himbauan wisata ke Jogja Alodia siap melayani dengan protokol kesehatan

Pantai Baros

Menikmati keindahan pantai sekaligus hutan mangrove

Kabupaten Bantul adalah salah satu kabupaten yang ada di Yogyakarta, dimana kabupaten ini memiliki destinasi wisata mulai dari goa sampai jajaran pantai yang banyak sekaligus indah dan di setiap pantai nya memiliki ciri khas tersendiri. Salah satu pantai yang ada di Bantul adalah Pantai Baros. Pantai Baros ini menawarkan kesatupaduan antara pantai dengan wisata hutan mangrove di dalamnya.

Pantai Baros ini sudah terkenal dengan kondisi udaranya yang masih segar karena berapa di tepian sungai opak. Pantai ini menawarkan keindahan air laut dengan pasir putihnya yang sangat memukau dan juga menawarkan keindahan hutan mangrove yang tidak kalah indahnya. Hutan mangrove Baros ini biasa dijadikan kawasan ekowisata yang selalu ramai di kunjungi oleh para wisatawan.

Wisata Pantai Baros ini tidak hanya ramai pada akhir pecan tetapi juga banyak pengunjung yang dating pada sore hari karena udaranya yang lebih segar. Selain merasakan semilir angina pantai, pengunjung juga bias sekalian menikmati indahnya sunset di pantai ini. Apalagi jika cuaca sedang cerah, maka akan terlihat aliran sungai opak dibawah pancaran sinar matahari terbenam.

Pemandangan lainnya pada saat cuaca cerah adalah beberapa burung yang sedang bertengger di ranting pohon bakau. Bahkan beberapa wisatawan lainnya sering mengabadikan foto-foto burung yang bertengger ini karena terlihat sangat alami. Selain itu, di Pantai Baros ini juga terdapat gardu pandang untuk menikmati keindahan pemandangan sekitar. Jadi pengunjung dapat duduk-duduk santai sambil menikmati kesegaran angina pantai.

Di Pantai ini juga poengunjung dapat berkeliling menikmati pantai sambil menikmati pemandangan hutan mangrove.spot ini juga menjadi daya tarik bari orang-orang yang mempunyai hobi berfoto-foto di Pantai Baros. Tidak hanya menampilkan pemandangan yang sejuk tetapi pantai ini juga sering dipakai untuk sesi foto prewedding. Hal ini dikarenakan keindahan pohon bakau yang masih hijau sehingga menambah latar belakang foto yang sangat indah.

Tidak hanya menikmati suasana hutan mangrove dan pantai, di sini juga terdapat instruktur bagi orang-orang yang tertarik untuk belajar menanam pohon bakau. Di kawasan pantai ini juga tersedia hamparan lahan hijau untuk siapa saja yang ingin mengisi malam yang menyenangkan dengan camping bersama teman teman lainnya. Disini pengunjung juga dapat memancing ikan disekitar pantai ini, kemudian memasaknya dengan api unggun di malam hari.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Lokasi Pantai Baros

Lokasi Pantai Baros ini sudah termasuk bagus dan mudah untuk ditempuh oleh para pengunjung menuju Pantai Baros. Namun beberapa kilometer sebelum sampai di Pantai Baros akan menjumpai jalanan yang sempit.

Alamat Pantai Baros tepatnya berada di Dusun Baros, Desa Tirtohargo, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Baros

Rute menuju Pantai Baros ini sangat mudah untuk dijangkau. Jika anda dari pusat Kota Yogyakarta ke arah timur melewati Jalan KH. Ahmad Dahlan menuju Jalan Pangurakan, sampai di perempatan ke arah selatan melewati Jalan Brigjen Katamso, sampai di perempatan lurus terus menuju Jalan Parangtritis, lurus terus di pertigaan ke arah barat ke Jalan Samas Kretek, kemudian ikuti jalan sampai di perempatan ke arah selatan ke Jalan Tirtohargo, kemudian sampai di pertigaan ke arah timur ke Jalan Utama Baros, sampai di pertigaan ke arah barat ke Jalan Kandang Sapi, ikuti terus jalan yang ada hingga anda akan sampai di Pantai Baros.

Jarak dari pusat Kota Yogyakarta ke Pantai Baros lumayan jauh yaitu sekitar 28,6 Kilometer dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari pusat Kota Jogja menuju Pantai Baros sekitar 50 menit.

Harga Tiket dan Parkir Pantai Baros

Harga tiket retribusi untuk masuk ke Pantai Baros relatif terjangkau  yaitu pengunjung hanya dikenakan biaya Rp 10.000 per orang.

Sedangkan untuk biaya parkir pengunjung yang akan berkunjung di Pantai Baros dikenakan tarif sebesar Rp 3.000,- untuk sepeda motor dan Rp 5.000,- untuk mobil.

Fasilitas Pantai Baros

Fasilitas di Pantai Baros sudah lumayan lengkap bagi para pengunjung yang berminat datang ke Pantai Baros ini, diantaranya adalah:

  1. Tempat parker
  2. Toilet umum
  3. Warung makan dan minum
  4. Area camping

Pernah ke Pantai Baros?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini

X