himbauan wisata ke Jogja Alodia siap melayani dengan protokol kesehatan

Kampung Cyber Jogja

Kampung kawasan melek Internet dengan design Jawa

Kampung Cyber Jogja – Kampung Cyber Jogja yang berada di jantung Kota Yogyakarta, Kawasan Informasi melalui Internet yang seluruh warga di kampung ini menggunakan Internet sebagai alat untuk membahas berbagai masalah yang ada di Kampung, menyebarkan maupun menyampaikan berbagai macam informasi dan menjalankan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di kampung tersebut.

Awalnya kampung ini hanya memiliki satu RW saja, yang berada sekitar 50 meter dari Pemandian Taman Sari. Tapi saat ini tak hanya Kampung Cyber saja, tetapi sudah meluas di sejumlah RW lainnya dengan desain bernuansa kampung yang berciri khas etnik Jawa yang ikonik untuk menarik wisatawan dalam berkunjung ke desa wisata, Kampung Cyber Yogyakarta.

Kampung Cyber didirikan oleh Antonius Sasongko pada tahun 2006. Kampung Cyber adalah kampung yang dibangun oleh Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta bersama dengan warga setempat yang berkedudukan diwilayah itu dan menjadikan kampung tersebut menjadi desa wisata.

Kampung Cyber adalah kampung yang menarik kunjungan wisatawan, apalagi sejak tahun 2014 silam kampung ini dikunjungi oleh  pendiri dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg maka kampung cyber ini semakin popular dikalangan wisatawan lokal maupun asing.

Di Kampung ini seluruh rumah di 36 RT telah tersambung Internet, sehingga warga dapat memanfaatkan Internet untuk membantu para masyarakat dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Salah satunya masyarakat memanfaatkan Internet sebagai media dalam berdiskusi membahas kondisi kampung Cyber. Warga juga memanfaatkan media social Facebook untuk menyebarkan informasi melalui berita penting seperti undangan rapat, pernikahan maupun berita kelahiran, dan juga masalah jual beli untuk bisnis UKM.

Satu hal lainnya yang menarik di kampung Cyber yang menarik wisatawan adalah terdapat tembok jalanan dan rumah warga yang dihiasi dengan gambar-gambar unik Instagramable dan semua gambar menuansa design khas Jawa. Gambar tersebut mempunyai arti juga sebagai untuk menyampaikan pesan-pesan edukatif dan sebagai ungkapan jati diri dari Kampung Cyber.

Ingin mengunjungi Kampung Cyber Jogja atau berkunjung ke tempat wisata menarik lainnya di Yogyakarta? Yuk pesan paket wisata Jogja di Alodiatour.

Lokasi Kampung Cyber Jogja

Lokasi Kampung Cyber letaknya sangat mudah dijangkau yaitu berada di jantung kota Yogyakarta sekitar 50 meter dari Taman Sari Yogyakarta.

Lokasi tepatnya di Taman KT I/434, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55133.

Rute Menuju Kampung Cyber Jogja

Rute menuju Kampung Cyber Yogyakarta sangat mudah ditemukan apabila anda ingin mengunjunginya hanya berjarak 1,6 kilometer dan sekitar 5 menit dari Titik Nol Kilometer Jogja. Dari Pusat Kota Yogyakarta, Ke arah barat di Jl. KH. Ahmad Dahlan, Lewati Pimpinan Pusat Aisyiyah (di kanan 350 m lagi). Belok kiri ke Jl. Nyai Ahmad Dahlan, lurus terus ke Jl. Ngasem (Lewati Pt. Lancar Mukti Abadi (di kiri)). Selanjutnya Belok kanan ke Jl. Polowijan/Jl. Taman Sari, lalu Belok kiri ke Jl. Kadipaten Kidul dan lalu Belok kiri ke Jl. Nogosari maka Tujuan yang anda ingin kunjungi berada di sebelah kiri.

Harga Tiket dan Parkir Kampung Cyber Jogja

Harga tiket Kampung Cyber Yogyakarta tidak dikenakan biaya untuk wisatawan yang ingin mengunjungi Kampung tersebut. Sedangkan biaya parkir dikenakan untuk sepeda motor senilai Rp 2.000,- dan biaya parkir mobil sebesar Rp 5.000,-.

Fasilitas Kampung Cyber Jogja

Fasilitas Kampung Cyber sudah tersedia dengan lengkap untuk wisatawan yang berkunjung karena anda tau sendiri kita telah berkunjung ke Kampung yang jelas pasti fasilitas dari setiap rumah sudah lengkap dan memadai untuk para pengunjung. Jadi anda tidak perlu khawatir apabila ingin mengunjungi kampung Cyber ini karena anda bisa memakai fasilitas dari setiap rumah warga tersebut.

Pernah ke Kampung Cyber Jogja?

Jika sudah pernah, yuk berikan rating untuk tempat wisata ini

X