himbauan wisata ke Jogja Alodia siap melayani dengan protokol kesehatan

Museum Affandi

Mengenang seniman Affandi dengan mengetahui karya-karya menariknya

Museum Affandi merupakan salah satu museum yang ada di Jogjakarta yang berisi berbagai karya-karya lukisan dari seniman Affandi. Terdapat kurang lebih 300 karya dari seniman Affandi yang dapat dinikmati para pengunjung. Karya seni yang dihasilkan oleh seniman Affandi dapat menarik pengunjung bahkan wisatawan mancanegara. Sedikit sejarah tentang Afandi yaitu Affandi lahir di Cirebon pada tahun 1907 putra dari R. Koesoema yang berprofesi sebagai mantri ukur di pabrik gula. Sepanjang hidupnya Affandi mendikasikan diri sebagai seorang pelulis yang menganut aliran ekspresionisme atau abstrak. Sang maestro lukis dikenal sangat identik dengan sarung serta pipa cerutu yang selalu menembel dibibirnya

Museum Affandi ini berdiri pada tahun 1974 atas keinginan dari Affandi. Koleksi yang ada di Museum Affandi merupakan hasil karya yang dibuat sendiri oleh seniman Affandi yang berupa karya gaya klasik maupun gaya modern. Pada tahun 1962 dulu museum ini sudah berdiri, tetapi hanya terdapat galeri saja. Dan baru diresmikan pada tahun 1974 oleh Prof Ida Bagus Mantra yang pada waktu itu sebagai Direktur Kebudayaan Umum.

Museum Affandi ini berdiri diatas lahan yang lusanya sekitar 3.500 meter persegi. Terdapat 2 studio yang digunakan sebagai sarana pembelajaran seni rupa kepada murid-murid Affandi. Di dekat museum tersebut juga terdapat tempat tinggal seniman Affandi yang sekarang digunakan sebagai cafe untuk para pengunjung .

Terdapat empat galeri yang ada di Museum Affandi diantaranya: pada galeri 1 pengunjung dapat menemukan tempat penjualan tiket serta pusat informasi. Galeri yang pertama berisi karya seniman Affandi dari awal karier sampai akhir kariernya. Selain itu juga terdapat benda-benda milik seniman Affandi seperti sepeda onthel, mobil sedan kuno, sandal jepit, kliping berita koran,ember, dan foto-foto.

Galeri kedua awalnya digunakan untuk memamerkan lukisan Affandi untuk dijual, dalam perkembangannya galeri ini juga digunakan sebagai ruang pameran koleksi karya pelukis lain. Pada galeri yang kedua terdapat dua lantai. Lantai pertama berisi lukisan-lukisan yang bersifat abstrak dan pada lantai kedua berisi campuran lukisan yang bersifat realisis.

Pada galeri yang ketiga juga terdapat dua lantai. Pada lantai pertama digunakan sebagai ruangan pamer lukis milik keluarga Affandi seperti lukisan karya Kartika Affandi yang merupakan putri dari seniman Affandi. Karya Kartika Affandi salah satunya yaitu lukisan berjudul “Apa yang Harus Kuperbuat” yang dibuat pada bulan Januari 1999, dan “Apa Salahku? Mengapa ini Harus Terjadi” yang dibuat pada bulan Februari 1999. Sedangkan pada lantai kedua ini digunakan sebagai ruang perawatan lukisan. Pada galeri yang terakhir ini berisi pameran karya yang dihasilkan oleh Didit yaitu cucu dari seniman Affandi. Atap dari galeri ini terbuat dari anyaman bambu. Jika Anda ingin mengetahui karya-karya yang dihasilkan oleh seniman Affandi silahkan datang ke museum tersebut.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di Alodiatour.

Lokasi Museum Affandi

Lokasi Museum Affandi ini sangat mudah dijangkau dan ditemukan jika Anda melewati Jl Laksda Adisucipto maka Anda akan menemukan museum ini. Lokasi tepatnya berada di Jl. Laksda Adisucipto No.167, Papringan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Museum Affandi

Rute menuju Museum Affandi ini sedikit berbelok-belok, tetapi mudah ditemukan. Jika Anda dari pusat kota Jogja ke timur melewati jl panembahan senopati sampai ke perempatan ke utara melewati jl mayor suryotomo lurus terus melewati jl mataram sampai ke pertigaan, ke timur melewati jl mas suharto jambu jalan terus sampai ke perempatan ke utara menuju jl tukangan, jalan terus sampai ke perempatan ke timur melewati jl krasak timur lalu sampai perempatan ke utara melewati jl dr wahidin sudirohusodo, sampai ke pertigaan ke timur menuju jl kusbini jalan terus kemudian sampai ke perempatan ke timur melewati jl laksda adisucipto, ikuti jalan tersebut maka Anda akan sampai ke Museum Affandi.

Jarak yang ditemuh dari pusat kota Jogja ke Museum Affandi tidak terlalu jauh yaitu sekitar 5,3 kilometer dan waktu tempuh kendaraan normal roda dua dari pusat Kota Jogja ke Museum Affandi sekitar 17 menit.

Harga Tiket dan Parkir Museum Affandi

Harga tiket untuk masuk ke Museum Affandi cukup standar yaitu diantaranra:

  1. untuk wisatawan lokal 25.000,-/orang
  2. untuk wisatawan asing 50.000,-/orang
  3. untuk anak-anak 10.000,-/orang
  4. membawa kamera digitalRp. 20.000,-/orang
  5. membawa kamera mobile(HP)Rp. 10.000,-/orang

Sedangkan untuk harga parkir yaitu Rp 2000 untuk motor dan Rp 5000 untuk mobil.

Fasilitas Museum Affandi

Fasilitas yang ada di Museum Affandi sudah cukup lengkap dan pastinya dapat membuat pengunjung merasa nyaman diantaranya:

  1. perpustakaan
  2. musholla
  3. toilet
  4. kolam renang
  5. rumah panggung
  6. menara pandang
  7. gerobak
  8. galeri pertunjukan indor dan outdor
  9. local guide
  10. ruang pertunjukan
  11. ruang pertemuan
  12. souvenir shop
  13. kafe loteng
  14. sanggar gajah wong
  15. lahan parkir luas

Pernah ke Museum Affandi?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini

X