Pantai Glagah

Bersantai ditemani deburan ombak pantai selatan jawa

Pantai Glagah – Daerah Istimewa Yogyakarta dikenal sebagai salah satu wilayah yang mempunyai banyak sekali pantai yang tersebar dibeberapa kabupaten yang ada di provinsi ini, Kabupaten Bantul dan Gunungkidul menjadi dua kabupaten yang memiliki jumlah pantai terbanyak di Yogyakarta.

Tetapi perlu sobat semua ketahui ternyata selain Kabupaten Bantul dan Gunungkidul ada satu lagi kabupaten di Yogyakarta ini yang juga memiliki destinasi wisata pantai, kabupaten yang dimaksud adalah kabupaten Kulon Progo. Terdapat satu pantai di Kulon Progo yang keberadaannya telah dikenal oleh banyak orang, baik oleh masyarakat Jogja sendiri maupun masyarakat luar Jogja, dan pantai yang dimaksud adalah pantai Glagah.

Pantai Glagah sendiri merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Kulon Progo atau bahkan bisa dibilang sebagai icon kota ini, meskipun beberapa tahun terakhir ini banyak destinasi wisata baru di Kulon Progo seperti Kedung Pedut, Kalibiru, dan masih banyak lagi, tetapi pesona Pantai Glagah tetap menjadi Primadona di kota ini.

Jika sobat semua bertanya – tanya apa yang menjadi keistimewaan dari Pantai Glagah, tentu banyak sekali keistimewaan serta keunikan yang dimiliki oleh pantai ini. Salah satunya yaitu adanya tetrapod atau sea wall yang berfungsi memecah ombak yang datang menghampiri bibir pantai, seperti telah diketahui oleh banyak orang Pantai Selatan Jawa memang dikenal memiliki ombak yang cukup ganas oleh karenanya dibangunlah tetrapod di Pantai Glagah ini.

Tetrapod tersebutlah yang kemudian menjadi spot foto favorit di Pantai Glagah, selain itu juga terdapat dermaga yang letaknya menjorok ke laut, salah satu fungsi tetrapod tersebut juga untuk melindungi dermaga tersebut dari hantaman ombak. Selain tetrapod dan dermaga di Pantai Glagah ini juga terdapat laguna yang tidak semua pantai memilikinya, sebelumnya perlu sobat semua ketahui laguna merupakan cekungan yang kemudian terisi air sehingga membentuk kolam alami. Jika pada umumnya laguna terbentuk karena batuan karang atau semacamnya, laguna yang ada di Pantai Glagah ini terbentuk karena cekungan yang masih bagian dari daratan yang kemudian terisi air laut pasang.

Selanjutnya ada banyak aktifitas yang bisa sobat semua lakukan di laguna tersebut, salah satunya yaitu mengelilingi laguna menggunakan perahu kayuh, kano, atau sampan kecil. selain itu bagi sobat semua yang memiliki hobi memancing, laguna di Pantai Glagah ini bisa menjadi spot menarik untuk menyalurkan hobi tersebut. Ikan yang ada di laguna tersebut juga cukup beragam jenisnya mulai dari Nila, Belanak, Betutu, Gabus, hingga Kakap Bakau bisa sobat jumpai di pantai ini.

Aktifitas seru lainnya yang bisa sobat semua lakukan di pantai ini adalah berkeliling pantai menggunakan Atv atau Motocross, di Pantai Glagah ini tersedia persewaan Atv dan Motocross yang bisa digunakan untuk berkeliling pantai ini. Berkeliling pantai menggunakan kendaraan extreme sembari menikmati hembusan angin laut tentu akan memberi kesan tersendiri bagi sobat semua.

Setelah puas bermain diarea pantai tak ada salahnya sobat semua mengunjungi kebun buah naga yang letaknya tak jauh dari Pantai Glagah, kebun tersebun bernama Agrowisata Kusumo Wanadri. Ditempat ini sobat semua bisa berwisata sekaligus belajar, mulai dari informasi singkat tentang buah naga, proses penanaman dan perawatannya, hingga berbagai khasiat yang dimiliki oleh buah ini.

Selain itu di kebun ini sobat semua juga bisa membeli buah naga dengan harga yang cukup murah, untuk buah naga ukuran kecil dihargai sebesar Rp. 15.000 sedangkan untuk yang besar dihargai sebesar Rp. 30.000. Selanjutnya ada kabar baik juga bagi sobat semua yang hendak berkunjung ke agrowisata ini, selain memetik buah naga langsung dari pohonnya sobat semua juga bisa mencoba berbagai wahana outbond yang ada di tempat ini seperti Futsal Pantai, Volley Pantai, taman bermain anak, serta Flying Fox, dan yang terakhir jika datang ke tempat ini pada sore hari sobat semua bisa menikmati keindahan matahari yang mulai menyembunyikan sinarnya.

Ingin berkunjung ke Pantai Glagah atau tempat wisata menarik lainnya di Jogja? Yuk pesan paket tour Jogja di Alodia Tour.

Lokasi Pantai Glagah

Lokasi Pantai Glagah sendiri terbilang mudah untuk dijangkau, akses jalan menuju ke pantai ini juga terbilang bagus. Untuk lebih tepatnya lagi Pantai Glagah berlokasi di Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Glagah

Rute menuju Pantai Glagah ini terbilang sangat mudah, dari pusat Kota Yogyakarta sobat semua bisa langsung menuju ke jalan Bantul arah Purworejo, selanjutnya sesampainya di lampu merah Palbapang belok kanan melewati jalan Srandakan menuju jembatan Srandakan, kemudian sobat semua akan menjumpai lampu merah maka belok ke kiri untuk sampai di Pantai Glagah.

Jika dihitung jarak dari pusat Kota Yogyakarta menuju Pantai Glagah ini sekitar 45 km dan memakan waktu tempuh sekitar 1 jam 30 menit.

Harga Tiket dan Parkir Pantai Glagah

Harga tiket masuk Pantai Glagah juga terbilang cukup murah, untuk bisa menikmati keindahan pantai ini sobat semua hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp. 5.000 saja per orangnya. Sementara untuk biaya parkirnya roda dua dikenakan tarif sebesar Rp. 3.000, roda empat Rp. 10.000 dan untuk bus sebesar Rp. 20.000.

Fasilitas Pantai Glagah

Fasilitas Pantai Wediombo terbilang cukup lengkap, di pantai ini sobat semua akan menjumpai berbagai macam fasilitas seperti :

  • Area parkir yang luas
  • Toilet/Kamar mandi
  • Warung makan
  • Mushola
  • Tempat istirahat
  • Penginapan
  • Persewaan ATV, Motocross, serta berbagai jenis perahu

Pernah ke Pantai Glagah?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini