himbauan wisata ke Jogja Alodia siap melayani dengan protokol kesehatan

Museum Sandi

Museum persandian pertama di indonesia bahkan di dunia.

Museum Sandi – Yogyakarta tidak ada habis-habisnya menyimpan sejuta sejarah, apalagi yang berkaitan dengan perjuanagn maka benda-benda yang digunakan oleh para pahlawan pasti disimpan dan diabadikan.

Museum sandi adalah museum satu-satunya yang menyimpan alat-alat untuk mengirim pesan rahasia. Museum ini juga merekam segala jenis persandian di Indonesia bahkan dunia, jadi jika anda yang suka memecahkan sandi maka museum ini adalah tempat yang cocok untuk anda kunjungi.

Museum sandi diresmikan pada tahun 2008 yang sebelumnya sempat terkena bencana alam gempa bumi yang terjadi pada tahun 2006 silam.

Setiba anda di loby museum sandi akan disambut hangat oleh pengelola museum sandi, orang-orangnya ramah, baik dan legowo banget. Pada masa itu museum sandi ini adalah museum yang mengoleksi segala jenis benda dan alat untuk memecahkan sandi mulai dari telegraf, buku kode sandi sampai mesin-mesin sandi yang terbuat di Indonesia maupun luar negeri.

Dahulu para pejuang menggunakan mesin sandi untuk melancarkan aksinya mempertahankan kemerdekaan negeri kita tercinta yaitu Indonesia. Benda-benda inilah saksi bisu para perjuangan pahlawan kita.

Tidak hanya mesin sandi yang tersimpan disisni masih bnayak lagi benda-benda bersejarah seperti dokumen sandi, gambar, diorama bahkan sepeda onthel yang sering digunkan oleh kurir untuk mengirim pesan masih tersimpan di museum sandi ini.

Museum sandi juga dilengkapi dengan layar sentuh untuk para pengunjung yang ingin belajar memecahkan sandi, jangan khawatir selama eksplore museum ada pemandu yang profesional akan menemani anda untuk memepelajari sandi dan kan memberikan informasi kepada anda tentang seluk beluk musem sandi tersebut.

Ingin mengunjungi Museum Sandi atau berkunjung ke tempat wisata menarik lainnya di Yogyakarta? Yuk pesan paket wisata Jogja di Alodiatour.

Lokasi Museum Sandi

Lokasi museum sandi sangat mudah anda jangkau dan dekat juga dengan pusat kota Yogyakarta. Letaknya di Jl. Faridan M Noto No.21, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55224.

Jarak tempuh sekitar 2,9 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 9 menit dari pusat kota Yogyakarta.

Rute Menuju Museum Sandi

Rute menuju museum sandi tidak terlalu jauh, dari pusat kota Yogyakarta anda langsung saja kearah Jl. Penembahan Senopati. Kemudian belok kiri kearah Jl. Mayor Suryotomo. Tetap lurus mengikuti jalan besar dan belok sedikit menuju arah Jl. Mataram. Jika anda menemukan Bundara ambil pintu keluar pertama untuk tetap di Jl. Mataram. Lalu anda belok kiri kearah Jl. Abu Bakar Ali dan belok kiri sedikit untuk tetap di Jl. Abu Bakar Ali. Lurus saja sampai mentok dan ketemu pertigaan belok kanan karah Jl. Kleringan. Kemudian lurus dan belok kiri di pertigaan dekat anky musik dan melalui Jl. Ahmad Jazuli. Tetap lurus mengikuti jalan besar dan melalui Jl. Prau. Dan anda sudah sampai di museum sandi.

Harga Tiket dan Parkir Museum Sandi

Harga tiket masuk museum sandi tidak dipungut biaya alias gratis.

Fasilitas Museum Sandi

Fasilitas yang tersedia di museum sandi sudah sangat memadai untuk para pengunjuung. seperti :

  • Perpustakaan
  • Aula
  • Ruang Komunitas
  • Laboratorium
  • Taman dan Gazebo
  • Guest House
  • Musala
  • Toilet
  • Free WiFi

Pernah ke Museum Sandi?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini

X