Kebun Buah Mangunan

Tempat asik untuk menikmati panorama pegunungan seribu dan sungai oya di pagi dari ketinggian di hamparan buah-buahan yang luas.

Untuk anda yang ingin merefresh pikiran anda dari kepenatan, maka ada satu tempat liburan di Yogyakarta yang sangat tepat untuk menghabiskan waktu, namanya adalah Kebun Buah Mangunan. Tempat wisata yang sangat hits di Jogja ini berlokasi di kawasan Dlingo lebih tepatnya Mangunan. Disini anda bisa menikmati berbagai wahana alam menarik diatas ketinggian. Hal ini dikarenakan Kebun Buah Mangunan berlokasi di atas Bukit dengan ketinggan sekitar 200 mdpl.

Dari tempat ini anda akan melihat pemandangan menarik nan cantik yaitu deretan pegunungan seribu yang dibawah persis kebun buah mangunan terdapat sungai yang berkelok-kelok yaitu Sungai Oya yang memiliki karakter warna jernih kehijauan-hijauan.

Sepanjang mata anda memandang, saat anda berada di gardu pandang kebun buah mangunan, anda akan dihadapkan oleh pemandangan hamparan hijau perbukitan seribu yang luasnya tiada henti. Spot foto ini sangat terkenal diantara masyarakat Indonesia bahkan dunia karena terkenal mempunyai pemandangan yang cantik.

Apalagi kalo anda mengunjungi kebun buah mangunan saat menjelang sunrise tiba, maka anda akan dihadapkan pemandangan luar biasa seperti negeri diatas awan. Kumpulan kabut putih yang menggulum dataran rendah disekitar pegunungan akan menciptakan seolah-olah anda yang sedang di kawasan kebun buah mangunan seperti di atas awan.

Dengan pemandangan saat sunrise yang menarik ini, menyebabkan banyak para wisatawan yang mengunjungi kebun buah mangunan saat pagi buta, karena tidak ingin melewatkan keindahan pemandangan saat pagi hari.

Kawasan kebun buah mangunan ini dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Bantul pada tahun 2003. Kawasan ini mulanya belum terlalu terkenal dan menjadi sentra dikembangkannya berbagai tanaman berbuah layak konsumsi seperti yang paling banyak adalah Pohon Durian, Mangga, Rambutan, Jambu Air, Jambu Biji, Kelengkeng, sawo, Manggis, dan buah-buah lainnya.

Ada ratusan pepohonan disini yang berbuah dengan subur dan dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Bantul. Namun sayangnya buah-buahan yang ada di pepohonan tidak boleh langsung dipetik, anda diharuskan membelinya kepada pengelola. Harga buah yang dijual juga lebih murah dibandingkan dengan harga jual buah yang ditawarkan di pasaran. Anda dapat membeli buah-buah segar seperti Durian, Jambu, Manggis, dan Rambutan di kebun buah mangunan pada jam 08.00 pagi sampai jam 16.00 sore.

Kawasan Mangunan pada jaman dahulu sebelum terkenal untuk fasilitas dan aksesnya tidak sebaik sekarang. Jaman dahulu untuk menuju gardu pandang di kawasan kebun buah mangunan harus melewati jalan bertanah dan berbatu yang cukup terjal. Beruntung, saat ini kawasan ini telah dipermak dengan lebih baik karena sudah tertata lebih rapi dengan jalanan semen, dan beragam fasilitas pelengkap lainnya yang menarik yaitu seperti taman yang sangat cocok apabila anda ingin menggunakan untuk foto. Selain itu juga terdapat outbound area sebagai pelengkap aktivitas wisata saat anda mengunjungi kawasan kebuh buah mangunan.

Dengan menempati area yang luas, yaitu seluas 23 hektar membuat Kebun Buah Mangunan ini memiliki berbagai tempat yang menarik selain gardu pandang, seperti sentra buah-buahan, waduk , dan arena sepeda downhill di alam yang memiliki lintasan 3.800 meter. Yuk segera berwisata ke Kebun Buah mangunan dengan memesan paket wisata Jogja di Alodiatour.

Lokasi Kebun Buah Mangunan

Lokasi kebun buah mangunan tidak terlalu jauh dari kota Yogyakarta karena mampu ditempuh oleh mobil dalam waktu sekitar 1 jam. Lokasi kebun buah mangunan ini terdapat di kecamatan Dlingo, tepatnya yaitu diatas kawasan Makam Raja-Raja Mataram di Imogiri.

Untuk lokasi Kebun buah Mangunan tepatnya berada di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783.

Rute Menuju Kebun Buah Mangunan

Rute menuju kebun buah mangunan saat ini sangat mudah diakses walaupun agak sedikit menanjak ketika anda ingin mengunjungi ke lokasi ini, karena Kebun Buah Mangunan sudah berada di kawasan pengunungan seribu.

Dari kota Yogyakarta, rute tercepat untuk menuju kawasan kebun buah mangunan dapat dilalui melalui jalan Imogiri Timur ke arah selatan sampai km. 7 terdapat jalan beraspal arah timur. Kemudian ikuti jalan sampai ketemu dengan pertigaan. Sampai pertigaan kemudian anda berbelok ke kanan untuk menuju jalan pleret. Kemudian ikuti jalan terus ke arah timur hingga sampai ke jalan segoroyoso. Setelah itu jalan akan mulai naik dan berkelok-kelok hingga anda sampai ke kawasan kebun buah mangunan.

Harga Tiket dan Parkir Kebun Buah Mangunan

Harga tiket masuk Kebun Buah Mangunan untuk setiap orang yaitu dikenakan tarif Rp 2.500,-. Harga ini cukup murah apabila dibandingkan dengan keindahan kawasan wisata alam Kebun Buah Mangunan yang begitu cantik.

Sedangkan untuk harga parkir mobil yaitu sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Bantul yaitu Rp 5.000,- untuk setiap mobil. Sedangkan untuk motor yaitu Rp 2.000,-.

Fasilitas Kebun Buah Mangunan

Dibandingkan dengan jaman sebelum terkenal, fasilitas Kebun Buah Mangunan telah berkembang lebih jauh. Pengelola tampaknya sangat serius menggarap kawasan Kebun Buah Mangunan ini sebagai kawasan wisata yang menarik untuk dikunjungi wisatawan.

Saat ini fasilitas di Kawasan Mangunan terdiri dari:

  • Mushola
  • Toilet
  • Camping Ground
  • Outbond
  • Sepeda downhill
  • Homestay
  • Kebun Buah
  • Taman
  • Gardu pandang

Pernah ke Kebun Buah Mangunan?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini