Pantai Depok

" Pantai Depok, surga bagi para pecinta seafood "
{"autoplay":"true","autoplay_speed":"3000","speed":"300","arrows":"true","dots":"true","loop":"true","nav_slide_column":5,"rtl":"false"}

Pantai Depok – Jika anda berwisata ke Yogyakarta atau Jogja ada satu hal yang saat ini banyak diburu wisatawan, yaitu wisata pantai. Di Jogja anda akan diberikan 2 pilihan tipe wisata pantai yang keduanya memiliki keindahan dan keunikan masing-masing yaitu tipe pantai pasir putih dan tipe pantai pasir hitam. Jika anda adalah seseorang yang suka dengan pantai berpasir putih maka anda harus menuju daerah Gunungkidul yang berjarak kuranglebih 2-3 jam dari pusat Kota Yogyakarta, terdapat banyak sekali destinasi wisata pantai pasir putih di Gunungkidul yang dapat anda jadikan tujuan wisata selama anda di Jogja. Namun sebaliknya jika anda menginginkan eksotisnya pantai berpasir hitam di Jogja maka anda harus menuju daerah Bantul yang berjarak kurang lebih 1-2 jam saja dari pusat Kota Yogyakarta. Jangan salah pantai pasir hitam ini juga tidak kalah menarik dan indah dari pantai berpasir putih. Salah satu pantai berpasir hutam di daerah Bantul Yogyakarta yang dapat anda jadikan pilihan liburan adalah Pantai Depok.

Pantai Depok ini sangat cocok untuk anda yang ingin menikmat indahnya pantai selatan sekaligus untuk berburu kuliner khususnya olahan seafood. Yup, Pantai Depok ini memang sudah terkenal dengan pusat kuliner seafood  di Jogja. Bahkan pantai ini juga memiliki Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Oleh karenanya olahan seafood di Pantai Depok ini dijamin fresh atau masih segar yang merupakan hasil dari tangkapan nelayan setempat. Tidak heran jika Pantai Depok ini merupakan tujuan wisata pantai favorit bagi pecinta kuliner laut atau seafood.

Mengenai sejarahnya, Pantai Depok dulu hanyalah sebuah bibir pantai kurang populer dan tidak terdapat aktivitas apapun hingga suatu saat sekitar tahun 1997 datanglah beberapa nelayan dari daerah Cilacap yang menemukan tempat yang cocok untuk berlabuh di Pantai Depok dan membawa hasil laut berupa ikan dengan tujuan untuk ditawarkan kepada masyarakat sekitar Pantai Depok. Melihat hal tersebut masyarakat sekitar Pantai Depok yang saat itu kebanyakan bermatapencaharian sebagai tambang pasir pantai pun tertarik hingga lambat laun masyarakat Pantai Depok beberapa memutuskan memulai untuk menjadi nelayan hingga diikuti beberapa warga yang lain. Pantai Depok pun semakin ramai dengan hasil laut yang melimpah, maka dibangunlah Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dan warung-warung dengan hasil olahan seafood yang hingga kini masih menjadi tujuan favorit wisatawan.

Pantai Depok memiliki tempat yang strategis yaitu berada tidak jauh dari Pantai Parangtritis yang sudah terlebih dahulu populer, namun di Pantai Parangtritis ini bukan merupakan pusat hasil tangkapan laut sehingga dalam urusan kuliner seafood Pantai Depok lah juaranya. Setelah selesai menjelajah Pantai Depok dan perut sudah terisi dengan lezatnya olahan seafood anda dapat mengunjungi destinasi wisata lain di sekitaran Pantai Depok yaitu Gumuk Pasir yang merupakan fenomena alam unik cantik yang saat ini juga menjadi tujuan favorit wisatawan. Tidak hanya itu saja, Pantai Depok saat ini telah dinobatkan sebagai pusat kegiatan aerosport atau oalahraga kedirgantaraan karena Pantai Depok ini memiliki landasan pacu untuk pesawat perintis atau pesawat-pesawat kecil yang digunakan untuk kegiatan aerosport. Sangat menarik bukan? Jika anda berkunjung ke Jogja Pantai Depok dapat menjadi alternatif pilihan wisata terutama untuk anda yang doyan dan hobi kuliner laut atau seafood.

Yuk liburan ke Yogyakarta bersama Alodiatour dengan memilih paket wisata Jogja yang kami sediakan.

Lokasi Pantai Depok

Lokasi Pantai Depok ini sangat mudah dijangkau karena berada di kawasan wisata populer Pantai Parangtritis. Memang lokasi Pantai Depok ini lumayan jauh dari pusat Kota Yogyakarta namun untuk jalan atau aksesibilitas dari dan menuju Pantai Depok sudah sangat layak dan bagus serta mudah untuk dicapai.

Alamat Pantai Depok berada di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Depok

Rute menuju Pantai Depok cukup mudah untuk dicapai. Jika anda dari arah Kota Yogyakarta maka anda harus menuju Jalan Parangtritis dengan menuju kearah selatan. Jika sudah melewati Jalan Parangtritis artinya perjalanan anda sudah tepat anda tinggal mengikuti Jalan Parangtritis lurus terus ke sebelah selatan hingga menjumpai jembatan yang sangat panjang. Setelah itu anda akan menjumpai pos retribusi atau loket pembayaran retribusi Pantai Parangtritis. Sebelum pos retribusi tersebut anda belok kanan dan akan menjumpai papan nama Pantai Depok. Ikuti terus jalan yang ada hingga anda akan sampai di Pantai Depok.

Jarak dari Kota Jogja ke Pantai Depok kurang lebih adalah 27 ,7KM dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor  dari Kota Jogja menuju Pantai Depok sekitar 52 menit.

Harga Tiket dan Parkir Pantai Depok

Harga tiket masuk Pantai Depok adalah Rp 10.000. Sedangkan biaya parkir untuk sepeda motor Rp 2.000 dan untuk mobil Rp 5.000.

Fasilitas Pantai Depok

Fasilitas Pantai Depok saat ini dapat dikatakan memiliki fasilitas seadanya bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi Pantai Depok, diantaranya adalah:

  • Warung Makan
  • Tempat Parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Spot Foto
  • Wahana bermain