Museum Ullen Sentalu

" Menelusuri jejak sejarah Kerajaan Mataram di museum terbaik di Indonesia "
{"autoplay":"true","autoplay_speed":"3000","speed":"300","arrows":"true","dots":"true","loop":"true","nav_slide_column":5,"rtl":"false"}

Museum Ullen Sentalu adalah salah satu museum terbaik di Indonesia. Terletak di lereng Gunung Merapi yang masih sejuk dan damai keberadaan museum ini menambah tempat wisata favorit di Yogyakarta. Anda tidak perlu khawatir bosan mengunjungi museum ini karena di museum ini anda akan belajar mengenai kebudayaan jawa peninggalan kerajaan mataram dengan ditemani seorang pemandu, berapapun jumlahnya, kamu akan tetap ditemani seorang pemandu karena pemandu tersebut akan menjelaskan semua koleksi yang ada di Museum Ullen Sentalu dari awal hingga akhir.

Di Museum Ullen Sentalu ini anda akan disapa sejuknya hawa khas pegunungan serta suasana hening nan damai yang menyatu dengan rimbunnya pepohonan yang semakin menambah suasana menjadi menenangkan. Museum Ullen Sentalu ini emiliki bentuk bangunan atau arsitektur yang sangat unik, yaitu bangunan yang menyatu dengan alam atau rimbunnya pepohonan disekitar museum. Setelah memasuki ruangan museum pun anda tidak akan kegerahan justru malah semakin sejuk karena gaya arsitektur Museum Ullen Sentalu yang unik menyatu dengan alam disekitarnya.

Di Museum Ullen Sentalu ini kamu dilarang membawa kamera sepanjang perjalanan didalam museum karena merupakan kebijakan privasi dari pihak museum, namun tenang saja setelah tour museum selesai anda akan bisa berfoto sepuasnya diluar ruangan museum yang terdapat beberapa bangunan atau spot foto iconik yang wajib anda coba.

Koleksi di Museum Ullen Sentalu ini terbilang cukup lengkap dan memukau dan dibagi dalam beberapa ruang. Diantaranya adalah Ruang Seni dan Gamelan yang menyimpan koleksi seperangkat gamelan. Ruang Guwo Selo Giri yang menjadi ruang lukisan tokoh-tokoh yang mewakili 4 figur Dinasti Mataram. Ruang Kampung Kambang terbagi menjadi 5 ruang yang memajang koleksi batik, syair, hingga album hidup anggota kerajaan mataram. Kemudian ada Ruang Sasana Sekar Buwana dan Koridor Letja Randa yang merupakan bagian outdoor dari museum.

Di tengah-tengah perjalanan anda mengelilingi Museum Ullen Sentalu, anda akan disuguhi minuman dengan rasa unik yaitu minuman yang terbuat dari rempah-rempah seperti jamu yang menyegarkan. Setelah selesai mengikuti tour museum, jika anda lapar, anda tidak perlu keluar jauh dari area museum untuk sekedar mengganjal perut atau bahkan santap berat karena terdapat retoran yang bernama Restoran Beukenhof yang memiliki arsitektur gothic. Restoran ini memiliki menu dengan gaya western maupun tradisional nusantara. Kamu juga bisa berfoto-foto di restoran yang menyatu dengan Museum Ullen Sentalu ini sepuasnya karena memiliki latar yang bagus. Jangan lupa untuk menghubungi kami jika anda menginginkan paket wisata Jogja!

Lokasi Museum Ullen Sentalu

Lokasi Museum Ullen Sentalu terbilang cukup jauh dari pusat kota Jogja, yaitu berada di sebelah utara kota Jogja atau berada di lereng Gunung Merapi. Lokasinya berdekatan dengan destinasi wisata lain yang berada di lereng Merapi diantaranya Museum Gunung Merapi, Merapi Park hingga Merapi Lava Tour. Untuk menuju Museum Ullen Sentalu anda harus menggunakan kendaraan pribadi karena belum tersedia transportasi umum dari dan menuju Museum Ullen Sentalu.

Lokasi Museum Ullen Sentalu tepatnya berada di Jalan Boyong KM 25, Kaliurang Barat, Desa Hargobinangun, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Museum Ullen Sentalu

Rute menuju Museum Ullen Sentalu terbilang gampang-gampang susah untuk diakses, karena lokasinya yang berada cukup jauh di utara kota Jogja.

Rute menuju Museum Ullen Sentalu ini jika anda dari arah kota Jogja anda harus menuju Jalan Kaliurang terlebih dahulu, setelah anda berada di Jalan Kaliurang anda cukup mengikuti jalan tersebut terus kearah utara hingga anda berada tidak jauh dari lereng Merapi dengan ditandai udara sejuk yang mulai terasa, kemudian anda berbelok kekiri menuju Jalan Boyong, jika anda sudah di Jalan Boyong artinya anda sudah dekat dengan Museum Ullen Sentalu dan tinggal ikuti papan petunjuk arah yang ada atau anda dapat menggunakan aplikasi seperti Google Maps atau Wazee.

Harga Tiket dan Parkir Museum Ullen Sentalu

Harga tiket Museum Ullen Sentalu sangat sebanding dengan apa yang akan anda dapatkan. Jika dibandingkan dengan museum-museum lain di Yogyakarta memang harga tiket Museum Ullen Sentalu ini cukup mahal namun dengan pelayanan dan pengalaman yang akan anda dapatkan setelah mengunjungi Museum Ullen Sentalu harga tersebut dapat dikatakan sangat masuk akal.

Untuk tiket masuk wisatawan domestik dikenakan tarif sebesar Rp 35.000,- sedangkan untuk wisatawan mancanegara dikenakan tarif sebesar Rp 55.000,-. Untuk anak-anak hanya perlu membayar setengah dari harga tersebut. Sedangkan anda tidak perlu untuk membayar biaya parkir karena pihak Museum Ullen Sentalu menggratiskan biaya parkir untuk kendaraan pribadi.

Fasilitas Museum Ullen Sentalu

Fasilitas Museum Ullen Sentalu sangat lengkap untuk memenuhi kebutuhan wisatawan saat mengunjungi Museum Ullen Sentalu. Berikut ini berbagai fasilitas Museum Ullen Sentalu yang sangat membantu para wisatawan saat mengunjungi Museum Ullen Sentalu:

  • Pemandu wisata yang sudah termasuk di harga tiket masuk
  • Papan Informasi lengkap disetiap koleksi museum
  • Denah komplek museum
  • Toilet
  • Restoran