukan perjalanan menuju ke pantai ini. Karena Rute menuju pantai Kuwaru melewati berbagai macam spot bagus seperti kota Bantul, area persawahan luas yang hijau dengan saluran irigasi yang berada di sepanjang jalan, sampai dengan jalan jalur selatan yang sangat fotogenik.

Rute menuju Pantai Kuwaru adalah pertama dari Kota Yogyakarta, anda menuju Pojok Beteng Kulon kemudian ke selatan melewati Jalan Bantul lurus terus sampai Jalan Pantai Samas. Sampai pertigaan pantai Samas anda belok kanan kemudian lurus sampai anda menemukan petunjuk ataupun pintu gerbang pantai Kuwaru.

Jarak dari Kota Jogja ke Pantai Kuwaru adalah sekitar 31,9 Km dan waktu tempuh normal mobil dari Kota Yogyakarta menuju Pantai Kuwaru adalah 1 Jam.

Harga Tiket dan Parkir Pantai Kuwaru

Harga tiket masuk pantai Kuwaru  lumayan murah dan seragam dengan harga tiket wisata pantai lainnya yang ada di Kabupaten Bantul. Untuk dapat masuk ke area pantai Kuwaru anda cukup membayar tiket sebesar Rp 5.000,- /Orang. Harga tiket masuk pantai Kuwaru ini cukup murah jika anda sandingkan dengan keindahan alamnya.

Sedangkan untuk harga parkir pantai Kuwaru dibedakan untuk kendaraan jenis mobil dan motor. Untuk harga parkir mobil di Pantai Kuwaru adalah Rp 10.000,- sedangkan untuk harga parkir motor adalah Rp 5.000.-.

Fasilitas Pantai Kuwaru

Fasilitas pantai Kuwaru lumayan lengkap bagi anda yang ingin berkunjung ke salah satu pantai di laut selatan pulau Jawa ini, diantaranya adalah:

Wahana Pantai Kuwaru

  • Pasir pantai hitam dengan kapal nelayan yang diparking disepanjang pantai.
  • Motor ATV untuk berkeliling di sekitar Pantai
  • Pasar Ikan untuk membeli ikan segar
  • Restaurant spesial masakan ikan dengan harga terjangkau

Fasilitas Pendukung Pantai Kuwaru

  • Toilet Umum yang banyak
  • Parkir mobil yang cukup luas
  • Parkir motor dengan atap

Pernah ke Pantai Kuwaru?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini