Pantai Kayu Arum

" Menyaksikan keindahan pantai yang baru di Gunung Kidul "
{"autoplay":"true","autoplay_speed":"3000","speed":"300","arrows":"true","dots":"true","loop":"true","nav_slide_column":5,"rtl":"false"}

Gunungkidul sering dikatakan surganya pantai di Provinsi daerah Istimewa Yogyakarta. Pasalnya daerah ini memiliki deretan pantai yang indah. Mulai dari pantai yang sudah terkenal seperti Pantai indrayanti, Pantai Siung, maupun Pantai Baron, baru baru ini mulai banyak pantai yang dibuka untuk wisata. Salah satunya adalah Pantai Kayu Arum yang belum terkenal tetapi mempunyai potensi keindahan yang sangat luar biasa.

Sampai disana para pengunjung akan dimanjakan dengan pesona alam eksotis yang masih asri dengan pasir pantai yang putih lembut dan bersih. Angin yang berhembus kencang dan deburan ombang yang ganas menabrak tebing karang menjadikan pantai ini semakin eksotis. Lautan di Pantai Kayu Arum ini terlihat kebiruan yang menambah eksotisme pemandangan di sekeliling pantai. Disini pengunjung dapat melihat ikan ikan yang kecil dan bermain pasir disekitar pantai yang sudah menjadi tradisi para pengunjung ketika ke pantai.

Pantai Kayu Arum ini juga cocok bagi pengunjung yang menyukai dunia memancing. Disini banyak terlihat beberapa jenis ikan yang berukuran kecil hingga besar di laut dekat pantai. Selain itu juga disini juga terdapat hewan laut lain seperti ubur ubur, gurita, dan lainnya. Meskipun pantai ini lumayan kecil dan sempit tetapi tetap dapat dijadikan sebagai tempat camping bersama teman maupun keluarga. Sebaiknya para pengunjung membawa peralatan dan kebutuhan camping sendiri karena di Pantai Kayu Arum tidak terdapat penyewaan kebutuhan tersebut.

Untuk camping disini pengunjung harus tetap menjaga kebersihan pantai agar tetap indah dan alami. Dikarenakan ombak di pantai ini sangat besar maka dari itu para pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang di Pantai Kayu Arum. Di samping kanan dan kiri pantai ini terdapat bukit dan batuan karang yang menghiasi pemandangan sekitar. Batuan karang tersebut dapat dimanfaatkan sebagai spot foto bagi para pengunjung khususnya yang sangat suka selfi.

Pengunjung akan tetap dapat menikmati sunrise dan juga sunset walaupun harus berjalan sedikit dari Pantai Kayu Arum ke Baron Technopark. Di Baron Technopark pengunjung dapat melihat dengan jelas pemandangan matahari terbit dengan sinarnya yang cerah dan juga ketika matahari terbenam yang menjadikan warna langit kekuningan dan jingga. Di Pantai Kayu Arum para pengunjung dapat berfoto sesuka hati dengan latar belakang pantai yang sangat indah.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Lokasi Pantai Kayu Arum

Lokasi Pantai Kayu Arum ini sudah termasuk bagus dan mudah untuk ditempuh oleh para pengunjung menuju Pantai Kayu Arum, tetapi sekitar satu setengah kilometer sebelum pantai terdapat jalan tanah yang berbatu. Sampai di parkiran pengunjung juga harus berjalan kaki lagi sekitar 4 kilometer. Namun lokasi Pantai Kayu Arum ini cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta.

Alamat Pantai Pantai Kayu Arum tepatnya berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Kayu Arum

Rute menuju Pantai Kayu Arum ini sangat mudah untuk dijangkau. Jika anda dari pusat Kota Yogyakarta ke arah timur melewati Jalan KH. Ahmad Dahlan menuju Jalan Panembahan Senopati 9, sampai di perempatan ke arah selatan melewati Jalan Brigjen Katamso, lalu lurut terus sampai di perempatan kearah timur melewati Jalan Kolonel Sugiyono, sampai di pertigaan ke arah selatan melewati Jalan Sisingamangaraja, kemudian lurus terus menuju Jalan Imogiri Barat, sampai di pertigaan ke arah timur melewati Jalan bakulan Imogiri, sampai dipertigaan ke arah barat melewati Jalan Imogiri Siluk lalu jalan terus melewati Jalan Siluk Panggang, lalu jalan terus mengikuti Jalan Siluk Panggang, lalu sampai di pertigaan ke arah timur melewati Jalan Raya Panggang Wonosari, lalu jalan terus menuju Jalan Pantai Sel. Jawa, sampai di pertigaan ke arah selatan mengikuti jalan hingga anda akan sampai di Pantai Kayu Arum.

Jarak dari pusat Kota Yogyakarta ke Pantai Kayu Arum cukup jauh yaitu sekitar 57,1 Kilometer dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari pusat Koya Jogja menuju Pantai Kayu Arum sekitar 1 jam 33 menit.

Harga Tiket dan Parkir Pantai Kayu Arum

Harga tiket retribusi masuk ke Pantai Kayu Arum relatif terjangkau, pengunjung hanya dikenakan biaya RP 10.000 per orang. Dan juga harga tersebut sudah termasuk tiket masuk ke wisata pantai lainnya yang berdekatan dengan Pantai Kayu Arum.

Sedangkan untuk biaya parkir di Pantai Kayu Arum pengunjung hanya membayar yaitu Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Fasilitas Pantai Kayu Arum

Fasilitas yang ada di Pantai Kayu Arum ini masih belum ada sama sekali, jadi pengunjung harus menyediakan sendiri apa yang ingin dibawa, begitu juga makanan yang akan dimakan.