himbauan wisata ke Jogja Alodia siap melayani dengan protokol kesehatan

Pantai Baru

Pantai yang rindang dengan pohon cemara udang yang tumbuh disepanjang pantai

Yogyakarta mempunyai banyak destinasi wisata alam yang sangat indah. Ada 3 daerah kabupaten di jogja yang memiliki keindahan alam yang sangat luar bisa, kabupaten-kabupaten tersebut diantaranya yaitu Kulon Progo, Gunung Kidul, dan Bantul. Jika di Kulon Progo dan Gunung Kidul terkenal dengan keindahan pantai-pantainya, Bantul juga mempunyai kawasan pantai yang memiliki keindahan dan keunikan. Salah satu destinasi wisata di Bantul yang unik dan wajib dikunjungi yaitu Pantai Baru.

Pantai Baru Yogyakarta adalah pantai yang paling muda di Yogyakarta karena baru diresmikan sebagai obyek wisata pantai sejak Mei 2010. Awalnya dulu pantai ini banyak dikunjungi pengunjung dan para nelayan. Para nelayan memanfaatkan pantai ini sebagai sumber  ekonomi mereka untuk keluar masuk lautan. Sepulang dari laut mereka selalu membawa hasil tangkapan ikan segar. Melihat hal itu kemudian timbul keinginan mereka untuk mengawetkan ikan-ikannya dengan es batu agar ikan tetap segar. Namun, untuk menyediakan es batu didaerah pantai ini sangatlah sulit, karena tidak adanya akses teknologi dan listrik yang menjadikan tak mungkin ada pabrik es dikawasan mereka.

Karena tidak adanya akses teknologi dan listrik mereka akhirnya berinisiatif meminta bantuan kepada pemerintah untuk menyediakan tempat produksi es batu. Kebetulan waktu itu Kementerian Riset dan Teknologi sedang mengembangkan listrik bertenaga alternatif, yaitu tenaga matahari dan angin. Mereka menguji coba pengembangan listrik dengan mencoba memasang beberapa solar cell dan kincir di sekitar pantai. Akhirnya percobaannya pun berhasil, sehingga Pantai Baru dianggap sebagai kawasan pengembangan listrik bertenaga alternatif terbesar di Indonesia. Lambat laun  kawasan ini dijadikan ladang riset, dan membuat banyak wisatawan berkunjung yang tentu dapat menambabah nilai ekonomi. Maka diputuskanlah untuk membuka sebuah obyek wisata yaitu Pantai Baru.

Pantai ini memiliki luas area dengan panjang mencapai 4 kilometer dengan pasir hitam di sepanjang pantai. Banyak aktivitas yang dapat dilakukan di pantai ini, mulai dari bermain pasir hingga menyusuri pantai dengan menggunakan ATV (All Terrain Vehicle) yang sudah disediakan  oleh pengelola pantai.

Seperti pantai-pantai biasanya, pantai ini memiliki ombak yang cukup ganas. Jadi bagi wisatawan yang berkunjung ke Pantai Baru ini disarankan untuk berhati-hati ketika bermain air ataupun berenang di Pantai. Karena ombak besar dapat mengancam keselamatan jiwa.

Di pinggir Pantai Baru ini terdapat puluhan pohon cemara yang tumbuh berjejer menghiasi pantai ini. Pepohonan yang rindang di tepi pantai, menjadikan susasana ditempat ini sejuk dan tidak panas ketika siang hari. Banyak wisatawan yang duduk diatas tikar sambil menikmati keindahan laut, serta menikmati sejuknya hembusan angin di bawah pohon cemara.

Pantai ini memiliki keunggulan yaitu terdapat ribuan kincir angin yang berdiri kokoh di sebelah barat pantai. Keunggulan tersebut tentu tidak ditemukan di pantai-pantai lainnya. Kincir-kincir angin tersebut digunakan sebagai PLTH(Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid) yang merupakan perpaduan antara tenaga surya dan angin.

Kincir angin yang terletak di tepi pantai ini digunakan sebagai sumber tenaga listrik alternatif untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar. Keberadaan kincir angin ini ternata banyak mengundang rasa penasaran wisatawan. Banyak pengunjung pantai yang hanya melihat keunikan kincir angin atau berfoto didepan puluhan kincir angin tersebut.

Apabila anda inginberkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata Jogja  di Alodiatour.

Lokasi Pantai Baru

Lokasi Pantai Baru ini sangat mudah dijangkau karena jalan atau aksebilitas menuju Pantai Baru ini sudah layak dan bagus. Namun lokasi Pantai Baru ini lumayan jauh dari Kota Yogyakarta .Pantai Baru ini terletak di Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Lokasi pantai baru ini berada diantara Pantai Kuwaru dan Pantai Pandansimo

Rute Menuju Pantai Baru

Rute menuju Pantai Baru cukup mudah dicapai. Dari Kota Yogyakarta, ke selatan melewati jl brigjen katamso jalan terus kemudian melewati jalan parangtritis terus sampai pertigaan jalan ke barat melewati jl cepit tembi sampai ke pertigaan ke selatan, kemudian melewati jl bantul lalu melewati jl wakhid hasyim lurus terus sampai perempatan ke barat melewati jl srandakan jalan terus sampai ke Pantai Baru.

Jarak dari Kota Jogja ke Pantai Baru lurang lebih 31.4 km dan waktu tempuh normal kendaraan motor dari kota Jogja menuju Pantai Baru sekitar 1 jam

Harga Tiket dan Parkir Pantai Baru

Harga tiket masuk Pantai Baru itu cukup murah yaitu Rp. 4000/orang. Harga tiket ini sudah termasuk standar di pantai daerah Bantul.

Sedangkan untuk tiket parkir Bus Rp. 15.000, tiket parkir Minibus Rp. 10.000, tiket parkir Mobil Rp. 5000, tiket parkir Motor Rp. 2000.

Fasilitas Pantai Baru

Fasilitas Pantai Baru terdapat berbagai macam diantaranya:

  • Toilet retribusi Rp. 2000
  • Mushola
  • Warung Makan
  • Tempat Parkir luas
  • Hiburan
  • Kolam renang mini
  • ATV

 

Pernah ke Pantai Baru?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini

X