himbauan wisata ke Jogja Alodia siap melayani dengan protokol kesehatan

Museum Anak Kolong Tangga

Museum yang cocok untuk perkembangan dan pertumbuhan anak

Museum Anak Kolong Tangga – Pendidikan terhadap anak sangat penting dan mengenali buku pelajaran terhadap anak wajib dilakukan sejak dini seperti yang kita ketahui zaman sekarang banyak anak-anak yang masih kecil sudah main HP, dan untuk para orang tua mari kita sama-sama mengenali anak denagn buku agar tidak kecanduan gadget yang memberikan dampak buruk terhadap perkembangan otak anak.

Tempatnya yang berada tepat dibawah kolong meja yang membuat museum ini unik karena begitulah museum ini disebut. Masyarakat di Yogyakarta tentunya sudah tidak asing lagi dengan museum anak kolong tangga.

Museum ini sangat pas dan cocok sekali untuk anak-anak, tidak hanya terdapat buku dan mainan namun juga terdapat alat-alat musik tempo dulu sehingga anak-anak bisa mempelajari bagaimana cara memainkan alat musik tempo dulu ini. Tidak hanya medapatkan ilmu pengetahuan tetapi juga melestarikan alat musik warisan dari nenek moyang kita yang seharusnya dijaga dan dilestarikan agar tidak punah.

Museum anak kolong tangga ini dikelola oleh salah satu Yayasan yang bergerak dibidang seni, budaya dan Pendidikan alternative bagi anak-anak yaitu Yayasan dunia damai. Museum ini di bangun tanggal 2 februari 2008 dan yang pertama kali mempunyai inisiatif yang uar biasa ini adalah salah seorang seniman dari belgia yang bernama Rudi Corens.

udi Corens menyumbangkan semua mainnanya ke Yayasan dunia damai dan Rudi Corens sangat menginginkan suasana di museum anak kolong tangga ini bernuansa benar-benar seperti kehidupan anak di masa dulu. Di museum anak-anak bisa melihat sesuatu yang membuka pikiran mereka sehingga bisa menciptakan karya baru.

Karena memiliki ruangan yang terbatas museum anak kolong tangga ini sebenarnya memiliki koleksi sekitar 16.000 koleksi yang terdiri dari mainan, buku cerita, poster dan masih banyak lagi, namun pihak pengelola museum melakukan rotasi atau pergantian pemajangan koleksi yang dimiliki oleh museum anak kolong tangga ini. Museum anak kolong tangga ini juga melakukan pertukaran koleksi dengan museum anak-anak lainnya salah satunya dengan museum anak yang ada di hungaria.

Ingin mengunjungi Museum Anak Kolong Tangga atau berkunjung ke tempat wisata menari lainnya di Yogyakarta? Yuk pesan paket wisata Jogja di Alodiatour.

Lokasi Museum Anak Kolong Tangga

Lokasi museum anak kolong tangga ini sangat dekat dengan kota Yogyakarta, letaknya di Jl. Tirtodipuran No.26, Mantrijeron, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55143

Jarak tempuh dari pusat kota Yogyakarta sekitar 2,8 km dan waktu tempuh sekitar 9 menit.

Rute Menuju Museum Anak Kolong Tangga

Rute menuju museum anak kolong tangga ini sangat dekat dengan pusat kota Yogyakarta.

Dari pusat kota Yogyakarta langusng kearah Jl. Penambahan Senopati. Kemudian belok kanan ke Jl. Brigjend Katamso. Lalu anda lurus saja mengikuti jalan besar. Ketemu pertign dekat charisma motor anda belok kanan kearah Jl. Mayjend Sutoyo. Ada pertigaan lagi anda belok kiri ke Jl. Parangtritis. Anda bisa belok kanan di perempatan dekat kinara rental motor dan memasuki Jl. Tirtodipuran. Lurus dan anda sudah sampai di museum anak kolong tangga.

Harga Tiket dan Parkir Museum Anak Kolong Tangga

Harga tiket masuk di museum anak kolong tangga ini snagat murah meriah karena benar-benar memprioritaskan perkembangan anak.

Untuk dewasa dikenakan tarif sebesar Rp. 4.000/orang dan untuk anak-anak dibawah umur 14 tahun GRATIS. jika and ingin mengambil gambar dikenakan tarif sebesar Rp. 5.000 untuk donasi.

Untuk kunjungan group dikenakan biaya Rp. 15.000/group (max. 15 orang)

Fasilitas Museum Anak Kolong Tangga

Fasilitas museum anak kolong tangga sangat beragam yang membuat anak-anak betah ketika berada disana. Fsilitasnya seperti :

  • Ruang Galeri Mainan Tradisional
  • Perpustakaan Burung Biru
  • Beragam Tempat Pajangan Koleksi

Pernah ke Museum Anak Kolong Tangga?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini

X