himbauan wisata ke Jogja Alodia siap melayani dengan protokol kesehatan

Pantai Indrayanti

Menikmati indahnya pantai dengan pasir putih di kawasan Gunung Kidul

Yogyakarta bukan hanya terkenal dengan sejarah, budaya, dan seninya. Tetapi kota Jogja ini banyak menyimpan tempat wisata yang menarik dan unik yang sangat menarik perhatian wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Salah satu wisata yang saat ini menjadi pilihan utama wisatawan untuk menghilangkan penat dan untuk menghabiskan waktu libur adalah pantai.

Terdapat puluhan pantai yang ada di Jogja yang dijadikan pilihan wisatawan untuk berlibur, mulai dari pantai dengan pasir hitam maupun pasir putih. Jika Anda ingin mengunjungi pantai dengan pasir putih maka Anda bisa menemukan di daerah Gunung Kidul dan jika Anda ingin pantai yang berpasir hitam Anda bisa menemukannya di daerah Bantul. Salah satu pantai dengan pasir putih yang sampai saat ini banyak pengunjung adalah Pantai Indrayanti.

Pantai Indrayanti merupakan salah satu pantai yang menarik yang ada di Gunung Kidul. Pantai Indrayanti menawarkan keindahan panorama yang unik dibanding pantai lainnya yang ada di Gunung Kidul. Pantai Indrayanti adalah salah satu pantai yang sering direkomendasikan pada wisatawan. Nama Pantai Indrayanti sudah cukup terkenal bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Pantai Indrayanti tidak jauh berbeda dengan pantai Gunung Kidul lainnya, mempunyai pemandangan yang indah, pasir halus yang luas, dan laut biru lepas yang bersih.

Pantai ini dulu bukanlah bernama Pantai Indrayanti seperti yang kita dengan sekarang. Pemerintah yang ada di daerah Gunung Kidul memberi nama pantai ini dengan nama Pantai Sawal atau sering disingkat sebagai Pantai Pulsa olah warga disekitar pantai. Dulu pantai yang masih bernama Pantai Sawal ini, tidak terpikirkan untuk pembangun dan  kegiatan wisata, sehingga kondisi disekeliling pantai banyak ditumbuhi tanaman pandan laut dan semak belukar oleh masyarakat setempat untuk dimanfaatkan makanan ternak.

Sekitar tahun 2009   ada pihak swasta yang mencoba untuk mendirikan cafe dan resto di pinggir pantai tersebut. cafe dan resto diberi nama Indra dan Yanti sehingga disingkat “Indrayanti”. Tidak disangka lambat laun cafe dan resto ini banyak dikunjungi wisatawan, sehingga masyarakat yang ada disekitar pantai mengembangkan berbagai fasilitas untuk membuat nyaman wisatawan. Hanya dalam waktu singkat nama Indrayanti melambung dan membuat pantai tersebut menjadi ramai pengunjung dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour

Lokasi Pantai Indrayanti

Lokasi Pantai Indrayanti sudah cukup aman untuk dijangkau karena jalan menuju Pantai Indrayanti sudah cukup layak untuk dilewati, tetapi ada sebagian jalan yang masih naik turun dan berbelok-belok. Jadi jika Anda ingin mengunjungi Pantai Indrayanti diharapkan untuk berhati-hati. Lokasi pantai dari Pusat Kota Jogja cukup jauh. Pantai ini berdekatan dengan pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul seperti Pantai Sundak, Pantai Pok Tunggal, ataupun Pantai Krakal.

Lokasi Pantai Indrayanti tepatnya berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul di wilayah Yogyakarta

Rute Menuju Pantai Indrayanti

Rute menuju Pantai Indrayanti ini sudah cukup mudah dijangkau. Jika Anda dari pusat Kota Jogja ke selatan melewati jl mayor suryotomo jalan terus, sampai melewati jl brigjen katamso sampai ke perempatan ke arah timur melewati jl kolonel sugiono, kemudian jalan terus sampai ke pertigaan ke selatan melewati jl sisingamangaraja lurus terus melewati jl imogiri barat sampai ke pertigaan ke timur melewati jl bakulan imogiri ikuti terus jalan tersebut sampai melewati jl imogiri siluk jalan terus menuju jl siluk panggang lurus melewati jl raya panggang wonosari, lalu melewati jl pantai sel jawa ikuti jalan tersebut kemudian Anda akan sampai ke Pantai Indrayanti.

Jarak dari pusat Kota Jogjakarta ke wisata Pantai Indrayanti cukup jauh yaitu sekitar 65,9 kilometer dan waktu tempuh untuk kendaraan bermotor dari pusat Kota Jogja ke Pantai Indrayanti sekitar 1 jam 47 menit

Harga Tiket dan Parkir Pantai Indrayanti

Harga tiket masuk Pantai Indrayanti cukup terjangkau yaitu sebesar Rp. 10.000/orang. Dan untuk berteduh di payung yang ada dipinggir pantai dikenakan biaya sebesar Rp. 20.000, untuk bermain jet ski pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp. 250.000 setiap 15 menit. Harga tiket masuk tersebut sudah termasuk tiket masuk ke pantai Gunung Kidul lainnya.

Sedangkan untuk biaya parkir pengunjung dikenakan biaya Rp. 4000 untuk sepeda motor dan Rp. 15.000 untuk mobil.

Fasilitas Pantai Indrayanti

Terdapat berbagai fasilitas yang ada di Pantai Indrayanti untuk memberi kenyamanan bagi wisatawan yang berkunjung ke Pantai Indrayanti yaitu sebagai berikut

  • Toilet
  • Gazebo
  • Tempat ibadah
  • Toko cinderamata
  • Warung makanan
  • Penginapan
  • Tempat parkir yang luas
  • Jet ski
  • Wahana permainan anak-anak

Pernah ke Pantai Indrayanti?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini

X