Pantai Jogan

Menikmati keindahan pantai dengan Air Terjun yang indah

Banyak sekali pantai yang ada di Gunungkidul, tetapi di masing masing pantai mempunyai keunikan tersendiri, salah satu nya adalah Pantai Jogan yang terkenal dengan Aiur Terjunnya yang terletak di bibir Pantai Jogan. Ketinggian air terjun di pantai ini mencapai 10 meter dengan sumber air yang mengalir berasal dari perbukitan di sebelah utara Pantai Jogan. Air terjunnya sendiri memiliki keunikan yang airnya langsung mengalir ke laut karena Pantai Jogan tidak memiliki garis batas laut.

Untuk menikmati Air terjun yang ada, pengunjung harus siap turun ke bawah dulu dengan memilih dua cara yaitu, cara yang pertama  adalah melalui tehnik canyoning atau rappeling di air terjun. Cara ini sangat memerlukan keberanian dan kemampuan serta harus didukung dengan peralatan agar bisa melakukannya. Cara yang kedua adalah dengan cara menapaki turunan yang licin dan basah. Untuk cara kedua ini pengunjung harus  hati-hati, Karena jalur Air Terjun di Pantai Jogan ini sangat curam.

Setelah batuan yang curam dan licin, pengunjung juga harus melewatu satu tantangan lagi, pengunjung harus melewati karang yang dihuni oleh ribuan bayi kepiting yang berukuran sekitar 5 mm dan berwarna transparan. Maka dari itu pengunjung disarankan untuk memakai alas kaki. Biasanya penduduk setempat biasa memanfatkan bayi kepiting tersebut untuk diolah, karena kepiting tersebut sangat enak untuk dimakan sama nasi waktu musim hujan. Kadang – kadang juga banyak ratusan kupu-kupu yang bergerombol di bebatuan kering yang sangat indah untuk dilihat.

Selain itu para pengunjung juga dapat melihat indahnya Samudera Hindia dengan berada di atas air terjun. Pengunjung juga dapat menyaksikan ombak ombak yang sangat besar. Pengunjung tidak perlu merasa ngeri, karena pengunjung dapat menikmati keramahan percikan air saat kaki-kaki menjamah kerasnya batuan karang. Pada saat senja para pengunjung juga dapat menikmati ungunya langit yang sangat indah. Pengunjung dapat berfoto foto di sekitar pantai ini karena memiliki keindahan yang luar biasa.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Lokasi Pantai Jogan

Lokasi Pantai Jogan ini sudah termasuk bagus dan mudah untuk ditempuh oleh para pengunjung menuju Pantai Pok Tunggal. Namun beberapa kilometer dari Pantai Jogan akses jalan menuju lokasi masih cukup sulit untuk dijangkau dan sempit, jika ada 2 mobil yang berlawanan arah salah satu harus menepi.

Alamat Pantai Jogan tepatnya berada di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi pantai ini berada di sebelah barat Pantai Nglambor dan Pantai Siung kemudian di sebelah timur nya Pantai Timang.

Rute Menuju Pantai Jogan

Rute menuju Pantai Jogan ini sangat mudah untuk dijangkau. Jika anda dari pusat Kota Yogyakarta ke arah timur melewati Jalan KH. Ahmad Dahlan menuju Jalan Panembahan Senopati 9, sampai di perempatan ke arah selatan melewati Jalan Brigjen Katamso, lalu lurut terus sampai di perempatan kearah timur melewati Jalan Kolonel Sugiyono, sampai di pertigaan ke arah selatan melewati Jalan Sisingamangaraja, kemudian lurus terus menuju Jalan Imogiri Barat, sampai di pertigaan ke arah timur melewati Jalan bakulan Imogiri, sampai dipertigaan ke arah barat melewati Jalan Imogiri Siluk lalu jalan terus melewati Jalan Siluk Panggang, lalu jalan terus mengikuti Jalan Siluk Panggang, lalu sampai di pertigaan ke arah timur melewati Jalan Raya Panggang Wonosari, lalu jalan terus menuju Jalan Pantai Sel. Jawa, lurus terus ikuti Jalan Pantai Sel. Jawa sampai di pertigaan kea rah selatan ke Jalan Pantai Siung, ikuti terus jalan yang ada hingga anda akan sampai di Pantai Jogan.

Jarak dari pusat Kota Yogyakarta ke Pantai Jogan cukup jauh yaitu sekitar 79 Kilometer dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari pusat Koya Jogja menuju Pantai Jogan sekitar 2 jam 13 menit.

Harga Tiket dan Parkir Pantai Jogan

Harga tiket retribusi masuk ke Pantai Jogan relatif terjangkau, pengunjung hanya dikenakan biaya RP 10.000/orang. Dan juga harga tersebut sudah termasuk tiket masuk ke wisata pantai lainnya seperti PAntai Suing dan Pantai Nglambor.

Sedangkan untuk biaya parkir di Pantai Jogan  yaitu:

  1. Sepeda Motor : Rp 3000
  2. Mobil : Rp 5000
  3. Bus : Rp 20000

Fasilitas Pantai Jogan

Fasilitas di Pantai Jogan masih termasuk minim karena masih tergolong pantai yang baru.Bagi para pengunjung yang berminat datang ke Pantai Jogan, fasilitas tersebut diantaranya adalah:

  1. Gazebo
  2. Kamar mandi
  3. Warung makan dan minum
  4. Tempat parkir

Pernah ke Pantai Jogan?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini