Museum Gunung Merapi

Menambah wawasan pengetahuan tentang gunung dan bencana alam lainnya di Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi merupakan salah satu museum bersejarah yang ada di Jogjakarta yang di dalamnya berisi tentang Gunung Merapi. Museum ini berada di dekat kawasan objek wisata Kaliurang jaraknya sekitar 5 km. Semua aktivitas yang berhubungan dengan Gunung Merapi tersimpan di museum ini. Museum ini sangat cocok untuk keluarga yang menginginkan berlibur sambil belajar. Museum ini diresmikan pada tanggal 1 Oktober 2009 oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Purnomo Yusgiantoro. Dengan luas bangunan sekitar 4,470 yang berdiri di atas tanah seluas 3,5 hektare. Museum ini sering dikenal sebagai Gunungapi Merapi dengan semboyan Merapi Jendela Bumi.

Museum Gunung Merapi ini dijadikan sebagai sarana pendidikan, penyebarluasan informasi tentang Gunung, dan tentang bencana geologi lainnya yang bersifat rekreatif dan edukatif untuk seseorang yang ingin mengetahui sejarah tentang Gunung Merapi dan sumber bencana lainnya. Museum ini dapat menjadi solusi untuk sarana yang penting dan sebagai pusat layanan informasi tentang Gunungapi dalam upaya mencerdaskan kehidupan masyarakat, serta menjadi media agar masyarakat sadar dan waspada tentang manfaat dan ancaman bahayanya letusan Gunungapi serta bencana lainnya. Museum ini juga memiliki koleksi gambar dan video tentang gempa dan letusan Gunungapi.

Terdapat dua lantai di Museum Gunung Merapi ini. Pada lantai pertama Anda akan melihat foto erupsi Gunung Merapi sampai ke alat pemantaunya. Di museum ini Anda juga bisa melihat secara dekat alat-alat pengamat seperti seismograf, radio hingga komputer. Selain itu Anda juga bisa menambah wawasan tentang mitos yang ada pada Gunung Merapi, dari lavanya sampai ke perkembangan pemantaunya. Bahkan, disana juga ada barang yang berperan pada peristiwa Gunung Merapi ini tetapi hanya kerangkanya karena terhempas oleh awan panas.

Pada lantai kedua Anda dapat melihat lantai dasar dan menikmati replika merapi dari atas. Terdapat lorong di lantai ini yang berisi peraga simulasi yang ditampilkan di dalam LCD. Peraga yang ditampilkan ada dua macam yaitu mulai dari peraga gempa bumi, peraga bencana tsunami sampai replika gunung. Pada lantai ini juga terdapat bioskop mini yang isinya film dokumentasi “Mahaguru Merapi”. Lantai ini yang sering digunakan pengunjung untuk berfoto ria. Jadi jika Anda ingin mengetahui sejarah tentang Gunung maupun tentang bencana lainnya silahkan mengunjungi Museum Gunung Merapi.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour

Lokasi Museum Gunung Merapi

Lokasi Museum Gunung Merapi sangat mudah dijangkau dan ditemukan, jika Anda melewati Jalan Kaliurang maka Anda akan menemuka museum ini. Alamat tepatnya berada di Jl. Kaliurang No.Km, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Museum Gunung Merapi

Rute menuju Museum Gunung Merapi cukup terjangkau dan layak untuk dilalui. Jika Anda dari pusat 0 km kota Yogyakarta ke barat melewati jl kh Ahmad dahlan sampai ke perempatan ke utara menuju jl letjen suprapto, lalu sampai ke pertigaan ke timur melewati jl tentara pelajar jalan terus menuju jl magelang sampai ke perempatan ke timur melewati jl selokan mataram, kemudian sampai ke perempatan ke utara jalan terus sampai  ke perempatan lagi ke utara menuju jl monjali jalan terus menuju jl palagan tentara pelajar, sampai ke perempatan ke timur melewati jl pakem turi sampai perempatan ke utara melewati jl boyong, ikuti jalan tersebut maka Anda akan menemukan Museum Gunung Merapi.

Jarak dari pusat Kota Jogjakarta ke Museum Gunung Merapi cukup jauh yaitu sekitar 26,6 kilometer dan waktu tempuh untuk kendaraan bermotor dari pusat Kota Jogja ke Museum Gunung Merapi sekitar 53 menit.

Harga Tiket dan Parkir Museum Gunung Merapi

Harga tiket masuk Museum Gunung Merapi cukup murah dan standar diantaranya:

  1. Untuk masuk : Rp 5000/orang
  2. Untuk mancanegara : Rp 10.000/orang
  3. Untuk masuk ruang audio vusual: Rp 5000/orang
  4. Untuk masuk ruang audio visual mancanegara : Rp 10.000/orang

Sedangkan untuk harga parkir yaitu Rp 2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5000 untuk mobil

Fasilitas Museum Gunung Merapi

Fasilitas yang ada di Museum Gunung Merapi sudah cukup lengkap dan dapat membuat pengunjung merasa nyaman diantaranya :

  1. Terdapat kamar mandi
  2. Terdapat taman
  3. Area parkir yang luas
  4. Souvenir shop
  5. Terdapat kantin
  6. Koperasi
  7. Ruang audio visual
  8. Terdapat Ayunan

Pernah ke Museum Gunung Merapi?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini